Manfaat Roof Garden Untuk Rumah

manfaat-roof-garden
Share this article to:

Selain dekorasi interior rumah kalian juga harus mendekorasi lahan seperti teras dan pekarangan rumah. Tetapi pernah terfikir untuk mendekorasi atap rumah? Kalian dapat mendekorasi atap rumah sebagai fungsi penghijauan untuk rumah. Roof Garden atau yang biasa disebut dengan taman atap rumah cukup dikenal karena fungsinya sebagai lahan terbuka hijau. Apabila rumah kalian tidak mencukupi untuk menanam tanaman atau sebagai penghijauan, yuk simak fungsi dari Roof Gardan yang mungkin bisa kalian terapkan di rumah.


Source : gardenbuilders.co.uk


Pembuatan roof garden memerlukan biaya yang besar, tetapi dampak yang ditimbulkan sangatlah bermanfaat. Kalian harus mulai dari memperhatikan fondasi bangunan, dan juga sistem perairan maupun drainase. Selain aspek asri dan sejuk roof garden akan membuat kualitas lingkungan perkotaan agar lebih baik


Source : vhomez.com


Benefit yang kalian dapatkan dengan adanya roof garden pada rumah adalah setidaknya mengurangi 15-25persen udara panas yang biasa masuk ke rumah terutama udara Jakarta yang saat siang bisa mencapai 40 derajat celcius. Tanaman yang berada di atas rumah berfungsi untuk menyerap udara panas yang ekstrem dan melepasnya pada malam hari. Hasil yang kalian dapatkan adalah udara segar pada malam hari, jika kalian memiliki AC dan ingin hemat listrik. Pembuatan roof garden juga akan menghemat karena kalian tidak perlu memakai AC terlalu sering.


Source : gardenbuilders.co.uk


Selain mendinginkan dan menahan panas, roof garden juga mengurangi radiasi dari sinar matahari dan cukup efektif. Jika kalian memiliki masalah pada pemudaran cat rumah dan akan mengeluarkan banyak budget lagi roof garden dapat melindungi struktur dari eksterior rumah atau bangunan yang kalian miliki. Mulai dari pelapukan kebocoran atap. Hal ini dapat dicegah dengan menerapkan sistem drainase yang baik.


Source : tempodadelicadeza.com.br


Untuk proses penyerapan air, roof garden memang tidak menyerap langsung ke dalam tanah. Kalian bisa memanfaatkan untuk menyimpan cadangan air hujan. Selain dapat menampung air air yang ditampung juga bisa kalian gunakan untuk menyiram tanaman, sistem saniter dan juga untuk membersihkan kendaraan.


Source : homyfy.pt


Udara di perkotaan saat ini memang sudah tidak ramah lingkungan, selain itu ruang terbuka hijau pada perkotaan juga sudah susah ditemukan. Dengan kalian menerapkan roof garden di rumah kalian telah mengurangi pemanasan global, selain itu kalian juga mendapatkan manfaat-manfaat diatas rumah akan lebih asri dan sehat pastinya. Selain udara perkotaan juga menyumbang sumbasi besar suara-suara bising. Polusi tidak hanya udara tetapi juga suara, roof garden dapat menjadi peredam suara yang baik untuk rumah kalian, dijamin berkurangnya polusi suara karena kehadiran roof garden.


Source : tren4homy.com


Polusi udara dan suara sudah terhalangkan roof garden juga akan menambah rumah kalian akan menjadi lebih sejuk dan tenang. Selain itu proses fotosintesis dari tanaman yang ada di roof garden menyerap partikel seperti debu dan kotoran berbahaya secara signifikan. Proses tersebut akan menghasilkan banyak oksigen yang menjadikan rumah kalian lebih adem. Selain hal-hal yg berbau sains, roof garden juga dapat menjadikan tempat hangout yang tidak memakan biaya banyak.