Fabelio Blog Logo

5 Masalah Dapur yang Bisa Kamu Selesaikan Dengan Cepat

masalah umum yang terjadi di dapur
Share this article to:

Kamu pasti pernah mengalami permasalahan-permasalahan dapur seperti wastafel yang mampet, kulkas tidak dingin, atau microwave tiba-tiba menjadi tidak bisa menghangatkan. Jika sudah begitu, biasanya apa yang akan kamu lakukan? Memanggil teknisi? Yah, keluar uang lagi deh.

Promo Kitchen Set

Masalah-masalah dapur seperti yang disebutkan di atas sebenarnya bisa lho kamu selesaikan sendiri, bahkan dengan waktu yang cepat. Berikut ini 5 masalah umum yang terjadi di dapur beserta cara cepat untuk menanganinya.

1. Kulkas Tidak Dingin

Via pinterest.com

Masalah dapur yang satu ini pasti pernah kamu alami, kulkas tiba-tiba menjadi tidak dingin. Hal pertama yang harus kamu periksa adalah, pastikan pintu kulkasmu tertutup dengan rapat sempurna. Kamu juga harus memperhatikan apabila ada bunyi yang aneh pada kulkasmu, apakah lampu kulkas menyala atau tidak, atau apakah ada tetesan air atau tidak. 

2. Kulkas yang Bau

Via pinterest.com

Kulkas yang mengeluarkan bau tidak sedap menjadi masalah dapur berikutnya yang dapat kamu atasi dengan mudah. Kulkas yang bau bisa disebabkan oleh makanan yang sudah rusak karena suhu kulkas yang tidak sesuai. Setelah kamu mengeluarkan dan membuang makanan tersebut, jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan rak kulkas. Biarkan kulkas terbuka untuk beberapa saat agar semua bau tidak sedap dapat hilang. Sesuaikan suhu kulkas ke pengaturan normal untuk mencegah penumpukan embun beku, dan jamur yang menyebabkan bau tidak sedap.

3. Microwave Tidak Dapat Menghangatkan

Via pinterest.com

Masalah dapur selanjutnya yang juga biasa dialami adalah microwave yang tidak dapat menghangatkan dengan sempurna. Hal ini dapat disebabkan oleh magnetron di dalam microwave yang rusak karena microwave dibiarkan menyala dalam keadaan kosong. Apabila hal ini sering dilakukan, magnetron dapat terbakar. Biasakan untuk mematikan microwave ketika sedang tidak digunakan, ya!

4. Piringan Microwave Tidak Berputar

Via pinterest.com

Masih berkaitan dengan microwave, masalah dapur selanjutnya adalah piringan microwave yang tidak dapat berputar. Jika piring tidak berputar, makananmu tidak bisa hangat atau matang sempurna. Bersihkan meja putar dan pastikan tidak ada remah-remah makanan yang menghalanginya berputar. Jika sudah bersih tetapi piringan tetap tidak berputar, bisa jadi ada komponen motor microwave yang rusak.

5. Wastafel Rusak

Via pinterest.com

Masalah dapur yang satu ini mungkin menjadi masalah dapur yang sangat amat populer terjadi di dunia per-rumah tangga-an; kran air wastafel yang terus menetes dan saluran air yang bocor. Untungnya untuk memperbaikinya tak begitu sulit. Jika kran air terus mengeluarkan tetesan air, kamu harus memeriksa layar kran dan membersihkannya. Jika wastafel mampet, bongkar sedikit bagian saluran air di bawah wastafel, dan bersihkan.