Desain Interior Rumah Minimalis Ala Rumah Adat Jawa

Desain Interior Rumah Minimalis Ala Rumah Adat Jawa
Share this article to:

Rumah adat Jawa merupakan rumah tradisional yang berasal dari Jawa dan dominan dengan aksen kayu. Arsitektur pada rumah adat jawa sangat kental dengan budaya jawa yang memiliki filosofi dan hierarki tersendiri yang dapat dilihat dari bentuk atap yang rumit yang hanya dimiliki oleh bangsawan. Umumnya, rumah adat jawa terbagi menjadi beberapa bagian, yakni pendopo, pringgitan, omah, dalem, dan senthong. Bentuk arsitektur rumah adat jawa juga dipengaruhi oleh arsitektur kolonial Belanda di Indonesia pada perkembangan arsitektur modern abad ke-20. 

Saat ini, banyak arsitektur modern yang mengadaptasi rumah adat jawa menjadi bangunan yang lebih modern yang memiliki unsur minimalis. Oleh karena itu, agar bentuk dan filosofi dari rumah adat jawa tidak semakin pudar kedepannya, mari kita bahas mengenai sejarah, filosofi, dan bentuk rumah adat jawa.


Source: unsplash.com

Sejarah

Memiliki hubungan kekerabatan dengan Austronesia, rumah jawa merupakan pola dasar dari rumah Austronesia. Kedatangan bangsa Eropa pada abad 16 dan 17 memperkenalkan batu dan batu bata dalam membuat konstruksi rumah digunakan oleh orang-orang kaya. Dengan gaya arsitektur yang unik dan layout bangunan yang mampu melawan panas tropis dan hujan lebat, rumah adat jawa juga mempengaruhi rumah Hindia Belanda pada abad 19. 

Filosofi rumah adat jawa

Rumah adat jawa memiliki filosofi hierarkis yang menunjukkan strata sosial dari pemilik rumah, Atap dari rumah adat jawa memiliki bentuk seperti gunung, yang mana dipercayai oleh masyarakat jawa gunung adalah simbol yang sakral dan merupakan tempat tinggal para dewa. Atap berbentuk gunung ini disangga oleh empat pilar besar yang menunjukkan arah mata angin, yaitu utara, selatan, barat, dan timur. 

Source: pinterest.com

Bentuk dan bagian rumah adat jawa

Umumnya, rumah adat jawa dibangun dalam suatu kompleks dan dibagi menjadi beberapa bagian yang memiliki fungsi berbeda pada setiap bagiannya. 

Pendopo

Berada di bagian depan rumah, pendopo memiliki bentuk seperti paviliun yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan sosial. Pendopo biasanya memiliki atap berbentuk joglo yang hanya dimiliki oleh bangsawan atau orang kaya.

Source: flickr.com

Pringgitan

Pringgitan adalah ruang yang menghubungkan antara pendopo dengan rumah utama. Pringgitan memiliki fungsi sebagai tempat untuk ringgit atau bermain wayang.

Source: flickr.com

Omah

Omah merupakan rumah utama pada bangunan rumah jawa. Biasanya omah memiliki layout persegi atau persegi panjang dengan lantai yang lebih tinggi dibandingkan bangunan rumah lainnya. Bagian tengah omah menggunakan bentuk atap limasan atau joglo. 

Dalem

Dalem adalah bangunan tertutup yang dibagi sepanjang poros utara dan selatan menjadi daerah-daerah yang berbeda. Dalem memiliki fungsi sebagai tempat berkumpulnya anak-anak dalam menjalani pubertas. Selain itu, secara tradisional dalem merupakan tempat pembakaran dupa yang dibakar setiap seminggu sekali untuk menghormati Dewi Sri (dewi padi), juga merupakan tempat pengantin pria dan wanita duduk pada upacara pernikahan.

Senthong

Senthong terletak di bagian belakang rumah dan memiliki bentuk tertutup. Dibagi menjadi beberapa ruangan, senthong barat merupakan tempat untuk menyimpan beras (lumbung) dan hasil pertanian lain. Sedangkan senthong timur sebagai tempat menyimpan peralatan tani.

Desain Rumah Jawa Modern Minimalis 

Setelah mengetahui denah rumah dari rumah tradisional jawa yang autentik, sekarang kita akan membahas rumah jawa yang telah diadopsi oleh gaya arsitektur modern yang minimalis. 

Adaptasi yang paling banyak diambil dari rumah tradisional adalah desain atap dan pilar-pilar sebagai struktur utama rumah. Seperti apa aja sih contoh-contoh rumah adat jawa yang minimalis dan modern? Berikut adalah beberapa contoh desainnya:

Rumah adat jawa minimalis modern 2 lantai dengan gazebo di rooftop

Rumah ini memiliki desain minimalis modern dengan sentuhan adat jawa yang dapat dilihat dari bentuk atap, aksen kayu yang dominan, dan ukiran-ukiran kayu yang menghiasi fasad rumah. 

Gazebo kayu yang memiliki bentuk seperti pendopo kecil pada rooftop rumah ini semakin menegaskan kesan tradisional pada rumah modern minimalis ini.


Source: kaulangora.com

Desain Rumah Adat Jawa Modern Dengan Kolam Renang 

Desain rumah adat jawa ini bergaya minimalis dengan paduan aksen kayu dan dominasi kaca yang membuat ruangan mendapatkan siraman cahaya natural. Teras belakang dengan kursi-kursi bergaya etnik namun modern yang menghadap ke kolam renang juga memberikan nuansa modern.

Source: modelrumahminimalis2.blogspot.com 

Desain Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern ini memiliki atap bertumpuk yang identik dengan atap pada rumah adat jawa. Eksterior pada fasad rumah yang menggunakan aksen kayu memberikan nuansa tradisional pada rumah modern ini. Selain itu, 4 pilar yang menyangga atap diatas carport mobil diadaptasi oleh pendopo rumah jawa. 

 

Source: improvenet.com

Ingin memiliki hunian dengan interior rumah minimalis ala rumah adat jawa seperti gambar rumah diatas? Kosultasikan hunian impianmu bersama Fabelio Projects dengan datang ke Fabelio Projects Experience Studio yang terletak di Jln. Panglima Polim V No. 52, Melawai, Jakarta Selatan atau hubungi 085711822796 untuk info selengkapnya⁣⁣.