Untuk memiliki rumah yang sempurna, memperhatikan setiap detil setiap ruangan dan komposisi fungsinya perlu juga diperhatikan. Terlalu fokus pada interior hingga lupa bagian eksterior, padahal teras merupakan bagian rumah dengan letak penting yang dapat memberi kesan awal pada sebuah rumah sekaligus tempat santai yang nyaman. Karenanya, mendesain teras lebih fungsional juga perlu diperhatikan agar mampu memberi kesan yang menarik.

 

Source: annelibush.com

1. Ruang Santai

Teras dapat dijadikan sebagai sudut ruang santai Anda. Tambahkan furniture seperti kursi dengan meja yang memiliki kesamaan warna untuk mendukung suasana teras yang hangat. Umumnya, kursi dan meja pada teras terbuat dari bahan kayu agar lebih mudah dibersihkan dan tahan segala cuaca. Bunga dan tanaman dalam pot besar juga dapat ditemukan.

 

Source: digsdigs.com

2. Sentuhan Air

Bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan natural eksotis, buatlah ornamen berupa air mancur. Air mancur dengan desain dari batu alam juga dapat digunakan. Menggunakan air mancur batu alam sebaiknya juga menggunakan batu alam untuk dinding kolam di dalam rumah. Agar tampilan batu alam jadi lebih indah, tambahkan pelapis tambahan untuk membuatnya tahan air, dan tidak mudah terkikis.

Source: homebnc.com

3. Gazebo

Gazebo merupakan sebuah struktur bangunan dengan rancangan yang khusus dan mampu memberikan kesan nyaman karena keteduhannya dan dapat digunakan untuk berbagai macam acara. Fungsinya hampir sama seperti ruangan santai, tetapi desainnya yang lebih spesifik membuat suatu ciri khas pada teras dengan gazebo. Dengan adanya gazebo di teras menjadikan teras Anda lebih fungsional dan dapat dipastikan akan menjadi tempat bersantai favorit di rumah.

Source: res.cloudinary.com

4. Taman Mini

Menanam tanaman-tanaman obat di daerah teras Anda tak membutuhkan banyak tempat, di teraspun bisa dilakukan. Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, tanaman obat juga memperindah sudut teras Anda. Alangkah lebih baik jika Anda dapat menaruh dan menyusunnya dengan rapi dalam pot-pot tanaman agar lebih terorganisir. Tambahkan batu-batu hias untuk mempercantik tanaman obat tersebut.

Source: ibringmotivation.com

5. Yoga

Yoga menjadi tren kesehatan paling anyar beberapa tahun terakhir. Teras dapat dijadikan tempat Anda untuk beryoga, tambahkan tampilan dupa dan tanaman-tanaman hias untuk mendukung suasana tenang, nyaman dan hangat. Dengan beryoga di teras, Anda semakin menyatu dengan alam.