Fabelio Blog Logo

8 Desain Tangga Unik Untuk Hunian

ide-desain-tangga-unik-untuk-hunian
Share this article to:

Menyiasati rumah yang memiliki lahan sempit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan membangun rumah meninggi ke atas atau rumah tingkat. Dengan cara ini, kalian tetap bisa memiliki banyak ruang di rumah tanpa harus merasa kesempitan.

Untuk mengakses lantai dua dan lantai di atasnya, tentu diperlukan tangga penghubung. Selain sebagai penghubung, tangga dengan desain yang unik dan menarik juga dapat menjadi aksen berbeda pada hunian, lho! Nah, agar rumah tidak terlihat biasa-biasa saja, ada beberapa ide desain tangga yang dapat kalian terapkan di rumah. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tangga Melayang

Source: archilovers.com

Desain tangga unik pertama yang bisa kalian terapkan yakni tangga melayang. Tangga melayang dapat dibuat dengan atau tidak menggunakan pegangan. Tangga jenis ini sudah banyak mulai diterapkan di hunian-hunian bergaya minimalis dan modern. Tangga melayang dapat menjadi aksen unik pada hunian sebab tangga ini biasanya dibangun menempel dengan dinding atau build-in. Material yang biasa digunakan untuk membangun tangga melayang antara lain kayu, beton, ataupun akrilik tebal.

2. Tangga Kaca Minimalis

Source: homedsgn.com

Desain tangga unik selanjutnya yang juga bisa kalian terapkan di rumah adalah tangga kaca. Tangga kaca memang masih jarang diterapkan pada rumah, tapi tak ada salahnya jika kalian menginginkan kesan hunian yang lebih luas dengan tangga kaca. Selain itu, tangga kaca juga dapat memberikan kesan modern, dan unik. Kaca yang digunakan tentu kaca dengan jenis akrilik yang memiliki ketebalan yang aman untuk diinjak berkali-kali.

3. Tangga Spiral

Source: xtradecor.com

Jenis tangga spiral banyak digunakan terutama pada hunian dengan lahan terbatas. Tangga spiral juga dapat menghilangkan kesan hunian yang kaku dan kuno. Tangga spiral dapat kalian variasikan model dan desainnya seunik dan semenarik mungkin. Jenis tangga spiral dapat dibangun di tengah rumah dan menjadi centre point yang unik.

4. Tangga Storage

Source: pinterest.com

Salah satu cara menyiasati hunian yang mungil adalah dengan memaksimalkan segala fungsi ruang dan elemen rumah, tak terkecuali tangga. Menyatukan fungsi tangga dengan tempat penyimpanan dapat menjadi ide cemerlang untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Desain dan modelnya dapat kalian sesuaikan dengan luas ruang bawah tangga yang tersedia. Tangga storage ini dapat kalian gunakan untuk menyimpan berbagai barang seperti sepatu, perkakas, dan lain sebagainya.

5. Tangga Industrial

Source: happynest.vn

Ide desain tangga unik selanjutnya adalah tangga industrial. Tangga jenis ini memang terinspirasi dari gaya desain industrial yang sedang banyak diaplikasikan pada hunian. Tangga industrial umumnya didominasi dengan perpaduan material kayu dan besi atau logam. Bentuk dari tangga industial cenderung simpel, cocok untuk kalian yang menginginkan rumah dengan desain sederhana namun tetap nyaman.

6. Tangga Split

Source: homedit.com

Desain split pada tangga ini merupakan ide desain tangga yang sangat unik, yang tentu juga bisa kalian terapkan di rumah. Tangga split memberikan kesan seolah-olah tangga terbagi dua. Ruang kosong pada sisi samping tangga dapat kalian gunakan sebagai storage untuk menyimpan sepatu, buku, atau sebagainya.

7. Tangga Railing

Source: ufdshop.com

Desain tangga unik selanjutnya adalah tangga dengan pengaman dan pegangan di sisi sampingnya atau sering disebut dengan railing. Railing pada tangga dapat terbuat dari berbagai material, mulai dari kaca hingga rangka besi. Tangga railing merupakan tangga yang cukup aman jika dirumah kalian ada anak kecil.

8. Tangga Dobel / Double Material Stairs

Source: byedecor.info

Desain tangga unik lainnya yang dapat membuat suasana rumah menjadi berbeda adalah tangga dobel atau kerennya disebut double material stairs. Tangga jenis ini menggabungkan dua material seperti kayu dan beton pada anak tangga. Namun sayangnya, double material stairs masih jarang diterapkan pada hunian karena faktor keamanan dan keringkasan yang kecil. Tangga ini membuat jumlah anak tangga semakin banyak dan cenderung membuat bingung orang yang menapakinya.