Jenis Meja TV yang Pas untuk Berbagai Tampilan Rumah

Jenis meja tv yang pas untuk berbagai tampilan rumah.

Setiap hunian akan terasa ramai jika para penghuninya kerap berkumpul. Apalagi saat berkumpul di ruang keluarga dan melakukan aktivitas bersama, contohnya menikmati acara tv.

Tv di ruang keluarga biasanya diletakkan pada meja tv atau rak tv. Meja TV atau yang sering disebut dengan credenza fungsinya saat ini bukan hanya untuk menonton tv saja.

Rumah akan semakin seru dengan hadirnya lemari tv berkualitas di tengah ruangan keluarga. Kehadiran lemari tv minimalis dapat melengkapi kebutuhan keluarga kalian dengan desainnya yang sederhana tapi elegan. Suasana ramai dan seru juga dapat dibawa dalam ruang keluarga saat sedang menyaksikan film favorit atau acara tv kesayangan keluarga.

meja tv model minimalis

Source: Pinterest 

Tak ubahnya keluarga, kalian yang masih tinggal sendiri juga berhak menikmati kenyamanan untuk beristirahat dengan bersantai sejenak menikmati tayangan dan suguhan menarik dari tv atau film favorit.

Momen menonton tv juga tidak akan lengkap tanpa ditemani dengan satu set sofa duduk. Aktivitas menonton dapat berlangsung dengan seru karena akan semakin nyaman duduk di sofa dan menikmati tayangan yang ada di tv yang sedang berlangsung.

Agar acara nonton tv semakin seru, berikut adalah beberapa hal penting mengenai serba serbi rak tv atau meja tv yang akan diulas spesial untuk kalian.

Tips memilih meja tv yang sesuai dengan tampilan rumah

1. Ingat ukuran ruangan

meja tv sesuai ruangan

Source: Pinterest 

Sebelum membeli lemari tv, coba ingat-ingat terlebih dahulu, berapa luas ruangan yang ingin diisi meja tv.

Kalau perlu, kalian bisa mengukur luas ruangan terlebih dahulu sebelum membeli rak tv minimalis. Setelah itu, kalian dapat memilih meja tv minimalis yang sekiranya cocok jika ditempatkan di ruangan tempat tinggal kalian.

Usahakan agar maksimal panjang atau lebarnya mencukupi dari ½ (setengah) panjang atau lebar ruangan sehingga masih ada space untuk jeda.

Perkirakan pula meja tersebut akan ditaruh di bagian mana dalam sebuah ruangan. Apakah di sudut atau di tengah ruangan. Perhitungkan juga kebutuhan barang yang akan disimpan dalam meja tv minimalis selain televisi. Apakah barang yang disimpan itu sedikit, atau cukup banyak. Jika cukup banyak, maka pilihlah rak tv minimalis yang memiliki banyak partisi.

Fungsi dari meja tv biasanya berhubungan dengan ukuran furnitur. Jika meja tv berukuran kecil, maka hanya bisa digunakan untuk menaruh tv atau perabotan elektronik saja. Lain halnya dengan meja tv minimalis yang memiliki banyak partisi atau sekat. Kalian dapat menyimpan majalah, koleksi kaset lawas kesayangan, bahkan menaruh dekorasi ruangan di atas rak tv.

Tips dalam memilih rak tv sebaiknya yang memiliki kisi-kisi pada pintu credenza. Ini dimaksudkan untuk mempermudah aliran udara keluar masuk untuk menjaga barang yang ada di dalam. Jika meja tv atau rak tv tidak memiliki lubang untuk aliran udara, maka barang yang ada di dalamnya akan mudah lembab dan akan lebih cepat ditumbuhi jamur. 

2. Pilih rak tv dengan kualitas material yang mumpuni

rak tv berkualitas

Source: Pinterest 

Jenis meja tv terutama yang minimalis rata-rata terbuat dari kayu. Kayu solid adalah bahan terbaik dalam membuat rak tv minimalis. Kualitas kayu solid sangat baik dan daya tahannya kuat sehingga harganya relatif lebih mahal dibandingkan furnitur menggunakan bahan baku selain kayu solid.

Akan tetapi, demi keawetan barang, tentu kalian tidak mau kan jika harus sering beli meja tv minimalis? Padahal membeli furnitur dengan kualitas yang premium adalah salah satu investasi jangka panjang.

Alternatif lain material dalam membuat jenis meja tv adalah plywood dengan dilapisi veneer kayu jati atau sungkai. Harga plywood memang tidak semahal kayu solid, akan tetapi kualitasnya jangan diragukan.

Furnitur dengan bahan kayu akan memberi kesan minimalis dalam rumah. Dengan finishing yang natural dann sentuhan kayu alami tentu akan lebih menghangatkan ruang keluarga kalian.

Agar tampilan lebih elegan, jenis meja tv yang dapat kalian pilih adalah menggunakan bahan baku MDF (Medium Density Fibreboard) dengan finishing PVC lamination. Kombinasinya dengan kaca biasanya akan memberi kesan ruangan yang sangat modern dan praktis. Jenis meja tv minimalis dengan bahan baku MDF memiliki harga yang tidak semahal furnitur dengan bahan baku kayu solid. Kelebihannya adalah, meja tv dengan bahan baku MDF lebih bisa dikreasikan karena dapat dibongkar pasang.

Buat acara menonton lebih asyik dengan 3 ide menata rak tv berikut ini

menata rak tv

Source: Pinterest 

1. Kalian dapat menambahkan tanaman hias dalam rumah. Beberapa tanaman indoor yang kini menjadi hiasan dalam rumah serta kekinian adalah kaktus dan succulent.

Bentuknya yang kecil, pot dekorasi yang lucu dan unik, serta perawatannya yang mudah membuat tanaman ini disukai banyak orang. Harganya juga tidak terlalu mahal sehingga kalian dapat membeli tanaman hias lebih dari satu buah untuk ditaruh di beberapa ruang atau lokasi lain di dalam rumah.

meja tv di ruangan kecil

Source: Pinterest 

2. Mempercantik ruangan bisa diisi dengan dekorasi ruang. Begitu pula untuk mempercantik tampilan meja tv. Kalian bisa menghiasnya dengan table runner. Gunakan table runner dengan warna yang cocok dipadukan dengan warna rak tv minimalis.

Kalian juga bisa lho menjadikan rak tv sebagai point of view atau yang menarik perhatian dari ruang keluarga. Caranya adalah dengan menghias menggunakan table runner dengan warna yang kontras dengan rak meja, tetapi masih selaras jika dikombinasikan dengan komposisi ruangan yang ada. Cara ini dapat dicoba jika kalian berani untuk berekspresi dalam menciptakan ruangan yang seru.

rak tv model minimalis

Source: Pinterest 

3. Jika kalian memasang foto dengan frame dan diletakkan di atas lemari tv minimalis, maka sudah saatnya sekarang untuk mengganti frame tersebut dengan frame gantung. Hiasan atau foto yang digantung dan menempel di dinding, akan menambah kesan estetik. Hal ini juga sekaligus menghemat tempat di rak tv lho sehingga kalian bisa menaruh beberapa barang lain di rak tv. Akan tetapi, perlu diingat, jangan meletakkan barang atau dekorasi rumah terlalu banyak di atas meja tv karena justru akan membuat ruang terasa sumpek dan tidak sedap untuk dipandang.

Pentingnya memilih meja tv minimalis

1. Meja tv minimalis desainnya cocok dipadukan dengan mebel apa pun

memilih model meja tv minimalis

Source: Fabelio

Keuntungan jika kalian memilih meja tv minimalis sebagai alas untuk menaruh tv atau peralatan elektronik adalah sifatnya yang fleksibel. Apa pun preferensi kalian, baik itu modern, atau klasik, kalian tetap bisa menampilkan desain ruangan modern atau desain ruangan klasik menggunakan rak tv minimalis.

Tampilan klasik pada ruangan dapat muncul dari kehadiran lemari tv minimalis yang dipadukan dengan table runner dengan motif etnik atau tradisional.

Jika kalian lebih menyukai tampilan yang modern, maka tinggal tambahkan saja dekorasi sebagai penghias rak tv minimalis, contohnya saja adalah tanaman hias indoor.

2. Rak tv minimalis desainnya serbaguna

rak tv minimalis

Source: Fabelio

Desain rak tv minimalis pada umumnya banyak terdapat partisi atau sekat kabinet. Guna dari partisi ini adalah sebagai tempat penyimpanan. Kalian tak perlu lagi membeli rak khusus sebagai tempat menyimpan koleksi majalah, buku, atau barang yang lainnya. Taruh saja barang-barang tersebut di credenza atau rak tv minimalis yang multifungsi. Pajangan foto keluarga juga bisa sekaligus kalian letakkan di meja tv sebagai hiasan lho. Dengan begitu, kalian tidak perlu ribet untuk menaruh paku-paku sebagai gantungan frame untuk foto keluarga.

3. Lemari tv minimalis akan lebih hemat tempat

model meja tv ruang keluarga

Source: Fabelio

Namanya juga meja tv minimalis, sudah pasti ukurannya juga disesuaikan dengan barang yang ingin disimpan. Ukuran meja ini biasanya tidak terlalu besar namun tetap cukup menampung barang-barang. Kalian yang memiliki ruang televisi atau ruang keluarga yang tidak luas juga tidak perlu khawatir karena dengan memiliki rak tv minimalis dijamin tidak akan membuat ruanganmu menjadi sempit.

4. Rak tv minimalis sangat mudah perawatannya

meja tv

Source: Fabelio

Kelebihan membeli meja tv minimalis adalah dari segi perawatannya yang tidak ribet. Kalian dapat membersihkan lemari tv minimalis dengan kain microfiber dan cuci kering. Setelah itu lap meja menggunakan kain lembab dengan mengikuti arah alur kayu.

Untuk membuatnya tampak lebih mengkilap dan bersih, kalian dapat membersihkan meja tv dengan bahan kayu solid mengunakan minyak kayu. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kayu ke seluruh permukaan meja tv.

Minyak kayu ini selain membuat tampilan menjadi bersih, akan membuat furnitur lebih tahan lama, melindungi dari sengatan sinar matahari, dan memertahankan kelembaban bahan. Furnitur meja tv minimalis dengan bahan kayu solid tidak perlu dibersihkan sering-sering, cukup lakukan pembersihan selama 3-4 bulan sekali.

5. Meja tv minimalis membuat ruangan tampak lebih luas

meja tv serbaguna

Source: Fabelio

Ruangan yang lebih luas akan dapat tercipta dengan kehadiran meja tv minimalis. Ukurannya yang terkesan “secukupnya” akan memberikan space lebih pada ruangan kalian sehingga akan lebih leluasa untuk bergerak.

Nyaman beraktivitas di ruang keluarga akan menjadikan momen berkumpul bersama menjadi lebih seru. Selain desainnya yang menawarkan kepraktisan, kehadiran meja tv minimalis dapat digunakan untuk mempercantik ruangan dengan menambahkan beberapa dekorasi ruangan.

6. Kualitas terjamin dan harganya terjangkau

Memilih furnitur minimalis artinya memilih untuk menentukan furnitur yang tepat dengan biaya yang tetap hemat. Desain furnitur minimalis sangat sederhana dengan potongan bentuk yang tegas dan biasanya tidak banyak ornamen sehingga biaya untuk pembuatannya juga tidak sebanyak furnitur yang memiliki banyak ornamen. Dengan begitu, kalian bisa menghemat anggaran belanja dan menyisihkannya untuk membeli furnitur dengan fungsi lainnya.

Share: