Fabelio Blog Logo

Ini 5 Aktivitas Bonding Untuk Mempererat Hubungan dengan Anak

aktivitas-bonding-dengan-anak
Share this article to:

Banyak orang yang beranggapan kalau rumah adalah tempat dimana kebahagiaan bisa tercipta. Nyatanya, memang benar. Berbagai kegiatan di rumah yang sebenarnya sederhana, namun apabila dilakukan dengan berkualitas bersama orang tercinta dapat menjadi sumber kebahagiaan.

Agar lebih terasa seru dan menyenangkan, kalian juga bisa lho mengajak anak-anak ikut beraktivitas. Selain bagus untuk membuat anak menjadi banyak bergerak, melibatkan anak dalam aktivitas sederhana di rumah juga bisa digunakan sebagai cara bonding yang bagus, lho! Lalu apa saja sih kegiatan bonding yang bisa dilakukan di rumah bersama anak? Yuk, simak selengkapnya!

1. Masak Bersama

Source: pinterest.com

Aktivitas bonding pertama yang bisa dilakukan bersama anak adalah masak bersama. Kegiatan masak bersama nampaknya selalu berhasil membuat hubungan ibu dan anak makin erat ya. Libatkan anak mulai dari ketika memilih menu makanan, berbelanja, hingga proses memasaknya.

Beri anak tugas yang mudah namun juga menyenangkan seperti mencuci sayuran, memotong sayur, atau pada saat plating makanan. Jangan lupa untuk selalu mengawasinya, ya! Terutama ketika anak sedang memotong sayuran. Gunakan peralatan memasak yang tidak terlalu berat dan aman untuk anak-anak.

2. Membaca Buku Bersama

Source: pinterest

Aktivitas bonding yang kedua adalah membaca buku bersama. Terdengar sangat sederhana namun kalian bisa membuatnya lebih bermakna. Biarkan anak memilih buku favoritnya, kemudian mainkan peran sesuai dengan karakter pada buku pilihannya. Kalian bisa membuatnya lebih seru dengan mengenakan kostum karakter.

Selain menyenangkan, kegiatan membaca buku bersama anak ini juga dapat membangkitkan daya imajinasi anak, lho!

3. Menonton Film Favorit

Source: pinterest.com

Menonton film tidak melulu harus di bioskop kok, di rumah pun kegiatan menonton film bisa menjadi menyenangkan. Putarkan film-film kesukaan anak dan nikmati sambil bersantai di sofa nyaman. Hadirkan semangkuk pop corn dan milkshake kesukaan anak agar lebih seru.

Kegiatan menonton film bersama ini bisa kalian jadwalkan satu kali dalam seminggu, yakni pada saat weekend.

4. Kerja Bakti Membersihkan Rumah Bersama

Source: pinterest.com

Aktivitas bonding selanjutnya adalah kerja bakti membersihkan rumah bersama. Kegiatan ini bisa jadi melelahkan tapi sangat cocok dilakukan dengan melibatkan anak-anak. Beri mereka tugas sesuai dengan usianya, misalnya membersihkan kaca jendela, meletakkan mainan ke dalam storage, meletakkan baju kotor ke bak cuci, dan sebagainya.

5. Berkebun Bersama

Source: pinterest.com

Aktivitas bonding yang lainnya adalah berkebun. Sebagian besar anak-anak sangat menyukai kegiatan berkebun. Mintalah bantuan anak-anak untuk menyiram tanaman, memotong daun yang layu, atau memindahkan tanaman ke pot-pot kecil.

Kalian juga bisa sambil mengedukasi anak dengan memperkenalkan nama-nama tanaman.

Banyak momen sederhana yang bisa jadi momen bahagia terjadi di rumah. Lengkapi setiap momen kalian dengan furnitur-furnitur yang nyaman dan tentunya bermaterial aman untuk anak-anak.