Sofa merupakan salah satu furniture penting dalam sebuah ruangan. Sofa yang baik bukan hanya  dilihat dari segi warna dan model, kualitas bahan pelapis juga penting sebagai pertimbangan ketika memilih sofa. Sedikitnya ada 6 bahan pelapis sofa yang kerap digunakan.


Mau Jasa Desain Interior Rumah Gratis? ▶ Cek Disini Yuk


1.   Bahan Kulit

Bahan kulit banyak digunakan karena tekstur yang khas dan kesan mewah yang ditimbulkan. Biasanya dibuat dari kulit sapi bagian dalam yang memiliki daya tahan lebih lama dari bahan lainnya. Sehingga tidak aneh jika bandrol harganya pun cenderung lebih mahal. Namun perlu diingat bahwa sofa bahan kulit harus dihindari dari sinar matahari langsung agar tidak mengelupas.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Kulit

Source: designcollector.net

Baca Juga: 7 Sofa Warna Cerah untuk Rumah Minimalis

2.   Bahan Katun

Bahan ini sangatlah sering digunakan karena harga yang terjangkau. Katun terbuat dari jalinan benang dengan tingkat kerapatan tertentu. Semakin tinggi tingkat kerapatannya, semakin panjang pula jangka waktu pemakaiannya. Perlu diingat bahwa katun sangat mudah menyerap air jadi sebisa mungkin minimalisir kontak dengan cairan.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Katun

Source: bellamumma.com

3.   Bahan Polyester

Berbeda dengan katun, polyester tidak mudah meresap air dan menjadikannya bahan yang lebih awet. Kerap kali polyester dikombinasikan dengan bahan lain seperti katun dan dikenal sebagai polyester sintetis untuk kualitas yang lebih unggul. Salah satu yang memanfaatkan bahan ini  adalah Cory 2 Seater. Jika terkena noda, bersihkan dengan teknik dry cleaning.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Polyester

Source: fabelio.com

 

Baca Juga: 5 Tips Membebaskan Sofa dari Kutu

4.   Bahan Linen

Linen terbuat dari serat alami yang memiliki kekuatan 2 hingga 3 kali lebih kuat dibanding katun. Bahan ini biasanya tidak menyerap tinta maka sering kali sofa dengan lapisan linen tidak memiliki banyak motif. Jika terkena noda, hindari pembersih kimiawi sebab dapat mengakibatkan permukaan sofa mengelupas. Langsung bersihkan noda menggunakan air dan kain kering, hindari penggunaan hairdryer, biarkan sofa kering dengan sendirinya.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Linen

Source: witandwhistle.com

5.   Bahan Nilon

Sofa dengan lapisan nilon terkenal tahan air dan tidak mudah robek karena tergolong kain sintetis. Gunakan sikat plastik untuk membersihkan sofa Anda secara teratur untuk tampilan bersih dan lebih tahan lama.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Nilon

Source : nylonpinksy.com

6.   Bahan Chenille

Bahan Chenille kerap digemari oleh karena teksturnya yang halus dan biasanya digunakan untuk sofa bergaya klasik. Sebagaimana setiap bahan, kekurangannya adalah jika terkena noda, bahan jenis ini lebih sulit dibersihkan.

Bahan Lapisan Sofa Bahan Chenille

Source: urbanoutfitters.com

Baca Juga: Recliner Sofa, Teman Tepat Untuk Bersantai