Fabelio Blog Logo

Intip Tips Berikut Untuk Mencocokkan Armchair & Sofa Ruang Tamu

Cara Mencocokkan Armchair Dengan Sofa
Share this article to:

Tidak dipungkiri bahwa banyak pemilik hunian berlomba-lomba dalam mendesain dan menata ruang tamu agar terkesan indah dan nyaman bagi setiap tamu yang datang. Hal ini dikarenakan ruang tamu merupakan bagian terdepan dalam sebuah hunian. Dengan memberikan kesan yang terbaik, tanpa melihat ruang lain pun akan membuat setiap yang datang yakin bahwa rumah tersebut indah dan nyaman.

Namun, masih banyak yang ragu terhadap hal ini, khususnya dalam memilih dan mencocokkan kursi lengan (armchair) dengan sofa, di mana kedua hal itu merupakan elemen utama di dalam ruang tamu. Banyak yang perlu dipertimbangkan, diantaranya bentuk dari ruang tamu, serta jumlah kursi lengan dan sofa yang diperlukan nantinya. Maka dari itu, berikut tips yang dapat kamu pelajari sebelum memilih dan mencocokkan kursi armchair dengan sofa di dalam ruang tamu sebuah hunian.

Hadirkan Armchair Sebagai Pelengkap

Source: Pinterest

Menambahkan kursi armchair di dalam ruang tamu sebuah hunian dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain menjadi kursi tambahan bagi tamu yang ingin duduk dan bersantai, kursi lengan dapat dijadikan sebagai pelengkap, serta pemanis pada ruang tamu sebuah hunian. 

Kursi lengan (armchair) cocok apabila dikombinasikan dengan sofa panjang, baik sofa dengan dua dudukan (sofa two-seater) maupun tiga dudukan (sofa three-seater). Dengan menambahkan sebuah kursi lengan dalam bentuk yang senada dengan sofa utama akan menciptakan estetika yang sempurna di dalam hunian.

Perhatikan Tata Letak Ruang

Source: Pinterest

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah tata letak sofa dan juga kursi lengan (armchair) agar komposisi ruang tetap terjaga. Kamu cukup meletakkan sofa utama sebagai pusat pada ruang, kemudian menambahkan sebuah kursi lengan di sebelah sofa utama secara menyamping agar berbentuk L, ataupun di depan sofa utama secara berhadapan. 

Selain itu, jika memiliki ruang tamu dengan ukuran yang relatif luas, kamu juga dapat memilih sepasang kursi lengan yang senada, kemudian meletakkannya pada kedua sisi sofa.

Padukan Motif Dan Warna Yang Menonjol

Source: Pinterest

Pemilihan motif dan warna yang tepat, baik antara kursi lengan (armchair) dengan sofa, maupun dengan interior ruang akan menciptakan keseimbangan dan keselarasan pada ruang. Hal ini menjadi faktor yang sangat penting di dalam hunian.

Jika warna dinding pada ruang berwarna putih atau abu-abu muda, kamu dapat mengaplikasikan motif atau warna terang pada kursi lengan (armchair) dan sofa agar lebih menonjol. Warna nude atau pastel juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai warna-warna kalem. Yang terpenting, pastikan kursi lengan dan sofa utama memiliki motif dan warna yang senada.

Aplikasikan Armchair Berbahan Kayu

Source: Pinterest

Bagi yang menyukai furnitur berbahan kayu klasik, kursi lengan (armchair) berbahan kayu dapat kamu hadirkan di dalam ruang tamu. Kursi lengan ini dapat menambah nilai estetika pada ruangan, asalkan tetap memperhatikan warna dudukannya agar  senada dengan sofa dan juga interior ruang.

Jangan lupa untuk menempatkan meja tamu, serta karpet bermotif di antara kursi lengan dan sofa agar menyeimbangkan perpaduan desain, sekaligus warna dan motif yang diaplikasikan pada ruang tamu.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum mencocokkan kursi lengan (armchair) dengan sofa di dalam ruang tamu. Semoga tips ini bermanfaat ya. Simak terus artikel menarik lainnya, hanya di Fabelio!