Inspirasi Dapur Minimalis: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Desain Kitchen Island

Model Dapur Minimalis Kitchen Island
Share this article to:

Dapur seringkali menjadi jantung dari sebuah rumah. Aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya bukan sebatas memasak saja. Makan bersama bahkan sekedar ngobrol santai seringkali dilakukan di ruang satu ini. Tidak heran bila banyak orang yang sengaja merancang desain dapurnya seistimewa mungkin dengan perabotan yang mendukung. Dapur island adalah salah satu bagian terunik dari sebuah desain kitchen setDapur Island dapat digunakan untuk sarapan atau bersantai; dan lebih daripada itu, kitchen island dapat menjadi aksen dapur Anda.

Mengetahui cara mendesain dan memasang island kitchen adalah kunci ketika membuat dapur. Island kitchen bisa menjadi salah satu jawaban saat kamu ingin memaksimalkan dapur agar aktivitas memasak dapat lebih leluasa. Berbagai macam island dapur minimalis dapat kamu buat sesuai kebutuhanmu. 

Jika kamu masih bingung menentukan apakah meja island dapur cocok, kamu telah datang ke artikel yang tepat. Kali ini kami akan memberikan tips dan inspirasi island kitchen yang cocok untuk aktivitas dapurmu dan keluarga.

Sumber: bhg.com

Tentukan kegunaan Island Table dengan kebutuhanmu

Jika kamu menginginkan meja island dapur dengan kelengkapan yang mumpuni, kamu harus memastikan peletakaan barang-barang seperti, gas, kelistrikan dan instalasi ledeng tidak akan mengganggu akitvitasmu di dapur.

Memasak: Meja island bisa kamu gunakan sebagai area memasak, untuk itu kamu akan membutuhkan peralatan memasak seperti kompor, penghisap asap dan laci penyimpanan untuk menyimpan peralatan masak.

Menyiapkan Makanan: kamu bisa meletakkan wastafel di salah satu bagian meja island agar mempermudah kamu untuk menyiapkan bahan masakan dan membersihkan piring-piring kotor setelah memasak.

Hiburan: Island table bisa juga difungsikan sebagai tempat untuk menyambut teman atau keluarga yang sedang bermain ke rumah. Kamu bisa menyiapkan dan mensajikan makanan sambil berbincang dengan mereka di satu area.

Bentuk Kitchen Island yang Kamu Butuhkan

Sumber: thespurce.com

Pada dapur di atas, kamu bisa memanfaatkan island table yang minimalis untuk melengkapi kebutuhan dapurmu, seperti: top table yang kokoh untuk area persiapan masak, laci penyimpanan hingga rak gantung untuk menyimpan peralatan masak yang akan digunakan.

Maksimalkan Dapur dengan Meja Bar

Sumber: thespruce.com

Jika kamu tinggal di apartemen, kamu bisa memaksimalkan penggunaan dapur sebagai area makan dengan konsep peninsula dengan ruang kaki yang terbuka dan membuat island table dengan laci penyimpanan untuk menyimpan bumbu masak hingga peralatan masak kamu dalam satu tempat.

Island Kitchen Dua Tingkat

Sumber: HA Architecture

Rak terbuka pada pada gambar di atas dapat kamu aplikasikan di dapurmu untuk pencarian barang yang lebih mudah saat kamu memasak, dan untuk memisahkan area memasak dan area makan yang dekat, kamu bisa membuat island table menjadi dua tingkat agar menjaga area masak tetap bersih dan makanan dapat disajikan selagi hangat tanpa harus mengurangi luas area dapur.

Island Table Dengan Rak Penyimpanan Terbuka

Sumber: thibautandthewood.fr

Jika kamu memiliki ruang yang sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan island table unutk menyiapkan dan mensajikan makanan serta rak penyimpan terbuka agar mudah dilihat, dan kamu bisa menyusun barang-barang yang paling sering kamu gunakan pada rak di atas sesuai dengan kebutuhanmu sehingga kamu bisa mempercepat waktu memasak di dapur.

Dengan cara-cara di atas kamu bisa membuat meja island dapur sesuai dengan kebutuhan, agar kamu lebih yakin saat membuat dapur impian, kamu bisa konsultasikan dapur impianmu dengan desainer interior fabelio projects dan desainer kami akan merekomendasikan dapur idealmu mulai dari desain, material yang cocok hingga harga yang sesuai dengan anggaran kamu. Yuk, lihat lebih banyak inspirasi dapur idealmu di sini atau langsung konsultasi gratis melalui WhatsApp fabelio projects di 0857-1182-2796.

Untuk inspirasi berikutnya, Anda dapat membaca juga: 9 tips menggabungkan bantal pada sofa Anda