Tenang & Cantik, Ini Cara Ciptakan Lingkungan Rumah yang Seimbang

tips menciptakan keseimbangan pada rumah
Share this article to:

Sebuah hasil penelitian menerangkan bahwa hunian yang well-designed dapat memberikan efek yang positif terhadap sistem imun manusia. Makanya setelah kamu menghadapi hari yang sibuk atau hari yang membuatmu stres, pulang selalu bisa menjadi obat penenang. Di rumah kamu bisa merasa aman, nyaman, dan kembali sehat. Karenanya sangat penting untuk kamu menjadikan rumahmu menjadi rumah seimbang.

Lalu, bagaimana caranya membuat rumah menjadi nyaman, tenang, dan seimbang? Simak tips berikut ini, ya!

1. Ciptakan Nuansa dan Tampilan Rumah yang Cantik

Via made.com

Salah satu hal yang dapat membuat seseorang betah berada di rumah adalah karena tampilan rumah yang cantik. Untuk itu, ciptakanlah nuansa dan suasana rumah yang selalu bisa membuatmu kangen untuk pulang. Kamu bisa memulainya dengan memilih tema desain interior yang kamu sukai. Kemudian, lanjutkan dengan penataan furnitur yang apik. 

Kamu boleh kok menggabungkan sofa favorit dan meja tamu idaman meskipun mereka memiliki desain yang berbeda. Tapi sebelumnya, kamu harus bisa memastikan bahwa kedua furnitur tersebut dapat berpadu dengan seimbang. Seimbang di sini memiliki arti furnitur yang kamu pilih sesuai dengan luas dan kebutuhan ruangan.

2. Berikan Sentuhan Hijau Pada Hunian

Via pinterest.com

Tak dapat dipungkiri kalau nuansa alam memang selalu berhasil membuat hati menjadi lebih tenang. Warna-warna alam seperti hijau diyakini dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik dan sehat. Untuk itulah kehadiran tanaman hijau di rumah sebenarnya penting. Tanaman hias, tanaman herbal, atau bunga-bunga segar dapat membuat ruangan terasa lebih “hidup” dan sejuk. Mereka juga dapat menyerap radiasi yang berasal dari alat-alat elektronik di dalam rumah. 

Berdasarkan studi yang dilakukan NASA, tanaman juga dapat membantu meningkatkan produktifitas dan menurunkan kadar stres. Beberapa tanaman hias yang bisa kamu letakkan di dalam rumah dan memiliki fungsi untuk menetralisir udara antara lain english ivy, succulent, lidah buaya, lidah mertua, dan bunga lili.

3. Pilih Warna Cat yang Natural

Via pinterest.com

Warna cat dinding yang kamu pilih untuk rumahmu ternyata dapat mempengaruhi suasana hatimu juga, lho! Beberapa warna cat dinding yang disarankan untuk menciptakan atmosfer rumah yang lebih rileks antara lain warna-warna natural, seperti biru muda, hijau, abu-abu, dan putih.

Bagaimana kalau warna-warna bold yang saya anggap dapat membangkitkan mood saya? Tenang saja, kamu tetap bisa mengombinasikan warna bold seperti merah tua, atau hijau tua melalui furnitur dan elemen dekorasi rumah lainnya.

4. Saatnya Bermain Dengan Cahaya!

Via made.com

Tak hanya melalui desain dan furnitur, rumah seimbang juga dapat diciptakan dengan cara bermain cahaya. Banyaknya cahaya yang masuk ke dalam rumah memang dapat membuat rumah terasa lebih hangat, namun pencahayaan temaram dari lilin dan lampu yang sedikit redup ternyata dapat membuat rumah terasa lebih rileks dan sangat cocok untuk menemanimu bermeditasi.

5. Coba Untuk Bermain Tekstur

Via made.com

Menggabungkan berbagai tekstur seperti material kayu, marmer, dinding batu bata, dan material lainnya ternyata cukup bisa membuat nuansa dan suasana ruanganmu menjadi tidak membosankan, lho! Kamu bisa melakukan hal ini dengan memilih furnitur dengan jenis material yang berbeda-beda.