Fabelio Blog Logo

4 Ragam Dekorasi Untuk Ciptakan Suasana Alami Pada Rumah

4-ragam-dekorasi-untuk-ciptakan-suasana-alami-pada-rumah
Share this article to:

Menjalani hari dengan banyaknya beban pekerjaan terkadang menjadi momok yang mau tidak mau harus dihadapi setiap harinya. Belum lagi kalau perjalanan menuju kantor dihadang dengan kemacetan, dan sampai kantor harus bertemu dengan bos yang semakin membuat stres. Kalian pasti butuh liburan.

Mengambil day off atau hari libur satu hari untuk berlibur tidak ada salahnya kok. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menenangkan pikiran dan mengistirahatkan tubuh dengan berlibur ke tempat-tempat yang nyaman dan tenang. Tempat wisata bernuansa alami adalah salah satu yang bisa kalian jadikan pilihan untuk berlibur. Suasana alam yang tenang dan asri dengan udara yang sejuk dapat membantu membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran menjadi jernih. Tapi bagaimana jika tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur ke luar rumah?

Jangan khawatir, kalian tetap bisa merasakan nuansa alami meskipun hanya di rumah. Bagaimana caranya? Beberapa dekorasi bernuansa alami dapat kalian aplikasikan pada hunian untuk menciptakan suasana rumah yang lebih tenang dan sejuk. Berikut ragam dekorasi untuk ciptakan alami pada rumah.

  1. Kolam Ikan

Dekorasi alami pertama yang bisa kalian aplikasikan di rumah adalah dengan membuat kolam ikan. Bersantai di sore hari sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat di pinggir kolam ikan adalah saat terbaik untuk menenangkan pikiran. Suara gemericik air dan warna-warni ikan nan cantik akan semakin membuat tenang dan rileks.

Source: houzz.com

Kalian bisa membuat kolam ikan dengan berbagai model. Jika kalian memiliki lahan yang cukup luas untuk kolam ikan, kalian bisa membuat kolam ikan dengan air terjun dan susunan batu alam. Namun jika lahan yang kalian miliki terbatas, kalian bisa memanfaatkan lahan sempit di bagian samping rumah untuk dijadikan kolam ikan berbentuk lurus memanjang. Tambahkan beberapa tanaman agar suasana lebih hijau dan sejuk.

2. Vertical Garden

Dekorasi alami kedua yang bisa kalian aplikasikan di rumah adalah taman vertikal atau vertical garden. Konsep vertical garden kini memang sedang menjadi tren, terutama untuk hunian dengan konsep minimalis yang memiliki lahan terbatas untuk dijadikan taman. Yang dibutuhkan untuk membuat vertical garden di rumah hanyalah tembok kosong yang siap dihiasi dengan berbagai jenis tanaman gantung.

Source: doityourselflist.com

Cara perawatan vertical garden juga tergolong mudah. Kalian bisa memasang pompa air otomatis yang akan mengairi tanaman pada waktu-waktu tertentu. Pilihlah tanaman dengan ukuran kecil atau tanaman yang bisa tumbuh secara merambat. Agar penampilan vertical garden lebih cantik, kombinasikan dengan tanaman berbunga.

3. Elemen Kayu

Dekorasi bernuansa alami lainnya yang juga bisa kalian aplikasikan di rumah adalah menambahkan furnitur ataupun elemen rumah lainnya dengan nuansa kayu. Warna-warna kayu yang netral  memang dapat memberikan kesan ruangan yang lebih hangat, tenang, dan sederhana. Kalian bisa mengaplikasikan elemen kayu pada flooring, dinding, kusen, ataupun furnitur lainnya.

Source: ed.cl

Jika kalian menginginkan suasana rumah alami yang tidak terlalu monoton dengan dominasi warna kayu coklat atau beige, kalian bisa menempatkan furnitur kayu dengan warna netral lainnya seperti putih atau warna pastel. Untuk pemilihan furnitur kayu, pilihlah furnitur kayu bermaterial plywood yang cukup ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan dan mudah dibersihkan.

4. Batu Alam

Selain elemen berbahan kayu, elemen batu alam juga bisa kalian aplikasikan di rumah untuk menciptakan suasana alami. Meskipun pengaplikasiannya masih tergolong jarang dilakukan, namun batu alam terbukti dapat menghasilkan nuansa rumah alami nan megah dan menghasilkan nilai investasi rumah yang tinggi lho!


Source: smartsurvivalskill.com

Kalian bisa mengaplikasikan batu alam pada dinding interior ataupun eksterior. Jenis batu alam yang bisa kalian pilih pun beragam. Mulai dari batu sabak, batu marmer, batu andesit, dan batu granit. Dekorasi batu alam juga cocok untuk diaplikasikan pada berbagai gaya desain interior, seperti gaya minimalis, rustic, mediterania, dan modern.