4 Jenis Kursi Tamu Cocok Untuk Desain Rumahmu

kursi tamu minimalis
Share this article to:

Salah satu jenis furniture yang bersifat fungsional tentunya adalah kursi. Setiap rumah pasti memiliki sebuah rumah. Kursi tidak harus memiliki bentuk yang monoton, sehingga tidak heran jika banyak sekali macam model dan bentuk kursi yang bisa dipilih untuk rumah Anda. Biasanya model dan bentuk kursi sangat erat dengan fungsi dan kegunaan kursi tersebut. Meskipun demikian, kursi juga memiliki nama dan sebutannya masing-masing berdasarkan jenisnya. Tahukah Anda, apa saja macam-macam jenis kursi yang dapat Anda pilih? Simak berikut jenis kursi berdasarkan model dan bentuknya.

1. Side Chair

Kursi tunggal ini hanya memiliki sandaran punggung tanpa sandaran tangan. Bentuknya yang standar dan kasual tentu jenis ini bisa digunakan untuk beragam ruangan dan aktivitas. Biasanya kursi jenis ini banyak di letakkan di ruang kerja, teras, dapur, hingga ruang makan. Kursi ini memiliki bobot yang tidak begitu berat. Hal ini karena sifatnya yang mudah diangkat dan diletakkan dimana saja, sangat fleksibel. Dining chair atau kursi makan Jenis ini digunakkan untuk ruang makan. Secara bentuk dan tampilan, dining chair hampir mirip dengan side chair. Perbedaanya hanyalah kegunaannya, dimana jenis kursi ini memang dikhususkan untuk ruang makan. Jika Anda membeli satu set meja makan, tentunya Anda juga akan mendapatkan kursi ini. Selain itu, dari segi bentuk kursi ini memiliki permukaan duduk yang lebih datar dengan sandaran untuk punggung yang lebih tinggi dan tegak. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kenyamanan saat Anda makan.

2. Armchair

Armchair termasuk dalam jenis kursi tunggal. Bila jenis side chair tidak memiliki sandaran tangan, namun berbeda halnya dengan jenis kursi ini yang memiliki sandaran tangan di sebelah kiri dan kanan. Kursi ini bisa digunakan sebagai kursi tamu, kursi santai sehingga bisa digunakan untuk kursi kerja. Hal ini karena jenis kursi ini memiliki banyak fungsi dan sangat cocok bila diletakkan di ruang kerja, ruang tamu, atau diletakkan di kamar saja. Karena memiliki sandaran tangan, tidak memungkiri jika jenis ini memiliki kenyamanan bagi siapapun yang menggunakannya.

3. Sofa

Jenis kursi ini memiliki tempat duduk yang panjang dengan sandaran belakang dan tangan di bagian ujung kiri dan kanan pada kursi. Namun, jika Anda tidak menyukai kursi dengan sandaran tangan, ada pula jenis sofa yang tidak memiliki sandaran seperti itu. Jenis sofa memiliki lapisan busa yang tebal dan lembut yang langsung menjadi satu dengan rangka konstruksi kursinya. Tapi ada juga yang terpisah. Salah satunya seperti jenis kursi dengan tampilan kayu. Sofa memiliki ukuran yang sangat beragam sehingga bisa dipilih. Meskipun demikian, lebar sofa umumnya bisa diduduki untuk tiga orang saja. Kapasitas yang mencukupi, tidak heran jika kebanyakan jenis sofa akan digunakan untuk orang banyak sehingga sangat cocok digunakan di ruang tamu maupun keluarga.

4. Lounge Chair

Kursi ini biasa digunakan untuk bersantai, tidak heran banyak yang menyebutnya sebagai kursi santai. Jenis launge chair memiliki dudukan yang lebih rendah dan panjang ke belakang, serta sandaran yang tidak terlalu tegak sehingga memungkinkan Anda untuk duduk lebih santai dan bisa rebahan. Hal ini lah yang membuat jenis kursi ini bisa menciptakan perasaan santai dan rileks. Kursi ini sangat cocok untuk bersantai di lounge atau bisa juga diletakkan di teras sekitar taman.