Kenali Ciri-ciri Salah Satu Serangga Pengganggu Tidurmu

ciri-serangga-kasur
Share this article to:

Kutu busuk (bed bugs) adalah salah satu serangga yang sering ditemui dan mengganggu ketika sedang beristirahat di atas kasur. Karena ukurannya yang sangat kecil, hewan ini dapat masuk ke rumah tanpa terdeteksi.

Kutu busuk bisa menjadi sumber penyakit dan menjadi pengganggu saat sedang terlelap tidur. Efek alergi, asma, dan gatal-gatal pada tubuh bisa menjadi pertanda bahwa tempat tidurmu sudah dijangkiti kutu busuk.

Yuk ketahui beberapa tanda kutu busuk yang ada di kasur sehingga kalian bisa menghilangkan atau melakukan pencegahan:


Source: x-mos.com

Kutu busuk meninggalkan beberapa tanda

Apabila kalian menemukan sebuah tanda berupa bintik-bintik kecil berkilau di kasur, kalian harus waspada karena ada kemungkinan bahwa kutu busuk telah bersarang di kasur. Selain itu, tidak jarang kutu busuk juga meninggalkan kotoran yang berceceran di kasur.


Source: tripsavvy.com


Gatal di sekujur tubuh saat bangun tidur

Apakah kalian pernah merasakan gatal di sekujur tubuh setelah bangun tidur di pagi hari? Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kutu busuk sudah berada di kasur. Kalian mungkin tidak akan merasakannya, namun efek gatal dan ruam merah di badan bisa jadi tanda bahwa kutu busuk telah menggigit kalian di malam hari.


Source: instructables.com


Noda darah pada kasur

Ketika kalian terbangun dan menemukan noda-noda kecil kemerahan seperti darah, noda tersebut merupakan noda darah yang dihasilkan dari hisapan si serangga.


Source: startsat60.com


Aroma yang tak sedap pada kasur

Aroma yang tak sedap seperti apek, berjamur, serta aroma manis juga merupakan ciri-ciri bahwa kutu busuk sudah bersarang dan berkembang biak di kasur kalian. Keadaan kasur yang lembab dapat membuat kutu busuk bersarang di kasur.

Setelah mengenal beberapa ciri diatas, kalian bisa lebih waspada tentang hadirnya kutu busuk di kasur. Namun, kalian juga tidak perlu khawatir karena kutu busuk dapat dibasmi dengan membersihkan kasur secara rutin. Selain membersihkan kasur secara rutin, kalian juga harus cermat dalam memilih kasur atau matras sebagai alas tidur. Berbagai jenis kasur seringkali menyusahkan kalian dalam membersihkannya karena ukurannya yang besar dan berat.

Maka dari itu, kalian mungkin dapat beralih menggunakan matras sebagai alas tidur dengan bahan baku latex dan cloud latex. Selain dapat membantu dalam mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, matras juga memiliki berat yang ringan dan gampang dibersihkan. Seperti Cloud Mattress yang tidak menggunakan pegas layaknya springbed pada umumnya. Karena ruang kosong antara pegas berulir akan menjadi tempat hidup bagi kutu busuk dan bakteri lainnya. Selain itu, cover matras yang gampang dilepas akan mudah untuk dibersihkan.