How-to: Menata Kamar Tidur Kecil Sehingga Terlihat Besar

Kamar Tidur Anak Lebih Luas
Share this article to:

Hanya karena ruangan Anda kecil, bukan berarti ruangan Anda tidak dapat ditata dengan efektif sekaligus menarik. Kunci utama dari menata ruangan Anda menjadi terlihat luas adalah dengan mengosongkan ruang sehingga banyak ruang gerak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan berkembangnya tata ruang modern dan minimalis, pilihan desain menjadi semakin tidak terbatas.

Hari ini kami telah mengumpulkan 9 tips agar Anda dapat merancang ruang tidur yang kecil agar terlihat besar. 

1. Manfaatkan bagian bawah tempat tidur.

doc. remodelista

Bagian kosong di bawah tempat tidur Anda merupakan tempat yang baik untuk menyimpan barang-barang Anda. Salah satu opsi agar tetap terlihat menarik adalah dengan memilih keranjang rotan yang simpel dan rapih.  

2. Cari furnitur sesuai ukuran kamar

doc. scandinaviandesign

Ukuran furnitur memegang peran yang sangat penting. Pilihlah furnitur dengan proporsi yang sebanding dengan luas ruangan Anda – karena pemilihan furniture yang terlalu besar akan membuat kamar tidur Anda terasa kecil. Hindari furnitur berat yang memakan banyak ruang seperti sofa.

Dapatkan rak penyimpanan yang pas untuk ukuran kamar tidur Anda di sini.

3. Untuk pemilihan warna: keep it simple

doc. remodelista

Warna-warna yang cenderung lembut dan cerah akan membuat ruangan Anda terkesan lebih hangat dan luas. Demikian juga untuk warna sprei dan furnitur. Kami sangat menyarankan pemilihan warna netral seperti putih, abu, dan cokelat.

4. Manfaatkan dinding

doc. thedesignchaser

Jika ada barang yang belum terorganisir, manfaatkan dinding Anda. Sesuai yang sudah disebutkan, kunci dari ruangan yang terkesan besar adalah dengan menyisakan banyak ruang gerak.

doc. annawithlove

Karena itu, sebisa mungkin hindari menaruh furnitur berkaki dan besar, dan cobalah rak ‘melayang’ yang tidak memakan banyak ruang. Anda dapat menaruh koleksi buku, pajangan, ataupun bingkai foto.

Untuk rak layang, dapatkan Amalia Shelf.

5. Buat rak sekaligus lampu tidur 

Photo by: Christina Mella

Pergunakan dinding di atas tempat tidur Anda seperti ini: buat rak sederhana dengan lampu baca di bawahnya. Anda juga dapat menaruh sedikit barang di atasnya, seperti buku-buku Anda. Sedikit tips dari kami: pastikan Anda menaruh rak tersebut di atas tinggi kepala Anda ketika Anda duduk.

6. Buat ruangan 1½ 

doc. studiooink

Ruangan 1½ adalah seperti contoh di atas. Anda dapat membuat susunan kabinet, yang kemudian menjadi tempat untuk barang-barang Anda – dan kasur Anda di atasnya. Nyaman, sederhana, dan penggunaan ruang yang sangat efektif. 

7. Gunakan ranjang bertingkat

doc. decoholic

Salah satu opsi lainnya adalah dengan menggunakan ranjang bertingkat sehingga ruang di bawahnya dapat Anda sulap menjadi tempat bekerja atatu meja rias.

 8. Untuk lampu tidur, gunakan lampu tempel

doc. decorismo

Agar terlihat lapang, gunakan lampu tempel sebagai lampu tidur Anda.

doc. thatnordicfeeling

Dengan memilih lampu tempel seperti ini, Anda dapat membuat ruangan Anda terlihat modern dan simpel.

9. Gunakan tirai linen

doc. interiordesignchaser

Tirai linen, selain mudah dirawat, juga dapat ditembus cahaya sehingga ruangan Anda terlihat cerah, bersih, dan segar.