Kenali Ragam Jenis Gorden Sebelum Membeli

Kenali Ragam Jenis Gorden Sebelum Membeli
Share this article to:

Fungsi gorden jendela pada awalnya adalah menghalau sinar matahari dan menjaga privasi pemilik hunian. Lama-kelamaan fungsi gorden jendela bertambah, yakni sebagai elemen dekorasi interior. Agar kedua fungsi ini dapat dirasakan, pemilihan gorden jendela harus dilakukan dengan seksama. Baik itu dari aspek model, warna, dan materialnya.

Memilih warna dan material tergolong cukup mudah. Cukup disesuaikan dengan desain interior. Tapi kalau sampai salah pilih ragam jenis gorden jendela, kamu akan mendapatkan masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, kenali dulu ragam jenis gorden sebelum membelinya.

Gorden Jendela Model Sheer

via Eiffel

Model gorden jendela yang satu ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahannya putih polos dan tipis. Biasanya gorden jendela ini dipadukan dengan kain lain yang lebih tebal. Model sheer berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam hunian ketika kain yang tebal sedang dibuka. Namun, privasi penghuni tetap terjaga karena pandangan orang asing ke dalam hunian akan terbatas. 

Rod Pocket, Gorden Pintu dan Gorden Jendela

via Alibaba

Jika model gorden jendela umumnya menggunakan pengait dan rel, maka rod pocket ini hanya mengandalkan keliman. Bagian keliman tersebut dihubungkan dengan tiang penyangga. Bentuknya sederhana, tapi sayang sulit digeser. Oleh karena itu model gorden jendela ini kerap diaplikasikan pada jendela yang jarang dibuka. Bisa juga dijadikan gorden pintu karena tidak akan mudah terbuka. Tapi penghuni bisa melewatinya dengan mudah, cukup mengangkatnya saja.

Gorden Jendela Jenis Valances

via The Curtain Shop

Valances merupakan salah satu model gorden jendela yang nilai estetikanya tinggi. Ukurannya hanya seperempat ukuran jendela dan digantungkan pada bagian atas. Fungsinya untuk menutupi batang jendela yang kurang menarik.

Kain yang digunakan untuk gorden jendela valances ini sifatnya bergelombang sehingga jendela akan semakin cantik. Mau pakai kain polos atau bermotif, sama cantiknya. Apabila kamu memiliki hunian bergaya klasik atau vintage, wajib memiliki valances ya.

Model Gorden Jendela Ala Blinds

via iDoFind

Gorden jendela ala blinds identik dengan bukaan ke atas. Secara umum ada 2 jenis blinds, yakni roller blinds dan roman blinds. Jenis roller blinds dibuka-tutup dengan cara menarik sumbu di pinggir jendela. Kain akan otomatis tergulung dengan rapi. Bahan yang digunakan umumnya adalah kanvas dan belacu. Sedangkan jenis roman blinds tidak akan tergulung ketika sumbu ditarik. Melainkan akan membentuk lipatan yang terlihat elegan. 

Bukan Model Gorden Terbaru, Tapi Tetap Populer -  Eyelet

via Linen Fields

Gorden jendela model eyelet memang sudah lama hadir, tapi tetap populer untuk rumah-rumah modern. Ciri khasnya adalah penggunaan ring besi sebagai lubang untuk mengaitkan ke batang jendela. Berkat ring besi ini, gorden jendela jauh lebih mudah digeser. Berbeda dengan model gorden jendela dengan pengait kawat dan besi rel yang kerap tersangkut saat digeser.

Gorden Jendela Pleat

via Loaf

Model gorden jendela yang satu ini fokus pada lipatan pada bagian atas jendela. Lipatan-lipatan tersebut menciptakan kesan gorden yang bertekstur dan elegan. Jenis pleat pun ada banyak. Di antaranya adalah box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Di Indonesia, pich pleated sangat lazim. Biasanya terdiri dari 3 hingga 5 lipatan.

Demikian 6 jenis gorden jendela yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Pengetahuan ini tidak hanya bermanfaat untuk kamu yang sedang mendekorasi hunian baru, tapi juga bisa membantu kamu untuk berkreasi agar gorden bisa membuat tampilan ruangan semakin cantik. Kamu yang mau ganti suasana di dalam hunian, juga bisa mempertimbangkan model gorden jendela tadi.

Untuk inspirasi dekorasi rumah lainnya, yuk baca semua di blog Fabelio!