Succulent: Tanaman Hemat Air untuk Ruangan Anda

Tanaman Hemat Air
Share this article to:

Jenis tanaman hemat air yang satu ini mungkin sudah sering Anda lihat, tetapi namanya kurang familiar di telinga Anda. Kebanyakan orang hanya menyebutnya sebagai sejenis “kaktus”.  Ya, succulent sebenarnya cukup populer sebagai tumbuhan penghias interior dan eksterior rumah.

Dekorasi Rumah Minimalis

Succulent adalah tanaman yang memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air. Kaktus, yang berdaging tebal dan berair, merupakan jenis succulent yang paling populer. Tak hanya kaktus, sebenarnya masih banyak jenis succulent yang dapat mempercantik rumah Anda.

1. Echeveria

Tanaman Hemat Air Echeveria

Souce: sparklenet

(Gambar di atas) Bentuk daunnya yang mirip dengan bunga mawar yang mekar menjadikan Echeveria banyak dikagumi oleh penggemar succulent. Uniknya lagi, daun Echeveria dapat membentuk gradasi warna yang indah, dari mulai hijau hingga keunguan. Keindahannya juga terpancar dari bunganya  yang berwarna merah eksotis.

2. Stonecrop

Tanaman Hemat Air Stonecrop

Souce: ikarusde

(Gambar di atas) Stonecrop biasanya digunakan untuk menyelimuti halaman rumah supaya terlihat lebih asri. Bentuknya yang kecil dan bergerombol membuatnya cocok untuk menutupi permukaan yang kasar, seperti tembok di vertical garden.

3. Burro’s Tail

Tanaman Hemat Air Burro's Tail

Souce: britco

(Gambar di atas dan bawah) Berbeda dengan jenis succulent lain, Burro’s Tail tumbuh memanjang sehingga cocok dijadikan tanaman gantung. Sayangnya, daun Burro’s Tail sangat mudah gugur sehingga Anda harus cerat memilih tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Sansevieria

Tanaman Hemat Air Sansevieria

Souce: brennarose

(Gambar di atas) Anda pasti sudah tak asing dengan jenis succulent yang satu ini, bukan? Sansevieria banyak dipilih untuk menghiasi interior dan eksterior rumah karena coraknya yang unik. Bentuknya yang memanjang ke atas juga membuat tanaman ini mudah dirawat dan hemat ruang.

5. Aloe

Tanaman Hemat Air Aloe

Souce: stevaniesterjovski

(Gambar di atas) Anda mungkin mengenal succulent yang satu ini lewat tanaman lidah buaya yang ada di pekarangan rumah. Namun, Aloe memiliki variasi ukuran yang sangat beragam, mulai 6 inchi hingga mencapai beberapa meter. Aloe yang sering digunakan untuk hiasan adalah Aloe berukuran kecil yang diletakkan dalam pot.

6. Jade Plant

Tanaman Hemat Air Jade Plant

Souce: thefuturekept

(Gambar di atas) Jade Plant merupakan succulent bergaya klasik yang banyak diminati karena mudah tumbuh di mana saja. Jika Anda menatanya dengan baik, Jade Plant akan berbentuk mirip dengan tanaman bonsai yang unik. Hal ini disebabkan daunnya yang tumbuh rimbun di atas seperti pohon sungguhan.

BACA JUGA: Taman tidak selalu harus outdoor. Inilah bagaiman Anda dapat mengatur tanaman indoor Anda, meskipun tempat terbatas.