Inspirasi Desain Rumah Kaca Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Kaca Minimalis
Share this article to:

Saat membahas rumah minimalis, material kaca tidak dapat dielakkan. Material yang kerap digunakan sebagai jendela ini mampu membuat rumah minimalis terlihat lebih estetik, modern, bersih, dan juga lapang. Selain itu, penghuninya bisa leluasa menikmati pemandangan di luar rumah serta menghemat lampu di siang hari. Tapi, ada juga pemilik rumah yang menggunakan kaca sebagai dinding bahkan atap. Tidak tanggung-tanggung, jadilah sebuah rumah kaca minimalis.

Tertarik untuk mendirikan rumah kaca minimalis seperti milik orang lain? Kalau begitu, simak dulu inspirasi desain rumah kaca minimalis berikut!

Model Rumah Kaca Tanpa Tembok

via Divisare

Inspirasi yang pertama ini memiliki dinding kaca di setiap sisinya. Hampir tidak ada tembok kecuali di bagian dalam rumah, khususnya kamar mandi. Rumah kaca minimalis ini berbentuk persegi panjang dan luasnya standar. Namun kesannya sangat lapang berkat dinding kaca. Para penghuni pun bisa menikmati pemandangan indah dari segala sudut. Sayangnya, model rumah kaca seperti ini kurang cocok dibangun di pusat kota karena minim privasi dan rawan tindak kejahatan.

Rumah Minimalis Kaca Sudut

via Dezeen

Biasanya jendela dibuat pada satu bidang dinding saja. Tampilannya sudah terlalu mainstream. Coba deh, tiru desain rumah minimalis kaca sudut seperti ini. Posisi jendelanya ada pada dua bidang dinding. Bagian ujungnya saling bertemu di sudut bangunan. Spot rumah kaca minimalis ini akan semakin sempurna jika kamu menambahkan area duduk. Baik itu untuk membaca buku atau sekadar bersantai.

Model Rumah Kaca pada Sebagian Atap dan Dinding

via Interior Design Ideas

Kalau sebelumnya ada rumah minimalis kaca sudut pada bagian dinding, kali ini posisi sudutnya ada di antara atap dan dinding. Kesannya sangat unik dan mencengangkan, seakan-akan bagian rumah ‘dicomot’. Desain rumah kaca minimalis ini memungkinkan penghuni rumah mendapatkan cahaya matahari sebagai penerangan. Saat membuat rumah minimalis kaca sudut ini, sesuaikan posisi kaca dengan arah datang sinar matahari di siang hari.

Rumah Kaca Minimalis dengan Skylight

via SRJWindows

Para penikmat bintang wajib menempatkan inspirasi desain rumah kaca minimalis ini di posisi teratas. Bagian atapnya menggunakan kaca atau biasa disebut sebagai skylight. Untuk skylight bentuk segitiga, pastikan rangka besinya kuat. Dengan demikian atap tidak mudah rubuh. Gunakan kaca film pada area skylight untuk menghalau sinar matahari yang berlebihan. Model rumah kaca seperti ini juga cocok dijadikan inspirasi sunroom untuk para penggemar sunbathing.

Rumah Kaca Minimalis Serba Putih

via Pinterest

Siapa bilang putih itu membosankan? Buktinya rumah kaca minimalis serba putih ini terlihat unik.  Dari segi arsitektur, bangunannya dibuat bagaikan sususan kotak. Jendela masing-masing lantai menghadap ke arah yang berbeda. Khusus lantai bawah model rumah kaca minimalis, jendela difungsikan juga sebagai pintu. Cara membuka pintu jendela ini digeser supaya tidak terasa berat dan mengurangi resiko kaca pecah.

Rumah Kaca Minimalis Ala Mediterania

via Decor24Online

Penggunaan material kaca kerap menciptakan kesan yang dingin. Bagi kamu yang ingin mendapatkan suasana hangat, buatlah rumah kaca minimalis ala Mediterania dengan perpaduan material alami. Jendela dan pintu kacanya dibuat dalam ukuran besar. Bagian pilar dilapisi batu alam, sedangkan area teras menggunakan kayu.

Apakah kamu berhasil menemukan desain rumah kaca minimalis idaman pada inspirasi di atas? Apa pun pilihanmu, pastikan privasi penghuni rumah tetap terjaga. Kamu bisa menggunakan tirai atau kaca film untuk menghalau pandangan orang asing ke dalam rumah.