Fabelio Blog Logo

Cara Jitu Hadirkan Nuansa Kalem Di Rumah Minimalis

Cara Jitu Hadirkan Nuansa Kalem Di Rumah Minimalis
Share this article to:

Rumah minimalis merupakan rumah idaman masa kini. Tampilannya yang sederhana namun modern kerap digemari banyak orang, ditambah banyak manfaat yang didapat dari rumah minimalis. Selain hemat tempat, pembangunan rumah minimalis juga tidak membutuhkan biaya banyak dibandingkan hunian mewah. Namun pertanyaan yang kerap timbul, kira-kira bagaimana caranya mendesain rumah minimalis ya?  Atau, nuansa apa yang cocok dengan rumah minimalis saya?

Salah satu jawaban yang cocok adalah dengan menghadirkan nuansa kalem (calm ambiance) di dalam rumah minimalis. Nuansa kalem sangat cocok untuk rumah minimalis agar tetap terkesan sederhana, serta membuat waktu istirahat atau waktu bersantai kita semakin nyaman dan tenang. Berikut beberapa tips yang kamu dapat ikuti untuk menghadirkan nuansa kalem di rumah minimalis. 

Pilih Warna Cat Interior Rumah Yang Cocok

Source: Pinterest

Saat memilih warna cat untuk interior rumah minimalis, usahakan untuk tidak memilih warna-warna yang menonjol, melainkan warna-warna yang netral, seperti warna putih. Warna putih sangat cocok untuk menghadirkan nuansa kalem pada rumah minimalis. Warna ini dapat membuat ruangan tampak luas, serta membuat ruangan terlihat lebih segar dan nyaman. Selain warna putih, warna abu-abu terang pun juga sangat pas untuk diaplikasikan pada dinding rumah minimalis.

Pastikan Warna Furnitur Dengan Warna Cat Dinding Senada

Source: Pinterest

Setelah memilih warna cat dinding pada interior rumah minimalis, kamu perlu memastikan agar komposisi warna-warna furnitur senada dengan warna cat dinding. Karena konsep nuansa kalem pada rumah minimalis menggunakan warna-warna yang netral, maka warna furnitur pun diusahakan berwarna netral atau nude, seperti abu-abu, krem, hijau pastel, atau warna-warna kayu. 

Perhatikan Alur dan Penataan Ruangan

Source: Pinterest

Karena ukuran rumah minimalis tidak terlalu luas, alur dan penataan ruang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah memilih dan menempatkan furnitur dengan tepat. Pilihlah beberapa furnitur yang menurut kamu berguna dan cocok untuk ditempatkan pada sebuah ruangan, serta pertimbangkan ukurannya. Setelah itu, tempatkan setiap furnitur pada area-area yang tepat seapik mungkin dengan memperhatikan aksesibilitas ruangan agar tidak terlalu sempit. Jangan lupa untuk membersihkan furnitur dan ruangan secara berkala agar rumah minimalis kamu tetap rapih dan nyaman.

Pilih Pencahayaan Rumah Dengan Tepat

Source: Pinterest

Memilih pencahayaan rumah merupakan hal yang tidak kalah penting karena dapat mempengaruhi mood atau perasaan seseorang. Pencahayaan rumah yang tepat dapat memberikan kesan luas dan nyaman pada rumah minimalis, baik dari posisi jendela ataupun instalasi lampu dalam ruangan. Dengan pencahayaan yang cukup dapat menimbulkan perasaan yang nyaman dan tenang bagi pemilik hunian. Coba aplikasikan warna warm white pada lampu ruangan agar membuat suasana semakin rileks.

Tambahkan Aksesoris Agar Hunian Tetap Menawan

Source: Pinterest

Agar rumah minimalismu tetap cantik dan menawan, tambahkan aksesoris-aksesoris sederhana di dalamnya. Poster sederhana dan bantal bercorak, atau karya seni yang menggambarkan karakter pemilik hunian dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai aksesoris dalam rumah minimalis. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan komposisi dan penataannya pada ruangan. 

Itulah beberapa tips bagi kamu yang ingin memilih konsep rumah minimalis bernuansa kalem dan tenang. Jika kamu masih bingung, mari konsultasikan pada jasa desain interior rumah, salah satunya Home by Fabelio. Home by Fabelio merupakan jasa desain interior yang siap membantu kamu mewujudkan nuansa kalem pada rumah minimalis. Kamu dapat berkonsultasi dengan leluasa bersama para desainer interior dan tim profesional. Mari wujudkan hunian bersama Home by Fabelio!