Fabelio Blog Logo

Mau Punya Rumah Budget Minim? Bangun Rumah Kontainer Aja!

Keuntungan Rumah Kontainer
Share this article to:

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata "kontainer"? Biasanya kontainer di gunakan sebagai tempat untuk melakukan pengiriman ke luar kota sampai ke luar negeri. Nama lain dari kontainer jika di Indonesia adalah peti kemas. Kalau kalian melihat sebuah kontainer di pelabuhan atau di atas truk yang diletakkan bertumpuk, mungkin akan terlihat biasa saja dan tidak enak dilihat. Fungsi dari sebuah kontainer adalah untuk menyimpan barang-barang yang memiliki volume yang besar.

Sstttt… tapi ternyata fungsi dari kontainer bisa berubah seketika menjadi tempat tinggal untuk manusia lho! Hah emang bisa? Tentu bisa dong!

Rumah kontainer merupakan sebuah solusi bagi kalian yang ingin memiliki rumah dengan bentuk yang minimalis dan terlihat sederhana. Bagi sebagian orang memiliki rumah dengan desain yang modern adalah sebuah impian, namun memiliki rumah dengan desain yang sederhana adalah sebuah dambaan.

Kontainer paling banyak digunakan di cafe ataupun restoran yang mengusung konsep industrial. Namun, saat ini kontainer bisa digunakan untuk tempat tinggal yang memiliki keunikan karena memiliki desain yang minimalis.


Sumber: onekingdesign.com


Untuk membuat rumah kontainer tidak harus memiliki budget yang banyak, lho! Kenapa? Karena kalian hanya memodifikasi sedikit dari kontainer, misalnya merubah warna kontainer agar terlihat lebih unik dan berbeda. Modifikasi rumah kontainer bisa dibilang sangat mudah. Dengan memiliki rumah kontainer maka rumah kalian akan terlihat berbeda dari desain rumah lainnya. Ada banyak manfaat jika kalian memiliki rumah dengan menggunakan kontainer. Yuk, simak selengkapnya!

Harga Kontainer yang Terjangkau

Jika kalian berminat untuk membuat rumah dengan sebuah kontainer, maka ini pilihan yang sangat pas. Terutama untuk kalian yang termasuk kedalam generasi millenials, karena ini merupakan solusi membuat rumah yang tidak memerlukan budget yang banyak.

Kalian tidak perlu lagi membeli atap rumah atau bahan-bahan lain untuk membangun rumah seperti biasanya. Hal ini dikarenakan, dengan membeli kontainer sebagai hunian itu sudah termasuk untuk dinding, tembok, dan atap rumah kalian. Saat ini banyak ditemukan tempat penjualan kontainer dengan harga yang terjangkau. Rumah kontainer adalah salah satu solusi untuk menghemat budget membuat sebuah rumah.


Jaora Street Container House in Australia This container home is the biggest of its kind in Australia -- it was made from a whopping 31 shipping containers! The creation from Ziegler Build is three stories high and over 7,500 square feet. #FavoriteContainerHomes

Sumber: containerhomeresource.com


Menghemat Ruang

Memiliki ukuran tanah yang tidak terlalu besar, mengharuskan kalian harus membuat rumah dengan kreatif dan efisien. Dengan kalian memilih untuk membuat rumah kontainer, maka kalian bisa lebih menghemat ruang. Kontainer bisa dibuat dengan memiliki tingkatan ke atas, misalnya dengan rumah kontainer yang terdiri dari 4 lantai, maka dengan begitu rumah kalian pun terlihat lebih luas.


Sumber: pinterest.com


Rumah kontainer itu unik

Siapa yang tidak menginginkan rumah yang unik? Memiliki rumah yang lebih menonjol dan berbeda dari rumah-rumah lainnya adalah suatu keunikan tersendiri. Rumah kontainer menjadi ciri khas karena bentuknya yang kotak-kotak. Kalian bisa memodifikasi rumah kontainer dengan menggabungkan beberapa kontainer.


Sumber: morningchores.com


Tahan Terhadap Bencana

Material dari kontainer adalah besi, sehingga material ini sangat kuat dan tahan dari bencana. Salah satu keuntungan yang bisa kalian dapatkan dapatkan jika memiliki rumah kontainer adalah terjaga keamanannya karena terhindar dari mara bahaya.


Sumber: rockindeco.com


Menciptakan Rumah yang Simple

Rumah kontainer memang sengaja di desain dengan minimalis, sehingga terlihat lebih sederhana. Selain itu, kalian harus memilih furnitur dengan cermat. Kalian bisa menggunakan furnitur yang multifungsional sehingga menimbulkan kesan yang simple.

Sumber: morningchores.com