Fabelio Blog Logo

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 7 Jenis Kasur yang Wajib Kamu Ketahui

jenis-jenis kasur terbaru
Share this article to:

Selain suasana kamar tidur yang nyaman dan tenang, ada hal lainnya yang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas, lho! Yap, kasur! Kasur menjadi hal yang sangat esensial pada kamar tidur, terlebih kasur tak hanya berfungsi untuk tidur saja, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di kasur seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan bahkan menghitung tagihan kartu kredit.

Kasur

Tak boleh sembarangan, kamu harus tahu jenis kasur apa yang cocok untuk kebutuhanmu, mulai dari harganya, material pembuatnya, hingga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja sih tipe-tipe atau jenis kasur yang bisa kamu pilih?

1. Kasur Busa atau Foam

Via pinterest.com

Tipe kasur yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, juga karena kasur busa atau foam terbuat dari material busa dengan berbagai ketebalan yang bisa mengikuti tekanan tubuh dengan baik. Kasur busa atau foam juga dilapisi dengan kain penutup yang membuatnya semakin nyaman ketika digunakan. 

Kasur busa atau foam berkualitas tinggi memiliki pori-pori busa yang rapat, sehingga teksturnya tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Namun ada satu kekurangan dari kasur busa atau foam yang mungkin bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Kasur busa atau foam mudah kendur atau mengempis jika mendapat tekanan yang terlalu besar dengan intensitas yang sering.

2. Kasur Spring Bed

Via pinterest.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan kasur spring bed. Salah satu yang membuat kasur spring bed banyak digunakan adalah karena terdapat pegas di dalamnya, sehingga kasur spring bed dapat memberikan rasa nyaman yang luar biasa ketika digunakan. Kasur spring bed juga menjadi favorit orang tua untuk diletakkan di kamar anak. Ini karena pegas di dalam kasur spring bed membuat anak-anak bisa meloncat-loncat ceria di atasnya.

Umumnya, kasur spring bed memiliki 2 jenis yang sering dijual di pasaran, yakni innerspring dan hybrid. Kasur spring bed hybrid memiliki lapisan foam di dalamnya sementara innerspring tidak. Harga kasur spring bed hybrid juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan innerspring.

3. Kasur Kapuk

Via google.com

Wah, kalau jenis kasur yang satu ini pasti sering sekali kamu lihat di toko-toko kasur ataupun di penjual kasur keliling. Ialah kasur kapuk! Dari zaman dulu sampai sekarang, kasur kapuk masih sering digunakan, terlebih oleh masyarakat Indonesia. Ciri khas kasur ini adalah warnanya yang cerah yakni pink atau biru dengan motif garis-garis putih. Harganya yang murah menjadi salah satu alasan mengapa kasur kapuk dicintai banyak orang.

Namun untuk menjaga agar kasur kapuk tetap empuk dan nyaman digunakan, kamu harus sering mengganti kapuk di dalamnya dan menjemurnya. Jika tidak, kasur kapuk akan mengempis dan sakit jika digunakan.

4. Kasur Latex

Via pinterest.com

Nah, kalau jenis kasur yang satu ini merupakan salah satu yang paling baru di dunia per-kasur-an. Kasur latex terbuat dari karet alami yang tidak menyebabkan alergi kulit, sehingga sangat nyaman digunakan dan tentunya membuat kualitas tidur lebih baik. Selain itu, kasur latex juga sangat direkomendasi untuk kamu yang memiliki sakit punggung. Ini karena kasur latex mampu mengikuti postur tubuhmu dengan baik.

Hal lainnya yang membuat kasur latex menjadi favorit banyak orang adalah karena jenis kasur ini jarang sekali dihinggapi tungau atau kutu kasur. Tapi bukan berarti kamu nggak perlu membersihkannya ya, tetap harus rutin dibersihkan. Fabelio juga punya seri kasur latex, lho, yakni Kasur Fabelio Cloud.

5. Kasur Memory Foam

Via pinterest.com

Memory foam adalah jenis kasur yang harganya cukup mahal, tentunya karena kualitas dan tingkat kenyamanannya yang tinggi. Jenis kasur yang dirancang oleh NASA ini dapat mengikuti tekanan tubuh lebih baik dari kasur busa atau foam. Kasur memory foam juga dapat mengikuti postur tubuh dengan sempurna. Selain itu, kasur memory foam cocok untuk digunakan bagi para penderita penyakit punggung, karena jenis kasur ini dapat menyebarkan berat tubuhmu secara merata.

Jika kamu ingin menggunakan kasur memory foam, kamu harus menempatkannya di tempat yang sejuk. Karena kasur ini bersifat panas dan bisa membuatmu gerah jika digunakan pada ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik.

6. Kasur Cloud atau Cloud Matras

Via fabelio

Kasur cloud atau cloud mattress merupakan jenis kasur eksklusif yang dimiliki oleh Fabelio. Kasur cloud atau cloud matras terbuat dari kombinasi material latex dan busa atau foam yang berkualitas. Jenis kasur ini menjadi jenis kasur andalan di Fabelio karena dilapisi dengan latex setebal 1,5 cm dan super soft foam setebal 3 cm pada lapisan atasnya, sehingga mampu mengikuti lekuk tubuhmu dengan optimal.

Tak hanya itu, di bagian dalamnya terdapat material regular comfy foam setebal 20,5 cm yang akan menopang tubuhmu dengan sangat baik dan memberikan kenyamanan maksimal ketika digunakan.

7. Kasur Hybrid atau Hybrid Matras

Via fabelio

Tak hanya kasur cloud atau cloud matras, Fabelio juga memiliki seri kasur pegas yakni hybrid mattress. Jenis kasur ini mengombinasikan material pegas besi berulir anti korosif dengan material PU foam berkualitas premium. Di bagian atasnya, kasur hybrid atau hybrid matras ini dilapisi dengan super soft foam dan plain knitted fabric yang sangat lembut, sejuk, dan nyaman. 

Tenang saja, meskipun terbuat dari pegas besi, kasur ini tidak berisik kok. Ini karena kasur hybrid atau hybrid matras memiliki 3 zona pendukung dan 3 zona inti dengan fungsi berbeda. 

Wah, ternyata banyak ya jenis kasurnya. Kalau seperti ini, kamu pasti jadi bingung memilihnya. Eits jangan bingung! Fabelio punya banyak jenis kasur atau matras yang bisa kamu pilih. Selain cloud matras dan hybrid matras, Fabelio juga memiliki jenis kasur busa yakni Fabelio Cirrus Matras, dan Fabelio Essential Matras. Agar tidak salah pilih, lihat koleksi lengkap kasur dan matras Fabelio!