6 Cara Menghadapi Macet Tanpa Stress

6 Cara Menghadapi Macet Tanpa Stress
Share this article to:

Melewati masa liburan dan langsung bertemu dengan kemacetan di jalan pun menjadi situasi yang tak dapat dihindari. Sebagai warga kota besar, macet merupakan problema masyarakat umum. Walaupun sudah normal, tentu saja menghabiskan banyak waktu di jalan membuat semua orang jenuh dan lelah, apalagi situasi setelah liburan seperti ini. Tapi ada solusi untuk mengatasi jenuh atau lelah di jalan kok :)

 

Source: startingpointaccupunture.com

1. Metode Tapping

Tapping merupakan metode acupressure mudah yang bisa Anda coba untuk merasa lebih relaks. Secara umum, tapping melibatkan 8 titik berbeda di sekitar tubuh Anda yang membuat tubuh Anda lebih santai, dan akan mengubah mood Anda agar lebih santai. Menggunakan kelima jari Anda, berikan ketukan ringan pada 8 titik di bawah:

  • Titik 1, 2, dan 3 berada di sekitar mata Anda. Kedua ujung alis bagian atas, dan di bawah pupil
  • Titik 4 berada di antara hidung dan bibir atas
  • Titik 5 di permukaan dagu Anda
  • Titik 6 berada di bawah tulang selangka
  • Titik 7 berada di bawah ketiak
  • Titik 8 berada di bagian tengah kepala

 

Source: verywell.com

2. Metode Tekanan Lidah

Ketika stres tiba, kening Anda akan mengerut dan bahu terasa tegang. Untuk memberi rasa lebih santai, Anda bisa mencoba trik menekankan lidah Anda di belakang kedua gigi depan atas Anda selama beberapa detik. Syaraf di atas rahang sangat mempengaruhi bagian tubuh lainnya, membuatnya lebih tenang dan tidak tegang.

Source: theodysseyonline.com

3. Jangan Pergi Terlambat

Seringkali, perasaan tertekan datang dari terburu-buru, membuat kita selalu melihat ke arah jam dan menghitung jarak yang masih harus ditempuh. Tentu hal ini akan membuat frustasi. Sebaiknya berangkat lebih dan buat persiapan Anda sesingkat mungkin agar menghindari terlambat walaupun macet menghadang.

Source: kienyke.com

4. Tanamkan Rasa Bersyukur

Rasa syukur tentu tak pernah gagal membuat kita merasa lebih baik tentang hidup. Para psikolog juga setuju bahwa merasakan berkah setiap pagi mampu menjaga pikiran Anda dari stres. Alih-alih merasa tertekan, merasa bersyukur akan pekerjaan yang Anda miliki akan sangat membantu Anda lebih semangat di setiap pagi.

Source: mylitta.com

5. Jaga Emosi Agar Selalu Tenang

Bus umum, sepeda motor yang sering memotong, atau mobil yang seenaknya tentu akan selalu memancing amarah Anda. Hal ini tak bisa dihindari. Yang bisa Anda lakukan adalah bersabar dan menahan diri Anda agar frustasi Anda tidak bertambah. Lagipula, tak ada pengendara yang sempurna dan tentunya hal ini akan terus terjadi. Cobalah bersantai dan kembali menikmati perjalanan Anda.

Source: hellobogor.com

6. Bawalah Hiburan Bersama Anda

Untuk menemani Anda, tak ada salahnya membawa CD musik favorit atau iPod untuk mendengarkan podcast yang akan meningkatkan mood Anda. Radio juga bisa menjadi hiburan sempurna! Stasiun radio masa kini selalu diisi dengan program komedi pagi hari yang tentu saja bisa mengusir jauh-jauh rasa frustasi Anda. Siapa bilang macet tak bisa dibawa seru?