7 Trik Memulihkan Mood Kerja Setelah Liburan

7 Trik Memulihkan Mood Kerja Setelah Liburan
Share this article to:

Liburan panjang akhir tahun sudah akan berakhir. Setelah menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman dan kerabat, Anda akhirnya harus kembali bekerja seperti biasanya. Rasa malas pun datang di tengah-tengah persiapan kerja. Namun, beberapa hal ini dapat membantu memulihkan mood kerja setelah liburan.

 

Source: news.milestonesys.com

1. Datang Lebih Pagi

Setelah menghabiskan waktu panjang dengan bersantai-santai dan terbiasa bangun siang, kini saatnya Anda menjadwalkan diri untuk bangun lebih awal. Mulai tinggalkan kebiasaan malas pada saat liburan dan datang lebih awal ke kantor. Setelah itu, seduh teh atau kopi untuk menjernihkan pikiran sebelum memulai bekerja. Dengan begitu, energi dan semangat baru dapat mengawali hari Anda memulai bekerja kembali.

Source: popsugar.com

2. Olahraga

Untuk dapat mengembalikan semangat Anda dalam bekerja, usahakan pula untuk menyediakan waktu berolahraga pada waktu libur, beberapa hari sebelum masuk kerja. Melakukan workout ringan seperti push up atau sit up sebelum memulai bekerja akan memicu adrenalin Anda. Hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan kapasitas otak sehingga Anda akan benar-benar siap untuk kembali menjalani aktivitas kerja dengan baik. Waktu tidur yang berantakan karena efek liburan pun dapat kembali normal.

Source: mindtools.com

3. Atur to-do-list

Pekerjaan yang sudah menumpuk di tahun baru? Anda bisa membuat to-do list pekerjaan yang akan dikerjakan. Atur dan pilih pekerjaan yang mudah terlebih dahulu dan alangkah lebih baik jika menargetkan pada jadwal kapan pekerjaan tersebut harus selesai. Dengan begitu, Anda dapat mengerjakannya sedikit demi sedikit dengan teratur. Secara perlahan fokus dan kinerja Anda dapat kembali seperti biasanya.

 

Source: hrmasia.com

4. Pikirkan Kesenangan saat Bekerja

Atur semangat dan suasana hati dalam hal yang positif. Agar bersemangat lagi, coba berfikir hal-hal positif seperti target tahun 2017 atau hal yang dengan mudah membuat Anda senang. Energi positif akan membantu datangnya hal-hal positif pula untuk diri sendiri dan lingkungan Anda.

Source: sbs.com

5. Atur Waktu dengan Bijaksana

Kembali bekerja setelah liburan panjang, sedikit banyak mempengaruhi waktu Anda. Walaupun sudah memiliki list apa saja yang akan Anda capai tahun ini, memiliki waktu beristirahat pun sama pentingnya. Anda juga harus mampu memprioritaskan hal utama yang ingin dilakukan. Aturlah waktu agar memiliki durasi yang konstan untuk rehat dari penatnya pekerjaan dan menjernihkan pikiran Anda.

Source: endlessme.com

6. Sharing bersama Rekan Kerja

Untuk menghindari hilangnya semangat kerja, Anda dapat mengobati rasa rindu kepada teman kantor yang sudah lama tidak bertemu. Buat waktu berkumpul bersama teman kantor sepulang kerja dan manfaatkan waktu tersebut untuk sharing bersama. Dengan begitu mood bisa kembali rileks setelah lama tak bertemu dengan lingkungan kerja.

Source: gogeter.com

7. Ubah Suasana Kerja

Cara lain untuk menambah semangat kerja adalah dengan merubah suasana kerja Anda. Baru yang dimaksud juga bisa dengan merapihkan barang-barang kerja yang berantakkan. Mulai pilah dan benahi barang yang sudah tidak digunakan lagi dan juga desain ulang meja kerja dengan rapih dan menarik sesuai gaya Anda. Dengan begitu suasana kerja baru akan sangat menciptakan semangat & mood kerja yang baru pula.