Fabelio Blog Logo

Ingin Gunakan Jasa Desain Interior? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan

hal penting sebelum menggunakan jasa desain interior
Share this article to:

Hai, sudah sampai mana persiapanmu untuk membangun hunian baru? Masih merasa kerepotan? 

Beberapa orang, khususnya para pasangan baru, terkadang masih merasa bingung ketika dihadapkan pada persiapan membangun hunian baru. Padatnya jadwal karena pekerjaan juga menjadi salah satu alasan mengapa persiapan membangun rumah terasa lebih sulit dari yang dibayangkan. Inilah saat dimana kamu harus mulai memikirkan untuk menggunakan jasa desain interior

Tentu ada pilihan lainnya selain menggunakan jasa desain interior, tapi apa kamu yakin akan menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktumu? Pada dasarnya mengapa banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa desain interior adalah karena bisa lebih menghemat waktu dan tenaga, jadi kamu bisa lebih santai. 

Untuk kamu si pemain baru dan ingin mencoba menggunakan jasa desain interior, ini 5 hal yang harus kamu persiapkan dengan baik.

1. Biaya

via pinterest.com

Pertama, pastinya adalah biaya. Apa yang harus kamu tanamkan adalah pikirkan berapa biaya yang dapat kamu keluarkan bukan berapa biaya yang ingin kamu keluarkan. Belajarlah untuk menjadi realistis dan jujur pada diri sendiri, masalah biaya bukan perkara kecil, lho. Buatlah perencanaan biaya sebaik mungkin sambil melakukan riset kecil-kecilan. 

Kamu bisa mulai dengan bertanya pada teman ataupun keluarga lainnya yang pernah menggunakan jasa desain interior. Kumpulkan banyak informasi, bandingkan, pilih yang paling mendekati budget-mu, pilih jasa desain interior yang paling affordable

2. Waktu

via pinterest.com

Hal kedua yang juga tak kalah penting adalah berapa lama waktu yang kamu set sampai proyekmu selesai. Tentunya perkara waktu ini ada kaitannya dengan seberapa besar hunian atau proyek yang akan dikerjakan, semakin besar hunian akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. 

Kuncinya adalah, realistis saja. Kalau kamu ingin hunianmu cepat terbangun dan cepat bisa kamu huni, pilihlah jenis hunian minimalis yang tidak terlalu besar. Tapi kalau kamu punya impian yang tinggi dan biaya berlebih untuk tinggal sementara di tempat lainnya, bersiaplah dengan waktu yang lama.

3. Lokasi dan Keterjangkauan

via pinterest.com

Hal ketiga yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan jasa desain interior adalah lokasi dan keterjangkauan. Pada saat kamu melakukan pitching jasa desain interior lihat juga apakah kira-kira akan menjadi mudah dari segi jarak pada saat kalian akan melakukan meeting?

Tentunya akan lebih mudah jika kamu dan jasa desain interior yang akan kamu gunakan berada pada lokasi yang dekat, atau minimal masih terjangkau untuk bertemu. Tapi jika kamu tak punya banyak waktu untuk sering bertemu, mungkin kamu bisa memilih jasa desain interior online. Semua terserah padamu, ya.

4. Gaya Desain

via pinterest.com

Pikirkan tentang, bagaimana kamu ingin rumahmu dilihat? Ini adalah tentang style atau gaya desain interior. Kamu bisa mulai dengan melihat bagian lain dari rumahmu untuk kamu jadikan referensi style ruangan lainnya. Atau, kamu juga bisa mencari berbagai referensi gaya desain interior di internet atau di majalah desain interior. 

Sudah memiliki gaya desain acuan akan membuat kamu lebih mudah pada saat mengarahkan interior desainer nantinya, dan akan lebih menghemat waktu juga. Interior desainer juga akan menjadi lebih mudah untuk menjalankan proyekmu.

5. Satukan Ide

via thespruce.com

Terakhir, satukan semua ide dalam satu folder, mulai dari gaya desain interior, palet warna, pilihan furnitur, layout, dan segala yang kamu butuhkan untuk membangun rumah. Kamu juga bisa mencari beragam ide di Pinterest

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa desain interior. Selamat membangun hunian impian!