Macam-macam Desain Meja Belajar Anak

Macam-macam desain meja belajar anak
Share this article to:

Sebagai pelajar, anak-anak akan menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas di rumah. Oleh karena itu, mereka membutuhkan meja belajar yang tepat. Aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja selain ukuran dan materialnya adalah desain meja belajar itu sendiri. 

Kira-kira, model meja belajar seperti apa yang anak butuhkan dan sukai? Kamu mungkin dapat menemukan inspirasinya melalui 7 macam desain meja belajar anak berikut ini!

Model Meja Belajar dengan Sekat

via Home Design Lover

Bagi kamu yang berencana membuat ruang belajar khusus untuk anak-anak, coba gunakan model meja belajar dengan sekat. Desain meja belajar seperti ini akan membuat anak lebih fokus mengerjakan PR dan belajar. Sekat ini juga berfungsi untuk mempertegas batas meja belajar masing-masing anak. Barang-barang pun tidak akan mudah terjatuh ke lantai. 

Masing-masing meja diberi warna yang berbeda sesuai keinginan anak untuk menandai teritorialnya. Cara ini akan membuat ruangan terlihat lebih ceria juga.

Desain Meja Belajar Melayang

via Dhoumm

Untuk ruangan mungil berkonsep modern minimalis, desain meja belajar ini menarik untuk dipertimbangkan. Posisinya melayang dan model meja belajar sangat minimalis. Bagian bawah meja terdapat laci mini untuk menempatkan barang yang sering dipakai. Sedangkan di bagian atas ada lemari untuk menyimpan buku.

Desain meja belajar tanpa kaki ini akan membuat ruangan mungil terlihat lebih luas. Kaki anak pun bebas bergerak karena tidak ada kaki meja yang menghalangi. 

Desain Meja Belajar Lipat

via Pinterest

Desain meja belajar lipat seperti ini dapat menjadi alternatif untuk ruang mungil. Posisinya menempel pada dinding. Pada saat ditutup, tampilannya seperti box. Jika ingin digunakan, cukup buka bagian tutupnya dan jadikan meja.

Ukurannya cukup luas untuk meletakkan laptop dan buku. Bahkan pada bagian dindingnya, terdapat lampu serta rak-rak kecil untuk meletakkan dekorasi dan alat tulis. 

Desain Meja Belajar Minimalis dengan Rak

Meja Kerja Serreson - Rp2.999.000

Peralatan pendukung untuk anak belajar bisa dibilang banyak. Ada alat tulis, tabel belajar, pengeras suara, lampu, notes, buku, dan sebagainya. Supaya tetap rapi dan anak mudah menemukan barang tersebut, gunakan desain meja belajar minimalis dengan rak. 

Model meja belajar ini juga dilengkapi dengan meja dorong. Bisa dimanfaatkan sebagai meja keyboard atau alas menulis. Multifungsi dan ringkas, kan?

Desain Meja Belajar Kembar dengan Papan Tulis

via Design Cafe

Berikutnya ada desain meja belajar untuk si kembar. Model meja belajarnya terhubung jadi satu dengan pembatas berupa lemari di bagian bawah. Poin utama pada desain meja belajar ini adalah papan tulis yang menjadi latar belakang. Papan tulis dapat digunakan untuk mencatat hal penting atau daftar pekerjaan yang wajib diselesaikan. Mau dijadikan area coret-coret untuk sekadar hiasan juga keren!

Desain Meja Belajar Bentuk L

via Young Parents

Apabila ruang belajar anak berukuran besar, tidak ada salahnya menggunakan desain meja belajar bentuk L. Model meja seperti ini memungkinkan anak untuk memiliki banyak area belajar. Sisi kanan untuk membuka laptop. Sedangkan sisi kiri untuk menulis dan menggambar. Kombinasikan desain meja belajar ini dengan kursi beroda untuk memudahkan pergerakan anak.

Desain Meja Belajar Super Minimalis

via Amazon

Desain meja belajar super minimalis seperti ini tengah populer. Ya, benar-benar meja yang dibuat dengan rangka besi dan permukaan kayu. Desainnya minimalis, area permukaannya luas, mudah dibersihkan, dan mudah dipadukan dengan dekorasi apa pun. Model meja belajar ini cocok untuk anak yang anti ribet dan menyukai kesederhanaan.

Demikian 7 macam desain meja belajar anak. Sudah mendiskusikan dengan anak terkait kebutuhannya? Kalau begitu, kamu bisa mulai mencari meja belajar di sejumlah toko, termasuk Fabelio