Fabelio Blog Logo

Leher Sakit Saat Bangun Tidur? Simak Cara Memilih Bantal yang Tepat

cara-memilih-bantal-tidur
Share this article to:

Pernah mengalami sakit leher saat bangun tidur? Ternyata pola tidur yang bagus tidak menjamin kualitas tidur yang baik. Media untuk tidurnya juga harus diperhatikan, kalian juga harus teliti terhadap pemilihan bantal tidur. Bantal bukan hanya membuat kalian tidur dengan nyaman tetapi dapat menimbulkan sakit leher, mari simak cara memilih bantal tidur yang benar.


Source : design-milk.com

Ukuran


Untuk meningkatkan kualitas tidur, kalian harus memperhatikan ukuran bantal yang pas, kalian sebaiknya memilih bantal yang berukuran 43x63 cm. Tetapi bila masih tidak nyaman opsi lain seperti 50x70 cm yang biasa digunakan di hotel juga menjadi pilihan yang tepat



Source: hola.com


Bahan


Bahan dari bantal juga sangat penting untuk mencapai kualitas tidur yang baik. Dengan berbagai opsi yang ditawarkan pasar kalian juga harus memperhatikan kondisi kesehatan. Dengan memilih bahan yang tepat, dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Opsi dari bahan bantal antara lain Dakron, Lateks, Memory foam, dll



Source : potterybarnd.com


Tinggi Rendahnya


Memilih ketinggian bantal juga penting, tidak hanya memilih bahan dan ukuran bantal ketinggian juga dapat membebani leher yang akan mengakibatkan sakit saat bangun. Bantal yang terlalu tinggi juga dapat membuat kalian susah bernafas karena dapat mengakibatkan leher terlipat dan menghambat saluran pernafasan.


Source : huizedop.nl

Posisi Tidur


Posisi tidur kalian juga mempengaruhi bantal yang akan dipilih, jika kalian sering tidur dengan posisi telentang ada baiknya kalian menggunakaan bantal yang lebih tipis, karena dapat membantu leher tidak terlalu condong saat tidur. Jenis bantal yang baik pada posisi telentang adalah bantal memory foam karena bentuknya yang sesuai dengan leher.


Source : 33decor.com


Mengganti Bantal


Kalian sebaikknya mengganti bantal secara berkala, bisa setiap 1 tahun sekali. Karena bantal yang sudah lama dipakai merupakan tempat berkumpulnya sisa kulit, debu, dan juga minyak yang menempel pada permukaan bantal. Hal ini dapat memicu alergi dan juga jerawat, gamau kan saat bangun tidur jadi jerawatan? Parahnya lagi bantal yang sudah lama tidak diganti dapat menjadi sarang tungau, cara mendeteksinya dengan cara melipat bantal menjadi 2 dan juga tidak kembali ke posisi semula maka bantal itu sudah harus diganti.