Fabelio Blog Logo

Camping di Rumah, Kenapa Tidak?

Camping di Rumah, Kenapa Tidak?
Share this article to:

Mungkin di antara Anda ada yang heran dengan judul artikel ini. Ngapain sih pake camping segala di rumah sendiri? Camping sendiri sejatinya adalah membaur dengan alam menggunakan fasilitas seadanya, karena itu diciptakanlah tenda, sleeping bag, hammock serta perlengkapan lain yang dianggap bisa menggantikan fungsi rumah sementara.

Dengan ide yang sama, Anda juga dapat mewujudkan acara camping ini tanpa harus menembus kemacetan yang belakangan ini semakin tidak masuk akal, khususnya pada akhir pekan. Buat kesepakatan bahwa selama 1 hari Anda sekeluarga akan melakukan semua kegiatan di sekitar tenda, di luar rumah kecuali aktivitas toilet tentunya.

1. No Gadget or Electronic

Tujuan camping salah satunya adalah mendekat kepada alam sekaligus menjaga kekompakan. Maka matikan dan tinggalkan smartphone Anda di dalam rumah. Bila perlu lepas sementara kabel telepon rumah agar liburan Anda tidak terganggu. Budayakan kembali saling bicara satu sama lain tanpa gadget dalam genggaman.

2. Dirikan Tenda

Sore hari keluarkan peralatan camping dari dalam rumah, persediaan makanan, obat anti serangga, pakaian tidur dan lain-lain ke halaman terbuka di samping atau belakang rumah, lalu ajak pasangan dan atau anak Anda bersama-sama merakit tenda. Gelar tikar atau karpet tipis untuk dijadikan alas duduk dan tempat meletakkan makanan.  

3. Siapkan Api Unggun

Berikan pengalaman camping kepada anak Anda lengkap dengan api unggunnya! Tidak perlu kayu bakar khusus untuk itu, cukup sediakan dahan dan ranting kering, lengkapi dengan pemantik api dan sedikit minyak tanah untuk membuat nyala api yang baik. Jika khawatir akan muerusak rumput di bawah bekas api unggun, ambil pot tanah liat yg tidak dipakai lalu buat api unggun di dalamnya.

4. Masak Bersama

Jika api unggun sudah menyala, saatnya memasak bersama! Gunakan peralatan masak yang sederhana saja seperti panci dan spatula. Gunakan juga peralatan makan seadanya. Banyak pilihan makanan yang bisa dimasak di atas api unggun, dari mulai yang simpel seperti sosis bakar dan marshmallow panggang hingga sup dan sayur tumis. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk mengajari anak menyiapkan makanan.

5. Nikmati Langit Malam

Nikmati liburan hemat Anda sekeluarga dengan memandangi langit malam. Lebih bagus lagi bila bulan dan bintang sedang jelas terlihat. Salah satu triknya adalah dengan matikan semua lampu, sisakan hanya lampu bagian teras depan saja. Semakin gelap suasana, maka keindahan langit malam pun akan semakin terlihat. Untuk mengantisipasi kebosanan, siapkan permainan ringan seperti tebak lagu, Uno, atau Bingo.

6. Good Night & Sleep Tight!

Akhiri camping satu hari Anda dengan istirahat di dalam tenda. Atau akan lebih seru lagi bila menggunakan sleeping bag atau hammock langsung beratapkan langit. Good night and sleep tight :)