Aneka Rak Buku yang Cocok Untukmu

Rak Buku yang Cocok Untukmu
Share this article to:

Memiliki rak buku adalah sebuah kewajiban para penggemar buku supaya koleksinya tertata dan tersimpan rapi. Baik itu yang bentuknya rak buku dinding, rak portable, hingga lemari buku minimalis. Tapi, apakah rak buku yang dimiliki sudah sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan?

Untuk menemukan jawabannya, simak inspirasi dan pembahasan aneka rak buku berikut!

Rak Buku Dinding Ala Peta

Sumber : Big Cartel

Penggemar buku sekaligus pelancong, coba gunakan rak buku dinding ala peta. Konsepnya mewakili 2 hal favoritmu dan bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi. Ukurannya sedang dan digantungkan di dinding. Jadi, rak buku yang satu ini sebaiknya digunakan untuk menyimpan koleksi buku tertentu saja ya.

Rak Portable dengan Roda

Sumber : BrickBox

Berikutnya ada rak portable berukuran sedang. Bagian bawahnya dilengkapi dengan roda. Rak buku ini bisa dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Sangat cocok untuk hunian seperti apartemen studio atau rumah mungil. Saat membutuhkan ruang yang luas, rak portable ini dapat digeser dengan mudah. Koleksi buku pun tetap rapi pada tempatnya.

Lemari Buku Menuju Kamar

Sumber : FritsJurgens

Lemari buku kerap dijadikan kamuflase pintu menuju kamar rahasia di film-film. Kamu bisa menerapkannya juga di rumah. Tidak perlu mewah atau penuh ukiran untuk membuatnya, model lemari buku minimalis saja cukup. Asalkan terlihat seperti rak buku dinding seperti umumnya.

Ukurannya dapat disesuaikan dengan jumlah koleksi bukumu berhubung lemari buku ini sifatnya built-in. Supaya tampil semakin keren, gunakan warna yang kontras dengan dinding di sekitarnya.

Rak Buku Dinding di Sudut Baca

Sumber : Home Exin

Membaca buku memang paling asyik di sudut tanpa ada yang mengganggu. Seperti sudut baca yang berada di bawah tangga. Kenyamanannya didukung dengan sofa bed, bantal, dan pencahayaan sempurna. Tidak boleh ketinggalan, sebuah rak buku dinding di salah satu sisinya. Mau baca buku yang mana, tinggal ambil deh.

Rak Buku Dinding Ekstra Besar

Sumber : Insider

Koleksi buku dalam jumlah banyak menuntutmu untuk punya rak buku berukuran besar. Jika memiliki budget khusus, coba terapkan rak buku dinding ekstra besar seperti ini. Tingginya mencapai ujung dinding. Lengkapi rak buku dinding ini dengan tangga khusus yang mudah digeser ke kanan dan kiri. Dengan demikian, kamu mudah menggapai buku di rak paling atas tanpa perlu mencari tangga terlebih dulu. Agar tidak terkesan monoton, selingi isi rak dengan aneka pajangan.

Rak Buku Kayu Ala Troli

Sumber : 1stDibs

Sekilas, rak buku kayu yang satu ini mengingatkan kita pada troli makanan di hotel-hotel. Desainnya menggemaskan dan cocok dihadirkan pada ruangan bergaya klasik. Rak buku dinding ini berukuran mini sehingga lebih efisien untuk memajang buku favorit atau yang sering dibaca. Kalau kamu memiliki rak buku kayu seperti di atas, mau letakkan di ruang keluarga atau kamar tidur?

Rak Buku Dinding dari Susunan Kotak

Sumber : ArchDaily

Rak buku berikutnya memiliki tinggi setara dengan rumah 2 tingkat. Konsepnya industrial minimalis. Detail yang ditonjolkan berupa susunan kotak. Ada yang dilengkapi penutup bermaterial kayu dan ada yang dibiarkan terbuka. Alhasil, tampilannya tidak membuat rumah sumpek. Tangga yang digunakan sifatnya permanen sehingga lebih kokoh dan aman digunakan kapan saja.

Demikian 7 aneka rak buku dinding, lemari buku, dan rak portable yang mungkin cocok untukmu. Silakan pertimbangkan dengan kepribadian, kebutuhan, serta besar ruangan. Temukan inspirasi atau tips memilih furniture lainnya di blog Fabelio!