5 Cara Menata Meja Makan Paling Lengkap

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana bisa sebuah restoran memiliki banyak pelanggan dikarenakan mereka mengetahui dengan baik cara menata meja makan sehari-hari?

Restoran yang memiliki standar kualitas tinggi akan menerapkan ini. Begitu pentingnya menata meja makan minimalis karena hal ini dapat menggugah selera makan kita. Selain sedap dipandang, meja makan yang tertata rapi akan memudahkan dalam mengambil beragam makanan yang tersaji.

Melengkapi meja menggunakan peralatan makan sesuai dengan jenis hidangan adalah hal yang harus diketahui semua orang.

Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam menata meja makan agar suasana tampak menawan.

1. Menata meja makan dapat memadukan tema dan warna untuk memperindah suasana

Menata Meja Makan Tema Pop Art

Source: Pinterest

Agar tampak lebih menarik, kalian dapat menata meja makan dengan paduan dekorasi, warna, dan tema tertentu. Misalnya untuk kalian yang berjiwa muda akan cocok menggunakan tema pop art. Bagi yang suka kesederhanaan nan elegan, kalian dapat menggunakan tema monochrome.

Dinner dengan orang terkasih akan sangat cocok jika menggunakan tema romantis. Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren yang lagi kekinian, yaitu dengan menggunakan tema shabby chic.

Menata Meja Makan Tema Romantis

Source: Pinterest

Pilih peralatan makan dengan warna yang senada atau cocok dikombinasikan dengan warna taplak meja atau warna meja. Referensi terbaik adalah dengan menggunakan meja kayu. Meja ini selain minimalis, kesan naturalnya akan lebih mudah dipasangkan dengan tema atau warna pada peralatan makan yang kalian punya.

Paduan meja kayu dengan table runner yang cocok akan menghadirkan sisi elegan jika ditambah dengan dekorasi mutiara jika kalian menginginkan menata meja makan dengan gaya formal.

 

Cek Koleksi Set Meja Makan Minimalis Yuk!  ➤

 

2. Hangatkan suasana meja makan dengan bunga segar, tisu, atau lilin

Cara Menata Meja Makan dengan Lilin

Source: Pinterest

Cara menata meja makan yang benar dengan tampilan yang cantik bisa diperoleh dari dekorasi bunga segar. Akan tetapi jumlah dan tata letak perlu untuk diperhatikan agar tidak memenuhi meja. Usahakan untuk memilih bunga segar yang tidak beraroma agar bau bunga tidak memengaruhi wangi masakan yang dihidangkan.

Jangan lupakan bahwa fungsi utama dari meja makan adalah ruangan yang nyaman digunakan para tamu untuk makan sehingga kalian tidak perlu untuk memberikan dekorasi yang berlebihan. Menata meja makan dengan banyak hiasan justru membuat penuh dan menghalangi pandangan lawan bicara.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menata meja makan yang baik terutama dari segi dekorasi.

Kalian dapat menata meja makan dengan aksesoris cantik, contohnya bunga, tisu, atau lilin jika kalian memilih tema buffet atau prasmanan. Karena konsep prasmanan akan lebih banyak menyita ruang di meja makan.

3. Pertimbangkan siapa tamu yang diundang dan perhatikan kondisi sekitar meja makan

Tips Menata Meja Makan dengan Berbagai Hidangan

Source: Fabelio

Untuk memilih dekorasi, kalian dapat mempertimbangkan dari sisi tamu yang akan diundang untuk menghadiri acara makan. Berapa orang yang akan hadir? Apakah tamu yang datang adalah teman dekat atau rekan bisnis? Apakah mereka termasuk vegetarian? Hal-hal seperti ini akan memengaruhi persiapan menata meja makan.

Yang kerap diabaikan adalah perhatian untuk kondisi di sekitar meja makan. Jangan sampai fokusnya hanya di menata meja makan saja. Kondisi sekitar meja makan yang berantakan tentu akan memengaruhi mood makan, bukan?

4. Mempersiapkan peralatan yang diperlukan sesuai dengan jenis dan gaya penataan

Peralatan Lengkap yang Ada Di Meja Makan

Source: http://jennysteffens.blogspot.co.id

Berikutnya adalah tahapan untuk menata meja makan. Beberapa peralatan makan yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut :

1. Meja dan kursi

2. Taplak meja

3. Table runner (jika diperlukan)

4. Peralatan silverwares yang berupa sendok, garpu, dan pisau

5. Peralatan chinawares berupa:

- Platter

- Plates terdiri dari dinner plate, soup plate, dessert plate, butter dan bread plate, fish plate, breakfast plate, dan show plate (piring untuk meletakkan dekorasi, jika diperlukan)

- Cups terdiri dari tea cup, coffee cup, egg dish, demitasse cup

- Saucer untuk tatakan

- Tea pot dan coffee pot

- Milk juga dan water jug

- Bowl

- Astray

6. Peralatan glasswares yang berupa:

- Gelas bertangkai (steammuglass)

- Gelas tidak bertangkai (unsteammuglass)

7. Napkin

8. Table number

9. Salt and pepper shaker

10. Dekorasi tambahan jika diperlukan

5. Memahami gaya penataan meja makan yang sering digunakan agar tatanan semakin menawan

Pada umumnya, terdapat 3 jenis cara menata meja makan antara lain:

1. Basic setting table

Dasar-dasar Menata Meja Makan

Source: Emilypost.com

Ini adalah tatanan meja secara sederhana. Maka, perlengkapan yang dibutuhkan adalah menyiapkan meja yang sudah diberi layer atau alas meja. Kemudian kalian juga dapat menambahkan table runner agar meja terlihat semakin cantik. Tata serbet dan perlengkapan sesuai dengan tips seperti berikut.

Ada tips tepat dalam menata meja makan. Yang pertama adalah dengan mengingat kata kunci “FORKS”.

Konsep Menata Meja Makan

Source: Pinterest

Urutan penataannya disusun dari kiri ke kanan. Paling kiri adalah garpu (“F” untuk Forks). Kemudian letakkan piring di sebelah kanan garpu (huruf “O” seperti piring yang bentuknya bulat). Untuk huruf “R” harap diabaikan, karena hanya sebagai kata kunci saja.

Selanjutnya adalah pisau (“K” untuk Knife) dan bagian yang lebih tajam diletakkan menghadap piring. Yang terakhir dan terletak paling kanan adalah sendok (“S” untuk Spoon). Serbet dapat diletakkan di bawah garpu atau pada piring jika penataannya secara informal.

2. Informal setting table

Mengatur Meja Makan Secara Informal

Source: Emilypost.com

Cara menata meja makan secara informal biasanya dilakukan untuk acara santai dengan tamu undangannya adalah teman dekat. Biasanya menu makanannya terdiri dari sup, salad, menu utama, dan penutup. Berikut adalah tahap-tahap dalam menata meja makan dengan gaya informal.

a. Piring makan malam (dinner plate).

Merupakan peralatan pertama kali yang harus diletakkan di atas meja. Kemudian kalian dapat meletakkan serbet di atas piring.

b. Dua garpu (two forks)

Sama seperti yang dijelaskan pada basic setting table, garpu berada di sebelah kiri. Dua garpu ini memiliki ukuran yang berbeda, besar dan kecil. Garpu yang besar digunakan untuk menu utama sedangkan garpu yang kecil digunakan untuk salad atau makanan pembuka (appetizer).

Peletakan antara garpu besar dan kecil diatur sesuai dengan urutan menu yang akan dihidangkan. Misalnya, jika menu pertama yang dihidangkan adalah makanan pembuka, maka garpu kecil berada di sisi paling kiri dari piring.

Begitu pula sebaliknya, jika menu utama dihidangkan terlebih dahulu, maka garpu yang ukurannya lebih besar diletakkan di paling kiri.

c. Serbet (napkin)

Lipat atau masukkan serbet ke dalam cincin serbet. Kalian dapat meletakkan serbet di sebelah kiri garpu atau di tengah piring makan (dinner plate). Jika tidak memiliki cincin serbet, kalian bisa melipat serbet dan menempatkannya di bawah garpu.

d. Pisau makan malam (dinner knife)

Letakkan pisau makan malam di sebelah kanan piring dan sisi yang lebih tajam dihadapkan ke piring. Untuk makan informal, pisau makan dapat digunakan untuk semua jenis hidangan, akan tetapi pisau yang telah digunakan jangan diletakkan di atas meja atau taplak meja.

e. Sendok (spoon)

Letak sendok selalu berada di sebelah kanan pisau. Jika makanan yang disajikan pertama kali adalah sup, maka sendok sup diletakkan di sisi paling luar atau sebelah kanan dari pisau.

f. Gelas (glasses)

Gelas untuk segala jenis minuman baik itu air mineral, jus, teh, dan wine diletakkan di sebelah kanan atas piring makan (terletak di atas pisau dan sendok).

g. Kalian dapat menambahkan piring salad, piring roti dan mentega, sendok dan garpu untuk hidangan penutup, serta cangkir kopi jika kalian ingin menyajikan salad, roti, dessert, dan kopi. Akan tetapi hal ini adalah opsional.

3. Formal setting table

Tips Menata Meja Makan secara Formal

Source: Emilypost.com

Pada dasarnya, cara menata meja makan yang benar dengan gaya formal sama seperti dengan gaya informal. Yang membedakan adalah peralatan yang tersedia di meja akan lebih lengkap disesuaikan dengan menu makanan yang disajikan.

Peralatan yang ada di meja kalian harus bersih dan nampak berkilau. Ini akan menampilkan sisi elegan dan kesan formal akan dengan mudah tercipta.

Biasanya taplak meja berwarna putih untuk menciptakan kesan rapi dan bersih. Akan tetapi jika menginginkan taplak meja selain warna putih atau dengan motif, itu tidak masalah asalkan disesuaikan dengan tema acara atau warna peralatan makan.

Dekorasi yang bisa diletakkan pada penataan meja gaya formal antara lain lilin dinner, rangkaian bunga, place card atau table card, serta mutiara penghias meja makan.

Tidak boleh terdapat lebih dari 3 peralatan yang menghiasi meja makan (misalnya sendok sup, sendok hidangan utama, dan sendok dessert). Jika harus mengganti menu makanan, maka peralatan yang telah selesai digunakan harus segera dibereskan dan diganti dengan peralatan yang baru sesuai dengan urutan menu makannya.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain:

Peralatan Makan yang Dibutuhkan Secara Formal

Source: Pinterest

a. Piring makanan ukuran besar (service plate)

Merupakan piring dengan ukuran terbesar yang berisi menu utama hidangan. Saat sesi makanan  pertama disajikan, piring ini akan tetap tersedia di meja.

b. Piring mentega (butter plate)

Piring ini diletakkan di atas garpu di sebelah kiri

c. Garpu makan malam (dinner fork)

Garpu ini diletakkan di sebelah kiri piring utama. Garpu lainnya diletakkan dari kiri ke kanan sesuai dengan urutan makanan yang akan dihidangkan.

d. Garpu ikan (fish fork)

Jika tersedia menu ikan, maka garpu ini diletakkan di sebelah kiri garpu makan malam karena garpu ini akan digunakan pertama kali.

e. Garpu salad (salad fork)

Seandainya salad disajikan setelah hidangan utama, garpu ini diletakkan di sebelah kanan garpu makan malam dan berada di samping piring. Jika menu pertama yang akan disajikan adalah salad, kemudian baru ikan, maka urutan garpu yang berlaku dari kiri ke kanan adalah garpu salad, garpu ikan, dan garpu makan malam.

f. Pisau makan malam (dinner knife)

Letakkan pisau ini di sebelah kanan piring makan.

g. Pisau ikan (fish knife)

Pisau ikan dengan bentuknya yang paling berbeda dibandingkan dengan pisau lainnya diletakkan di sebelah kanan pisau makan.

h. Pisau salad (salad knife)

Letak pisau ini berada di sebelah kiri pisau makan dan di sebelah piring makan. Akan tetapi jika urutan makanan yang disajikan adalah salad terlebih dahulu, kemudian ikan ada di urutan kedua, maka pisau akan diatur dari kiri ke kanan sebagai berikut: pisau makan, pisau ikan, dan pisau salad.

i.Sendok sup atau sendok buah

Jika sup atau buah disajikan pertama kali, maka sendok ini diletakkan di sebelah kanan pisau.

j.Pisau mentega (butter knife)

Diletakkan secara diagonal di atas piring mentega. Pegangan terletak di kanan bawah.

k. Gelas (glasses)

Penempatan gelas berada di sebelah kanan, letaknya di atas pisau dan sendok. Gelas dapat diletakkan secara berjajar sesuai urutannya hingga mencapai 5 buah. Jika gelas yang ditata lebih dari 3 buah, peletakannya mulai dari urutan yang kecil berada di depan disusul gelas yang ukurannya lebih besar.

l. Serbet (napkin)

Diletakkan di atas piring makan atau diletakkan di atas piring. Bisa juga diletakkan di sebelah kiri garpu atau di bawah garpu jika meja dirasa terlalu penuh.

Pentingnya mengetahui cara menata meja makan yang baik dapat mendukung suasana menjadi lebih bersahabat. Percakapan penting atau sebuah kedekatan diawali dengan sebuah pertemuan dan obrolan ringan di meja makan. Selain itu, obrolan berkualitas yang hadir menemani akan meningkatkan kebahagiaan tak terbatas.

Share: