Lebih Awet, Ini Cara Merawat Furniture Outdoor

Cara Merawat Furniture Outdoor
Share this article to:

Memiliki halaman rumah yang luas itu menyenangkan. Kamu dapat memelihara aneka tanaman, mempercantik dekorasi dengan tanaman hias artifisial, membuat lahan bermain, atau menciptakan area untuk pesta BBQ. Apa pun fungsi dari halaman tersebut, kamu jelas membutuhkan furniture outdoor.

Supaya furniture outdoor awet, kamu perlu merawatnya dengan rutin dan tepat. Perawatannya tentu berbeda dengan furniture indoor. Hal ini dikarenakan furniture outdoor lebih sering terkena paparan sinar matahari dan air hujan. Tidak ingin bukan, kursi taman atau furniture outdoor mu yang lain menurun tingkat keawetannya. Bagaimana caranya? Yuk, perhatikan cara merawat furniture outdoor yang dibagi berdasarkan materialnya!

Merawat Furniture Outdoor dari Kayu

Sumber: Curbed

Furniture outdoor berbahan kayu, seperti meja dan kursi kayu, cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Material kayu terkenal mudah lapuk akibat cuaca dan serangga. Langkah perawatan yang tepat adalah dengan melapisi furniture outdoor dengan minyak kayu.

Penggunaan minyak kayu dapat mengurangi penyerapan suhu panas di siang hari. Alhasil, kelembaban furniture outdoor akan terjaga, tidak mudah lapuk, dan serangan serangga berkurang. Pastikan untuk mengolesinya kembali secara rutin, setidaknya setiap 1 tahun. Jangan lupa untuk menyingkirkan debu menggunakan lap kering atau kemoceng.

Merawat Furniture Outdoor dari Plastik

Sumber: Helda Site

Furniture outdoor dari plastik selalu menarik karena bentuk dan warnanya beraneka ragam. Sayang, material plastik mudah pecah dan memudar warnanya akibat panas matahari. Oleh karena itu, sebisa mungkin tempatkan furniture outdoor plastik di area yang teduh.

Karena berada di luar ruangan, furniture outdoor ini rawan terkena noda tanah dan sebagainya. Agar penampilannya tetap terjaga, bersihkan secara rutin. Caranya dengan menggunakan air sabun dan kain lap. Setelah menyekanya, bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan sempurna untuk menghindari jamuran.

Merawat Furniture Outdoor dari Besi

Sumber: Pinterest

Material besi memang terkenal kuat dan awet. Tapi, bukan berarti kamu tidak perlu merawatnya. Furniture outdoor dari besi, baik meja atau kursi besi itu rawan terserang karat. Oleh karena itu, rutinlah menyingkirkan debu yang menempel. Cukup gunakan kain lap atau kemoceng. Apabila ada noda, gunakan lap basah untuk menyekanya. 

Usai hujan, pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian furniture outdoor bermaterial besi. Oleskan pelapis anti karat secara rutin untuk menyempurnakan perawatannya. Furniture outdoor dari besi milikmu sudah terlanjur berkarat? Tenang, ambil amplas dan gosokkan pada bagian yang berkarat. Jika sudah bersih, lapisi dengan anti karat.

Merawat Furniture Outdoor berupa Sofa

Sumber: Diphano

Duduk di atas sofa memang paling nyaman. Tapi sofa untuk furniture outdoor rawan rusak. Saat hujan turun, busa akan menyerap air. Apabila tidak segera dikeringkan, maka busa akan dipenuhi dengan jamur. Teksturnya pun tidak lagi nyaman untuk diduduki.

Salah satu tips perawatan dari kami adalah gunakan kain pelapis yang waterproof untuk sofa. Lalu, berikan kanopi untuk menghalau panas dan hujan. Terik matahari dapat membuat warna sofa cepat memudar. Apabila sulit mendirikan kanopi, setidaknya lapisi furniture outdoor ini dengan plastik saat tidak digunakan. 

Merawat Furniture Outdoor dari Rotan

Sumber: NY Furniture Outlets

Furniture outdoor dari rotan identik dengan anyaman. Celah-celah anyaman merupakan spot yang sempurna untuk debu bersarang. Pastikan untuk membersihkan celah tersebut menggunakan kemoceng atau vacuum cleaner secara rutin. Periksa juga bagian anyaman karena rawan terkelupas dan merusak estetika. Supaya lebih aman, jauhkan furniture outdoor ini dari benda-benda tajam.

Sekarang kamu sudah tahu cara merawat furniture outdoor berdasarkan materialnya. Jadi, tidak ada alasan untuk malas merawatnya kan? Ayo, rawat furniture outdoor kesayanganmu dengan baik supaya lebih awet!