Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis yang Populer dan Mudah Diterapkan

inspirasi desain interior minimalis populer
Share this article to:

Desain interior rumah minimalis yang ditata dengan apik akan dapat memanjakan penghuninya. Akan tetapi, untuk bisa menerapkan desain rumah minimalis, beberapa kaum urban mengeluhkan keterbatasan ruang, desain yang sulit diaplikasikan, serta kurang adanya inspirasi dalam melakukan desain interior rumah. Untuk itu, berikut merupakan inspirasi desain interior rumah yang populer dan mudah untuk diaplikasikan.

1. Desain interior rumah minimalis yang tetap harmonis dengan warna netral

Source: Fabelio Projects

Dengan tiga warna dominan, yaitu putih, hitam, dan abu-abu, desain interior rumah di ruang tamu bisa terlihat harmonis meskipun menggunakan warna netral. Sebenarnya, desain rumah minimalis untuk penggunaan warna netral memang agak tricky. Jika tidak pandai memadukan dengan furnitur lain, pasti tampilannya cenderung membosankan. Untuk itu, menambahkan warna putih pada karpet di atas flooring dengan warna dasar hitam akan menciptakan keseimbangan yang apik. Tampilan pun semakin lengkap dipadu dengan sofa 2 seater abu-abu. Agar dinding tidak tampak hampa, maka kalian dapat menghias dinding dengan beberapa wall art.


2. Menciptakan tampilan desain interior rumah yang hidup

Source: Fabelio Projects

Warna putih memang tidak pernah salah. Memilih putih sebagai warna dominan untuk tembok akan selalu tepat dikombinasikan dengan furnitur apa pun, salah satunya Cessi Dining Chair. Kokohnya meja makan dengan material kayu solid menambah kelengkapan acara makan. Pun demikian dengan hanging lamp warna hitam, mempertegas kesan clean look dan juga menjadi penyeimbang dari warna putih. Agar terlihat lebih hidup, kalian bisa menghadirkan kesegaran dari tanaman hias indoor dalam pot, serta hiasan meja berupa vas bunga transparan dengan jala sebagai aksen dekorasi.

3. Pemilihan material dan furnitur yang tepat membuat suasana jadi hangat

Source: Fabelio Projects

Keakraban di ruang keluarga dapat dihadirkan dengan vinyl sebagai flooring yang menimbulkan kesan hangat. Desain rumah minimalis menggunakan warna yang natural juga mudah dipadukan dengan L sofa warna apa pun. Penggunaan L sofa yang “melanggar aturan” karena tidak ditaruh di sudut ruangan bisa tampak manis dengan hadirnya side table unik berbentuk pentagonal. Kesan santai timbul dengan adanya sofa recliner di ujung ruang yang sempurna untuk bermain game, rehat sejenak, bahkan untuk tidur karena adjustable untuk disetel dalam mode berbaring.


4. Pouf atau bantal santai yang dapat digunakan untuk rileks

Meletakkan pouf atau bantal duduk di ruang keluarga bisa jadi ornamen sempurna untuk menjadikan desain interior rumah lebih asyik. Desain rumah minimalis yang dihias menggunakan dekorasi yang fungsional seperti pouf, dijamin akan membuat kalian semakin betah berlama-lama menikmati quality time di ruang ini bersama keluarga. Pastikan kalian memilih pouf dengan warna yang padu dengan komposisi ruangan ya.

5. Sofabed untuk desain interior rumah yang bikin kalian gak mau pindah

Menggunakan sofa bed sebagai dekorasi yang cocok untuk desain interior rumah minimalis dapat memberikan suasana rileks. Furnitur multifungsi ini sangat tepat menghiasi ruang keluarga, terutama bagi kalian yang punya ruangan dengan ukuran tidak terlalu luas. Poin penting dalam melakukan desain rumah minimalis dan penataan ruangan adalah memaksimalkan fungsi hunian dan perabotan, salah satunya dengan memilih furnitur serbaguna.

6. Desain interior rumah minimalis untuk kamar tidur

Source: Fabelio Projects

Warna putih pada desain rumah minimalis akan membawa ketenangan saat di ruang tidur. Tidak perlu banyak hiasan, kalian bisa tetap tidur nyaman sekaligus memiliki tampilan kamar tidur yang menawan. Minimalis memang memberikan tampilan interior rumah yang manis. Tambahkan beberapa bantal dengan cover yang memiliki motif unik seperti tribal atau abstrak dari campuran beberapa warna. Jangan lupa selimut dengan warna yang berbeda dengan putih, agar kesan hangat bisa didapatkan saat terlelap dalam mimpi. Agar desain interior kamar tidak tampak terlalu monoton, maka bangkitkan mood pada ruang tempat tidur dengan lampu hias yang dirangkai di sekeliling dinding. Sertakan juga momen bahagiamu dalam foto cetak dari polaroid yang digantungkan dengan jepitan kayu agar aksen naturalnya tetap terjaga.


7. Desain interior kamar tidur ala Skandinavia

Source: Fabelio Projects

Interior rumah pada kamar tidur haruslah dibuat senyaman mungkin. Karena hampir sepertiga waktu dalam sehari dihabiskan untuk beristirahat, maka desain interior yang membuat tidur nyenyak menjadi faktor penting. Desain rumah minimalis terutama pada tempat tidur dapat terinspirasi dari gaya Skandinavia. Ciri khas yang sangat kental terlihat pada lantai yang menggunakan material kayu. Desain rumah ala Skandinavia terinspirasi dari alam sehingga banyak menggunakan material yang eco-friendly. Nuansa alam bisa kalian tonjolkan dengan adanya tanaman hias dalam pot serta tanaman hias yang digantungkan di bingkai tempat tidur. Rumah minimalis ala Skandinavia terkenal dengan tampilannya yang bersih serta tidak banyak dekorasi namun tetap bisa terlihat estetik. Penggunaan furnitur pada desain interior rumah minimalis cukup membutuhkan kamar tidur dan sepasang side table dengan mengusung gaya minimalis.

8. Nuansa tropis pada ruang tidur minimalis

Source: Fabelio Projects

Suasana segar dan fresh layaknya liburan setiap hari bisa kalian datangkan dengan desain rumah minimalis tropis. Interior rumah dengan gaya tropis cocok diterapkan di Indonesia karena cuacanya yang mendukung. Memberikan nuansa desain rumah yang ramah lingkungan dapat tercipta dengan furnitur yang terbuat dari material alam, seperti kayu tropis dengan lapisan cat khusus kayu untuk tampilan yang lebih cantik. Kalian dapat menggunakan warna yang mendukung untuk desain rumah minimalis gaya tropis dengan memadukan warna cerah seperti oranye, biru tua, biru laut, hijau, atau perpaduan biru dan hijau seperti warna tosca. Flooring pada desain rumah tropis cocok jika menggunakan warna coklat muda seperti pasir atau warna tanah liat seperti terracota.

9. Meja kerja di ruang tidur, solusi untuk kamar sempit

Source: Fabelio Projects

Tidak punya ruang kerja pribadi di rumah? Rasanya tidak masalah. Menempatkan ruang kerja di kamar bisa menjadi hal yang menyenangkan, lho. Kalian dapat menciptakan ilusi pada interior rumah antara ruang kerja dengan tempat tidur supaya terlihat terpisah. Gunakan curtain dengan motif yang kalian suka atau pisahkan saja dengan furnitur yang ada di kamar seperti lemari.

Jika memang tidak ada space untuk menaruh meja kerja, ciptakan saja meja melayang dan pasangkan dengan dinding kamar. Sempitnya ruang kamar ternyata bisa memunculkan ide kreatif. Namun usahakan jangan menyimpan barang pada meja melayang ini, ya. Simpanlah barang-barang tersebut pada rak khusus atau bisa menambahkan beberapa layer rak melayang untuk menaruh alat tulis atau perlengkapan kantor lainnya.

10. Memaksimalkan fungsi dinding dengan pegboard

Source: Fabelio Projects


Dinding adalah salah satu tempat yang bisa dimaksimalkan dari segi desain interior rumah tanpa harus memperluas ruangan. Hal ini juga bisa kalian terapkan jika ingin membuat ruang kerja pribadi di dalam kamar tidur. Agar desain kamar tidur dengan ruang kerja menjadi lebih segar dan penuh dengan energi, kalian dapat memolesnya dengan warna pembangkit semangat seperti perpaduan antara tosca dan krem, atau warna merah dengan biru. Gabungkan dengan beberapa warna natural agar menjadi indah, atau bisa juga menciptakan desain kamar tidur dengan ruang kerja menggunakan hiasan dinding dengan tema pop art agar produktivitas kerja semakin meningkat.

Alternatif lainnya kalian bisa menggunakan pegboard untuk mempercantik desain interior rumah minimalis. Pegboard bakal bisa bikin kamar kalian jadi lebih rapi, apalagi bagi yang punya barang banyak, tentu akan lebih mudah untuk dicari. Sebenarnya penggunaan pegboard untuk desain interior rumah tidak hanya bisa ditaruh di kamar tidur saja. Kalian bisa meletakkan pegboard sebagai organizer di ruang tamu, bahkan di dapur untuk menata beragam bumbu dapur.