Fabelio Blog Logo

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Idaman Keluarga Kecil

inspirasi desain rumah minimalis
Share this article to:

Desain rumah minimalis kini semakin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan muda yang baru memiliki keluarga kecil. Selain banyaknya keuntungan rumah minimalis yang bisa didapatkan, suasana tenang, nyaman, dan sederhana yang dimiliki oleh rumah minimalis juga membuatnya semakin digemari.

Sedikit mengulas sejarah, desain rumah minimalis ternyata memang mulai berkembang di tahun 1980-an dengan mengadaptasi konsep rumah Zen dari Jepang. Zen yang memiliki arti ketenangan menjadi konsep dasar bangunan minimalis yang kemudian berkembang semakin luas dan kini menjadi salah satu primadona desain hunian. 

Untuk menerapkannya, kamu bisa melihat beberapa inspirasi desain rumah minimalis yang kami rangkumkan khusus untukmu berikut ini!

Denah Rumah Fungsional

via Pinterest.com

Bicara mengenai desain rumah pasti tak jauh-jauh dari denah rumah. Hal yang satu ini menjadi penting, khususnya pada desain rumah minimalis, karena kamu harus bisa membuat denah rumah yang fungsional. Lahan yang sempit pada rumah minimalis harus bisa kamu manfaatkan dengan baik. Untuk mengatasi lahan yang sempit, kamu bisa membuat denah rumah minimalis dengan 2 lantai.

Buatlah denah dengan memaksimalkan sebaik mungkin lahan yang tersedia pada rumah minimalis. Kalau kamu tidak ingin terlalu repot membuat denah rumah minimalis, atau merasa ragu, kamu bisa konsultasikan desain rumah minimalis yang telah kamu buat pada jasa desain interior. 

Desain Rumah Minimalis dengan Furnitur Sederhana

via Pinterest.com

Memilih furnitur untuk rumah minimalis sebenarnya tidak terlalu sulit namun cukup tricky. Kamu harus bisa memilih furnitur berdasarkan fungsi agar tak banyak furnitur yang menganggur dan hanya memakan tempat saja di rumahmu. Furnitur dengan warna-warna netral juga sangat cocok untuk desain rumah minimalis. 

Selain fungsi dan warna, penataan furnitur pada rumah minimalis juga memegang peranan penting. Salah menata, ruanganmu justru akan terasa semakin sempit dan membuatmu tidak leluasa dalam bergerak.

Taman Minimalis Untuk Earthing

via Archdaily.com

Agar desain rumah minimalis yang kamu miliki semakin tenang dan nyaman, menghadirkan taman kecil bisa kamu jadikan opsi. Kamu bisa memilih ingin membuat taman basah atau taman kering di rumah minimalismu.

Desain rumah minimalis dengan taman kecil ini juga dapat memberikan nuansa yang berbeda pada rumahmu. Warna hijau yang segar bisa membuat momen earthing-mu semakin menenangkan. Beberapa furnitur outdoor seperti kursi santai plastik dan meja kayu juga bisa kamu letakkan di taman rumah minimalismu. 

Menyempurnakan Desain dengan Warna Cat Minimalis

via Pinterest.com

Hal yang tidak kalah penting pada desain rumah minimalis adalah pemilihan warna cat. Tak melulu harus menggunakan warna-warna pastel yang kalem pada rumah minimalis, kamu juga bisa kok mengaplikasikan warna-warna cerah atau bahkan bold. Tapi kamu harus bisa mengombinasikan warna cat rumah minimalis dengan tepat, ya!

Itulah beberapa inspirasi desain rumah minimalis yang bisa kamu contoh dan aplikasikan di rumahmu! Lihat juga, ya, inspirasi lainnya di blog Fabelio!