5 Hal Tentang Arsitektur Kontemporer Yang Wajib Diketahui

Hal-Hal Tentang Arsitektur Kontemporer Yang Wajib Diketahui
Share this article to:

Paham tentang ragam arsitektur rumah bisa jadi pengetahuan bermanfaat bagi kalian yang sedang ingin mencari rumah idaman. Bagi yang masih awam, mungkin belum sepenuhnya jelas dengan apa itu arsitektur kontemporer. Banyak pula yang sering salah kaprah dan menganggap sama dengan arsitektur modern. Yuk langsung deh simak 5 hal tentang arsitektur kontemporer yang wajib kalian ketahui. 

  1. Definisi Arsitektur Kontemporer

Sumber: homedsgn.com

Buat yang masih bertanya apa itu arsitektur kontemporer, ketahui bahwa gaya rumah kontemporer mengacu pada style arsitektur pada era abad 21. Jenis arsitektur ini berawal di sekitar tahun 1970 dan banyak menggunakan referensi serta fitur arsitektur modern. Sebut saja, floor plan dengan konsep terbuka, pencahayaan natural dan struktur garis geometris. Tetapi tetap ada perbedaan antara arsitektur kontemporer dengan modern yang bisa dipisahkan. 

  1. Arsitektur Kontemporer VS Modern

Serupa tapi tak sama, banyak yang menggunakan istilah arsitektur kontemporer dan modern untuk menjelaskan jenis style sebuah rumah. Padahal ada perbedaan yang cukup mencolok dan tidak sulit untuk dipisahkan. 

Sumber: homedsgn.com

Penggunaan istilah kontemporer dan modern sama- sama menjelaskan hal- hal yang berkenaan dengan masa sekarang. Tetapi arsitektur kontemporer lebih mengacu pada “ hal- hal yang sedang berlaku sekarang”, sedangkan arsitektur modern lebih sebagai patokan “ hal- hal baru sesuai eranya”.

Minimalisme adalah salah satu contoh trend arsitektur modern yang tergolong “baru” di dunia desain, tetapi dari sisi arsitektur kontemporer, banyak hal- hal yang terus berubah demi menyesuaikan dengan trend yang sedang berjalan pada waktu itu juga. 

  1. Arsitektur Kontemporer & Desain Interior

Pada dasarnya, arsitektur kontemporer sangat fluid karena terus berubah sehingga sulit untuk dijelaskan secara pasti. Tetapi dengan bantuan dari desain interior, maka kalian akan lebih mudah menandainya. Desain interior pada arsitektur kontemporer banyak menggunakan garis dan struktur yang lebih ekspresif dan tidak lurus saja. Ada juga kesan “ less is more” pada desain interior yang menekankan pada fungsi daripada hanya estetika. 

Beberapa fitur desain interior yang sering dijumpai : dekorasi minimal, palet warna netral, perangkat elektronik canggih dan modern, dan aksesoris bergaya natural. 

  1. Kombinasi Berbagai Style Arsitektur

Sumber: architecturaldigest.com

Pada arsitektur kontemporer, ada banyak kombinasi berbagai gaya arsitektur, misalnya modernisme, Craftsman, Cottage dsbnya. Tetapi interpretasinya disuguhkan dengan modern dan trendy. Jadi jangan heran jika menemukan rumah yang terlihat modern dengan struktur petak, tetapi ada penggunaan aksen kayu atau batu bata yang vintage.  

  1. Fitur- Fitur Arsitektur Kontemporer

Supaya semakin memudahkan pemahaman tentang arsitektur kontemporer, ini dia beberapa fitur yang bisa kalian tandai :

Sumber: washingtonpost.com

  • Garis lurus : Struktur geometris ditandai dengan garis tegak lurus layaknya rumah modern, tetapi juga ada kombinasi dengan garis yang fleksibel/tidak kaku. 

  • Bentuk unik & asimetrik : Karena adanya aksen garis yang fleksibel, bentuk rumah kontemporer terlihat unik dengan berbagai konsep geometris, misalnya atap petak dengan jendela oval atau pintu bergaya busur. 

  • Jendela besar : Penekanan cahaya alami sangat terasa dengan pemilihan jendela yang bisa mendominasi dari lantai ke atap. 

  • Layout terbuka : Dinding yang kecil dan formal biasanya tidak ada, gantinya adalah konsep terbuka yang lapang dan bisa dinikmati secara bersama. 

  • Material kombinasi : Penggunaan material bangunan sangat bebas, mulai dari konkrit, stainless, kayu, kaca dll. 

  • Ramah lingkungan : Style kontemporer terbaru juga sering mengarah pada kepedulian atas aspek lingkungan, misalnya instalasi panel surya, jendela dan pintu untuk insulasi maksimal dsbnya. 

Dengan penjelasan di atas, mudah- mudahan menjawab pertanyaan apa itu arsitektur kontemporer dengan jelas. Jadi, tidak ada lagi kerancuan antara kontemporer dan modern yang sering terjadi. Semoga bermanfaat!