Fabelio Blog Logo

Mengenal Manfaat Squatty Potty Untuk Kesehatan

manfaat-squatty-potty
Share this article to:

Di era modern sekarang ini, kebanyakan rumah tangga telah dilengkapi dengan toilet model duduk. Berbekal anggapan bahwa toilet ini lebih modern dan lebih bersih, tapi apakah toilet seperti ini lebih sehat dibandingkan toilet duduk? Model toilet duduk memang sangat popular di daerah Barat. Tetapi orang-orang Asia dan khususnya Indonesia lebih mengenal toilet jongkok dibanding toilet duduk.

Source : pinterest.com

Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Digestive Diseases and Science menyatakan bahwa toilet duduk dapat mempengaruhi kelancaran saat BAB. Sedangkan toilet jongkok hanya butuh 51 detik untuk mengeluarkan isi perut mereka tetapi toilet duduk memerlukan sekitar 130 detik. Toilet jongkok juga dapat mengurangi sembelit, kembung, serta gas yang menimbulkan gejala wasir dan ambeien.

Source : pinterest.com

Bagi kalian yang kesusahan untuk mencari toilet jongkok dan tidak ada budget untuk mengganti toilet duduk di rumah, kalian dapat membeli produk bernama squatty potty. Squatty potty membantu kalian mendapatkan posisi jongkok saat BAB di toilet duduk, selain lebih sehat BAB jongkok juga memperlancar keluarnya tinjak karena sudut anorektal yang tidak terjepit berbeda dengan saat posisi duduk.

Source : starcraftcustombuilders.com


Jika kalian merasa mengeluarkan tenaga banyak saat buang air besar, hal tersebut disebabkan oleh kloset duduk yang menekan dan memperlambat keluarnya tinja dari usus akibat rektum yang terjepit pada posisi 90 derajat. Studi menjelaskan bahwa penggunakan toilet jongkok dapat membuka sudut anorektal berbeda jika kalian menggunakan toilet duduk sudut ini akan membengkok dan kalian memerlukan usaha yang besar.

Source : Pinterest.com


Dengan perkembangan zaman, teknologi seperti squatty potty menjadi salah satu cara bagi kalian yang tidak memiliki toilet jongkok di rumah. Squatty potty membantu kalian untuk BAB lebih lancar walaupun pada toilet duduk. Squatty Potty akan menjadi penopang kaki dan membuat kalian seperti jongkok tetapi pada toilet duduk. Hal tersebut membuat kehidupan kalian lebih sehat serta BAB akan menjadi lancar.