“Berapa biaya desain interior rumah dan apartemen?”

Kalimat tersebut rasanya pernah ditanyakan oleh semua orang yang ingin merenovasi atau membangun tempat tinggal baru. Desain interior atau jasa desain interior adalah salah satu komponen vital dalam menciptakan sebuah hunian yang nyaman.

Hunian yang nyaman seperti rumah atau apartemen adalah tempat dimana kita tinggal dan pulang. Tempat ini sudah tentu memiliki nilai emosional tinggi. Hal ini dapat terwujud dengan menciptakan suasana di dalam rumah yang hangat dan penuh dengan sentuhan sisi personal.

Namun, hal yang pertama kali selalu menjadi pikiran adalah mengenai biaya, seperti: berapa biaya desain interior rumah? Berapa harga desain interior apartemen? Berapa harga jasa desainer interior?

Biaya Desain Interior Tahun 2017

biaya desain interior tahun 2017

Source: Fabelio

Beberapa pertanyaan di atas ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya luas lahan, kerumitan desain, sertifikasi atau pengalaman dari desainer interior, bahan atau material ruang dan furnitur, tipe ruang yang akan didesain (basic, minimalis, industrial, klasik), serta beberapa hal lainnya. 

Sebelum mengetahui berapa biaya untuk desain interior rumah dan apartemen, maka sudah seharusnya kalian memahami terlebih dahulu tentang beberapa hal yang memengaruhi tinggi atau rendahnya biaya desain interior.

jasa desain interior tahun 2017

Source: Fabelio

Biaya desain interior rumah dan apartemen ditentukan dari bahan baku atau material ruang dan furnitur

Desain interior tidak terlepas dari komposisi ruang dan penataan furnitur yang ada di dalamnya. Dengan mengetahui macam bahan baku dalam desain interior rumah minimalis, maka kalian akan lebih mudah memilih bahan baku yang paling tepat untuk desain interior rumah minimalis atau desain interior apartemen minimalis milik kalian.

desain interior rumah minimalis

Source: Fabelio

Bahan baku atau material yang kerap digunakan dalam desain interior rumah atau apartemen antara lain adalah:

1. Kayu Solid

Merupakan struktur kayu padat yang dipotong dari bongkahan atau papan kayu yang lebih besar. Dari segi keawetan dan kualitas, bahan baku pembuatan ruang dalam desain interior atau pembuatan furnitur yang menggunakan kayu solid adalah salah satu yang memiliki kualitas tinggi.

design interior minimalis

Source: Fabelio

Beberapa bahan kayu solid terbaik adalah:

a. Kayu Jati

Ini adalah kayu dengan jaminan kualitas terbaik. Keawetannya tidak perlu diragukan. Kayu jati tahan terhadap rayap dan cuaca. Banyak dipilih terutama untuk penggunaan bahan baku furnitur karena serat kayu jati sempurna untuk dijadikan sebuah karya.

b. Kayu Pinus

Memberikan pilihan tampilan kayu yang lebih cerah sehingga akan lebih mudah dalam memadukan komposisi ruangan. Penggunaan kayu pinus sebagai bahan baku untuk desain interior rumah atau desain interior apartemen dapat diaplikasikan pada hunian jenis apa pun. Kayu pinus tampilannya indah dan akan selaras dengan keseluruhan tampilan ruangan.

interior desain minimalis

Source: Fabelio

c. Kayu Sungkai

Karakteristiknya memang mirip dengan kayu pinus. Namun kayu ini disukai oleh para perajin karena pengolahannya lebih mudah dan kualitasnya tetap baik. 

d. Kayu Mindi

Terjangkau merupakan salah satu keunggulan dari kayu mindi. Walaupun harganya lebih murah dari kayu jati, akan tetapi untuk masalah kualitas dalam menciptakan sebuah desain interior rumah yang memukau, kayu ini tidak selisih banyak dengan kayu jati sehingga dapat menjadi alternatif yang tepat.

desain interior model minimalis

Source: Fabelio

2. Plywood

Jika ditanya, berapa biaya desain interior rumah dan apartemen, maka bahan baku ini adalah rekomendasi yang tepat. Dari sisi harga masih bisa dijangkau dan dari segi kualitas, bahan ini terkenal memiliki kualitas yang unggul. Plywood merupakan gabungan dari lembaran kayu tipis yang direkatkan dengan lem khusus menggunakan teknik press bertekanan tinggi. Penggunaan plywood akan menjamin efektivitas pengerjaan dan harga yang lebih terjangkau. Pada aplikasi tertentu, plywood cocok digunakan pada penampang yang luas karena kayu padat akan berisiko berubah bentuk jika kadar airnya tidak dihilangkan dengan sempurna.

desain minimalis interior

Source: contemporist

3. Veneer

Merupakan lembaran kayu yang diiris dari bongkahan kayu yang lebih besar. Veneer memungkinkan untuk mendapatkan unsur kayu dengan harga yang tidak terlalu mahal. Veneer memiliki beberapa bahan berkualitas yang terbuat dari:

jasa interior design

Source: contemporist

a. Kayu Jati

Memiliki ciri khas tekstur rumit dan indah sehingga membuatnya menjadi pilihan utama untuk pelapis furnitur.

b. Kayu Sungkai

Tekstur yang kasar adalah salah satu ciri yang khas dari sungkai. Serat kayunya lurus dan kadang-kadang bergelombang.

design interior

Source: contemporist

c. Kayu Mindi

Serat dari kayu mindi menyerupai garis lurus dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi alternatif untuk melapisi furnitur.

d. Kayu Oak

Kayu oak menjadi pilihan veneer karena memiliki warna yang lebih cerah dan bersih juga memiliki serat kayu yang lebih halus.

desain kayu jati interior

Source: contemporist

Sedangkan untuk finishing pada furnitur dalam desain interior, pada umumnya menggunakan HPL (High Pressure Laminate) atau laminasi yang memiliki tekanan tinggi dengan bahan sintetis yang bekerja baik untuk penutup permukaan furnitur bulit-in seperti kitchen set. Bahan ini memiliki karakteristik ramah lingkungan dan mudah untuk dibersihkan.

Selain bahan baku kayu, bahan baku menggunakan besi juga kerap digunakan untuk menciptakan tampilan ruangan yang maskulin dan elegan. Beberapa bahan baku besi yang terbaik adalah:

biaya desain interior

Source: Fabelio

a. Hollow Metal

Penggunaan besi dengan rongga kosong pada bagian dalamnya menjadikan bobot furnitur menjadi lebih ringan.

b. Solid Metal

Besi padat ini dapat menjadi pilihan utama untuk furnitur yang memerlukan aspek kokoh dan kuat.

c. Stainless Steel

Jenis metal yang dikenal karena kemampuannya untuk bertahan dari karat.

berapa biaya desain interior?

Source: Fabelio

Biaya desain interior rumah dan apartemen ditentukan dari tipe desain ruangan

Tipe desain ruangan juga memengaruhi biaya desain interior rumah atau apartemen. Di bawah ini ada beberapa referensi tipe desain interior yang kerap digunakan di Indonesia:

a. Desain interior tipe Basic

Merupakan jenis desain interior yang tampilannya tidak memiliki ciri khas tertentu. Konsepnya sama seperti pada dasarnya desain interior pada sebuah rumah pada umumnya. Yang ditonjolkan dari desain interior rumah tipe basic adalah fungsionalitas sebuah ruangan dan perabotan bagi penghuninya.

b. Desain interior tipe Minimalis

Jenis desain interior ini memaksimalkan estetika dalam sebuah kesederhanaan. Jenis desain interior minimalis pada awalnya digunakan untuk efisiensi bahan baku karena biaya untuk membangun rumah atau ruangan memang tidak murah. Namun saat ini, desain interior minimalis justru menjadi tren, terutama gaya Skandinavian yang lebih banyak didominasi dengan warna putih, furnitur kayu, serta aksen kaca pada rumah dalam jumlah yang banyak.

c. Desain interior tipe Industrial

Jenis desain interior industrial memiliki ciri khas desain yang masih mentah atau setengah jadi. Misalnya dinding dari semen serta nuansa yang masih primitif namun justru memikat. Penggunaan furniturnya sangat kuat dengan ciri khas furnitur bertekstur serta terlihat asli.

interior design

Source: Fabelio

d. Desain interior tipe Klasik

Ciri khasnya adalah pada bangunannya yang memiliki banyak pilar, ornamen, atau aksesoris yang ada pada jaman klasik seperti jaman Romawi atau Yunani. Kesan megah akan tercipta dari tipe rumah ini. Ukuran bangunan juga biasanya akan lebih besar daripada fungsinya. Setiap jenis ruangannya dibuat terpisah dan banyak menggunakan warna kuning, emas, biru langit, krem, atau warna netral.

Setelah mengetahui faktor yang berpengaruh pada biaya, ini saatnya untuk mengetahui berapa biaya desain interior rumah dan apartemen.

Beberapa tarif yang umum diterapkan dalam desain interior adalah sebagai berikut:

1. Menetapkan harga desain interior per meter persegi

Perhitungan ini ditentukan berdasarkan per meter persegi dari luas ruangannya. Biaya yang dibebankan untuk jasa desain interior dimulai dari harga Rp 250.000 per meter perseginya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang dimulai dengan harga Rp 350.000 per meter persegi. Biaya ini bukan merupakan biaya tetap, namun hanya biaya estimasi agar bisa memerkirakan berapa kebutuhan anggaran yang cocok. Selebihnya komponen biaya akan ditentukan lagi oleh pengalaman atau sertifikasi dari desainer interior itu sendiri.

biaya desain interior minimalis

Source: Fabelio

2. Menetapkan harga desain interior berdasarkan persentase

Penetapan biaya desain interior rumah atau apartemen dengan cara menghitung sekian persen dari total biaya produksi atau anggaran desainnya. Pada umumnya, perhitungan biaya desainer interior memberlakukan tarif kurang dari 10%, yaitu berkisar mulai dari 3% hingga 7% dari nilai project. Semakin luas lahan yang didesain atau semakin besar anggaran desainnya, maka persentase untuk perhitungan biaya akan semakin kecil. Misalnya saja jika total anggaran untuk mendesain rumah Rp 2 Miliar, maka biaya jasa desainnya 3%. Namun apabila budget untuk desain hanya Rp 600 juta, maka biaya jasa desain bisa mencapai 5%.

3. Menetapkan biaya desain interior berdasarkan gambar per view

Harga desain interior yang ditawarkan dihitung berdasarkan gambar jadi atau per sudut. Semakin kompleks desain yang dibuat, maka biaya desain interior rumah dan apartemen juga akan semakin mahal. Biaya yang ditawarkan oleh penyedia jasa dimulai dari harga Rp. 750.000 per view nya. 

Faktor biaya memang menentukan dalam sebuah pembangunan interior rumah atau apartemen. Apabila kalian memang membatasi anggaran namun menginginkan desain interior yang bagus dengan harga yang tidak terlalu tinggi, solusinya dengan menggunakan gaya desain interior minimalis. Desain interior minimalis tidak memerlukan banyak dekorasi serta ornamen sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak bahan baku yang akan membebani biaya pengerjaan. 

Pada intinya, seberapa besar biaya jasa desain interior tergantung pada kesepakatan antara klien dan desainer itu sendiri. Tanyakan dengan rinci mengenai tarif jasa desain interior rumah atau apartemen per satuannya. Misalnya, apabila ada revisi, berapa biaya tambahannya? Dengan harga tersebut, apa saja rincian gambarnya (denah layout, tampak, potongan, detail, 3D Interior, dan lain-lain)?

Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Karena harga yang murah belum tentu sebanding dengan kualitas gambar atau desain yang dihasilkan. Desain interior ruangan berbicara mengenai menyuguhkan kebutuhan dan selera dalam karya seni.

Ruangan yang didesain dengan kualitas yang baik tentu juga akan membangkitkan rasa nyaman. Desain interior yang terasa personal akan memberikani rasa kepemilikan yang tinggi terhadap tempat tinggal tersebut. Kenangan pada sebuah hunian juga memberikan rasa yang nyaman dan menjadi tempat personal untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.