Model Kitchen Set Minimalis Tahun 2017 Paling Favorit

Model kitchen set minimalis tahun 2017, yang mana favorit kalian?

Memiliki dapur yang nyaman adalah impian banyak wanita. Panci, wajan, bumbu dapur, alat elektronik, serta perabotan lainnya harus ditata dengan rapi.

Jika dapur rapi, maka aktivitas memasak semakin menyenangkan. Inspirasi membuat resep baru atau makanan lezat dapat dihasilkan dari penataan dapur yang cermat.

Selain itu, dapur set yang menghasilkan hidangan yang dicintai para anggota keluarga akan membuat suasana rumah semakin hangat dan akrab.

Bahkan, berkumpul bersama keluarga dapat dilakukan di dapur sambil makan bersama.

Jadi, peran dapur set dalam sebuah rumah memang sangat vital. Bukan sekadar ruang yang isinya penuh dengan bumbu serta perabot masak saja.

Menata dapur akan semakin mudah dengan hadirnya kitchen set. Model kitchen set minimalis juga membuat tampilan dapur menjadi bersih dan memberi kesan bahwa dapur dimiliki oleh chef profesional.

Pilihan model dari dapur set juga beraneka ragam. Pada tahun ini, banyak model kitchen set yang paling diminati. Berikut adalah beberapa model kitchen set minimalis tahun 2017 yang dapat dijadikan referensi bagi rumah atau apartemen kesayangan milik kalian.


Ada Jasa Desain Interior Gratis! Cek yuk ☛


1. Model kitchen set minimalis tahun 2017: kitchen island

model kitchen set minimalis

Source: Fabelio

Yang pertama adalah kitchen set minimalis model island, atau yang biasa disebut dengan kitchen island.

Kitchen set model ini menjadi salah satu kitchen set favorit atau kitchen set yang paling diminati karena letak meja yang menjadi fokus perhatian di tengah ruangan.

Kabinet kitchen set pada model island cocok untuk kalian yang memiliki ruangan yang agak luas dan butuh tempat penyimpanan yang banyak. Model kitchen set minimalis tahun 2017 dengan model kitchen island banyak digemari karena sempurna dari segi tampilan serta fungsional.

Buat kalian yang punya ruang dapur terbatas namun ingin menerapkan model kitchen island untuk dapur minimalis, jangan bersedih dulu. Dapur yang tidak terlalu luas dapat disulap menjadi kitchen island yang luar biasa dengan desain interior dapur yang diatur sedemikian rupa.

Desain interior kitchen set

Source: Fabelio

Konsultasikan hal ini dengan jasa desainer interior yang sudah berpengalaman dalam menangani dapur set. Mereka akan merealisasikan konsep desain interior kitchen set yang kalian inginkan sekaligus disesuaikan dengan kebutuhan ruang yang tersedia.

Meja yang ada di tengah dapur ini juga multifungsi, lho. Bukan tidak mungkin, meja ini bisa menjadi tempat alternatif bekerja yang inspiratif. Makan bersama keluarga kecil juga dapat dilakukan di meja serbaguna ini.

Karena di tengah dapur terdapat meja atau kabinet, maka kalian harus memberi jarak minimal 1 meter antara tepi meja kitchen island dan tepi kabinet dapur. Jarak ini akan memberikan gerak yang leluasa saat beraktivitas.

model kitchen set modern

Source: Fabelio

Walaupun penerapan model kitchen set minimalis dengan tipe kitchen island membutuhkan ruang yang relatif luas, namun kalian harus bisa memanfaatkan ruang ini seefektif mungkin. Akan lebih baik jika meja di tengah ruangan sekaligus bisa menjadi kabinet. Kalian bisa meletakkan peralatan makan yang sering digunakan pada island, seperti piring, sendok, garpu, dan mangkok.

Selain itu, island digunakan sebagai tempat menyiapkan masakan atau penyimpanan bahan makanan. Contohnya saja bahan makanan yang lebih cocok disimpan dalam tempat yang kering atau di luar lemari es seperti kopi, mie kering, tepung, selai kacang, roti, dan bumbu dapur seperti bawang.

2. Model kitchen set minimalis tahun 2017: straight

kitchen set model terbaru

Source: Fabelio

Model kitchen set minimalis tahun 2017 paling favorit yang kedua adalah kitchen set model straight. Model ini sering disebut juga dengan model satu baris atau single line. Desain kitchen set yang biasanya diterapkan dalam rumah minimalis pada umumnya mengikuti bentuk dapurnya.Letaknya berada di ujung atau berada di paling tepi dari sebuah ruangan. 

Model kitchen set minimalis tahun 2017 dengan single line ditemukan pada rumah minimalis dengan ukuran yang kecil atau pada apartemen dengan ukuran ruangan dapur sekitar 2,5m x 2,5m.

Kelebihan model kitchen set minimalis tahun 2017 single line adalah kapasitasnya yang hemat tempat dan tidak memakan banyak ruang. Namun konsekuensinya, kalian tidak dapat memaksimalkan aktivitas memasak menggunakan peralatan yang kompleks karena terbatasnya ruang penyimpanan perabotan.

Kitchen set dengan model single line hanya bisa difungsikan untuk satu jenis dapur saja. Kalian harus memilih akan menggunakan konsep dapur basah atau dapur kering. Jika memang ingin ada fungsi keduanya, maka alur kerjanya harus benar-benar diperhatikan agar aktivitas tidak terganggu ketika memasak.

3. Model kitchen set minimalis tahun 2017: letter L

kitchen set tahun 2017

Source: Fabelio

Tipe yang ketiga dari model kitchen set minimalis tahun 2017 adalah kitchen set model letter L. Model kitchen set minimalis dengan letter L merupakan yang paling favorit karena sudah sangat umum digunakan.

Desain interior kitchen set model L dipasang untuk memanfaatkan bagian pojok rumah. Tak heran, model dengan desain interior kitchen set letter L ini termasuk yang paling laris. Saking banyaknya peminat, kalian akan disuguhi dengan banyaknya referensi desain kitchen set dengan model ini.

Model kitchen set minimalis letter L dianggap paling fungsional. Bagi kalian yang menyukai aktivitas memasak yang kompleks, akan sangat tepat menggunakan model ini karena alur kegiatan sangat memungkinkan untuk memudahkan pekerjaan.

Selain itu, model kitchen set minimalis letter L relatif lebih nyaman untuk dapat digunakan pada ruang dapur yang sempit. Kalian tentu tidak butuh meja tambahan atau kabinet seperti layaknya model kitchen set minimalis tipe kitchen island.

4. Model kitchen set minimalis tahun 2017: kitchen set custom

set dapur minimalis

Source: Fabelio

Kitchen set dengan kualitas yang baik adalah kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan. Baik itu tentang kebutuhan ukuran ruangan, kebutuhan perlengkapan perabotan, atau kebutuhan jumlah orang yang tinggal di rumah tersebut.

Oleh karena itu, kalian tidak boleh salah pilih kitchen set. Kesalahan dalam mengonsep model kitchen set minimalis tahun 2017 justru dapat membuat dapur kalian menjadi tidak menarik. Yang lebih buruk adalah dapurnya tidak fungsional dan tidak dapat digunakan secara maksimal.

Kitchen set model custom

Source: Fabelio

Jika ternyata tidak ada konsep kitchen set yang cocok, maka jangan khawatir karena kalian dapat membuat kitchen set custom. Kalian bisa membuat kitchen set sesuai dengan ukuran dan desain ruangan yang dimiliki. 

Rekomendasi terbaik dalam membuat model kitchen set custom adalah dengan bertanya kepada ahlinya, yaitu desainer interior yang sering menangani kitchen set. Mereka akan memberi saran model apa yang akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu, perhitungan harga juga akan secara rinci dijabarkan agar mudah dalam menerapkan model kitchen set minimalis. Pemilihan bahan baku juga sangat memengaruhi budget atau anggaran dalam pembuatan kitchen set. Pilihlah bahan baku yang awet karena kitchen set akan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Bahan Terbaik untuk Membuat Kitchen Set

bahan membuat kitchen set

Source: Fabelio

Untuk kitchen set minimalis, finishing diaplikasikan menggunakan HPL atau Lacquer sedangkan untuk kitchen set model klasik biasanya finishing kabinet menggunakan cat duco, melamic, atau milesi.

Secara lebih lengkapnya, bahan yang sering digunakan untuk membuat furnitur terutama kabinet dapur adalah sebagai berikut:

·   Plywood atau yang biasa disebut dengan multiplek merupakan olahan kayu yang paling kuat. Tekstur kayu plywood sangat rapat. Bahan plywood sangat cocok digunakan untuk furnitur atau set dapur karena sifatnya yang tahan terhadap air. Maka kitchen set yang terbuat dari bahan utama plywood dijamin akan kuat dan tahan lama dari jangka waktu pemakaiannya.

custom kitchen set minimalis

Source: Fabelio

·   Blockboard adalah bahan yang bisa dibilang hampir mirip dengan plywood. Jika plywood dibuat dengan potongan kayu yang disusun secara vertikal, blockboard lapisannya tersusun secara horizontal. Bahan ini cocok digunakan untuk membuat kitchen set karena sifatnya yang tahan air. Akan tetapi, sifat tahan lamanya tidak sebaik plywood karena harga blockboard yang lebih murah dibandingkan dengan plywood.

Finishing kitchen set minimalis tahun 2017

jasa desain kitchen set minimalis

Source: Fabelio

·   HPL atau High Pressure Laminate biasanya digunakan untuk melapisi furnitur. HPL menjadi favorit untuk digunakan sebagai pelapis furnitur karena corak dan warnanya yang beragam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Perawatan HPL juga tidak sulit. HPL mudah untuk dibersihkan, aman, ramah lingkungan, dan tahan terhadap minyak dan panas.

HPL merupakan produk yang ramah lingkungan karena memiliki green certificate.

Kandungan unsur kayu yang ada pada HPL cocok untuk dipadankan dengan konsep model kitchen set minimalis.

desain kitchen set minimalis

Source: Fabelio

·   Cat duco adalah finishing dengan kualitas terbaik dan menjadikan interior dapur elegan. Finishing menggunakan cat duco kualitasnya sangat kuat sehingga membutuhkan waktu yang agak lama dalam proses pengerjaannya. Pilihan untuk cat duco ada dua macam antara lain glossy untuk tampilan mengkilat dan doff. Kelebihan lain furnitur yang dilapisi oleh cat duco adalah hasilnya maksimal dan akan lebih tahan lama.

·   Melamic

Finishing menggunakan melamic cocok bagi kalian yang menggunakan serat kayu alami. Guna melamic untuk melapisi dan mempertahankan serat dan warna. Dari sisi kualitas, melamic memberikan lapisan yang lebih baik daripada NC (Nitrocellulose Coating, di Indonesia sering disebut dengan “cat NC”). Namun pelapisan dengan melamic perlu perawatan lebih, jangan sampai permukaannya basah sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur.

Tips tambahan dalam mengaplikasikan model kitchen set minimalis

finishing kitchen set minimalis

Source: Fabelio

Setelah mengetahui bahan-bahan yang tepat untuk membuat model kitchen set minimalis yang tepat untuk hunianmu, berikut adalah beberapa tips penting atau serba serbi dalam memaksimalkan fungsi dari kitchen set.

1. Rak gantung atau rak yang menempel pada dinding dapat mempermanis kitchen set minimalis. Rak ini hemat tempat dan dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Keunikannya dapat muncul jika kalian memberi warna yang kontras pada rak gantung dibandingkan dengan warna dinding.

2. Tips kitchen set selanjutnya adalah dengan memberi tampilan yang cantik pada backsplash dapur. Backsplash adalah pembatas atau dinding antara rak dapur dengan wastafel, kompor, atau lemari. Perhatian bisa didapatkan dari adanya backsplash dengan warna yang menarik perhatian.

Gunakan warna backsplash yang cocok dengan konsep kitchen set minimalis pilihan kalian. Referensi terbaik jika ingin mendapatkan tampilan natural minimalis, kalian dapat menggunakan backsplash yang terbuat dari batu alam, atau pattern favorit kalian. Backsplash dapat membuat suasana dapur menjadi lebih menyenangkan. Sinari backsplash dengan hiding lamp untuk memberi kesan dramatis pada backsplash.

3. Dapur yang baik, selain dari konsep dan desain interior kitchen set, harus memberi perhatian lebih pada aliran ventilasi. Uap panas yang dihasilkan dari kompor dan uap panas masakan harus dapat tersalurkan dengan baik agar tidak mengotori langit-langit. Ini tentu akan merusak pemandangan dan tidak sedap dipandang mata.

Untuk ventilasi udara yang baik pada desain kitchen set minimalis, kalian dapat menggunakan cooker hood. Fungsi dari cooker hood untuk menyedot asap dan uap panas. Cooker hood sangat penting keberadaannya untuk membuat furnitur bisa awet. Karena bahan atau perabotan yang sering terkena uap panas akan dapat ditumbuhi jamur, menghitam, bahkan menjadi lapuk.

Dengan menggunakan cooker hood, kalian dapat menjaga model kitchen set minimalis tetap bersih dan sehat. Cooker hood menghisap udara kotor dari dapur dan mengurangi hawa panas. Intinya, dapur menjadi lebih sehat dan bersih serta terbebas dari segala bakteri yang mengganggu.

4. Desain interior kitchen set minimalis yang menyenangkan bisa dilihat dari pemilihan bahan baku pembuatan kitchen set. Beberapa referensi untuk kitchen set minimalis contohnya adalah, rak bagian bawah dapat menggunakan bahan multipleks dan menggunakan finishing HPL. Sedangkan rak bagian atas dapat menggunakan bahan multipleks dengan finishing HPL dan dilengkapi menggunakan stainless steel agar tampak lebih elegan. Pada bagian meja, kalian dapat menggunakan bahan granit dengan warna hitam.

5. Memilih bahan yang awet dan tahan lama adalah suatu keharusan. Yang penting bahannya kuat, anti rayap, serta anti karat. Tanyakan juga pada produsen pembuat furnitur bagaimana dengan perawatannya.

6. Aktivitas di dapur tidak terlepas dari minyak atau bahan makanan yang tumpah dan dapat menyebabkan kotor sehingga cara membersihkan furnitur harus benar-benar diperhatikan. Sebisa mungkin, kalian dapat membersihkan kitchen set minimalis dengan menggunakan air, sabun, atau cairan khusus pembersih peralatan dapur.

7. Terlebih dahulu kalian sebaiknya memilih bahan apa yang cocok untuk menjadi bahan baku utama pada model kitchen set minimalis milik kalian. Bahan yang sering dijadikan bahan baku utama untuk membuat kabinet antara lain adalah kayu, metal, aluminium, dan stainless steel.

Kelebihan bahan baku kayu adalah kesan yang ditimbulkannya tampak natural. Model kitchen set dengan bahan baku kayu saat ini memiliki banyak penggemar karena lebih terlihat minimalis dan simpel. Namun beberapa orang lebih memilih menggunakan bahan metal karena anti rayap dan tentunya lebih kuat.

Bagi yang memiliki budget terbatas biasanya menggunakan alternatif bahan baku alumunium karena harganya yang aman di kantong. Akan tetapi, alumunium cenderung tidak terlalu kuat untuk menahan beban barang. Maka, pertimbangkan hal ini jika barang atau perabotan kalian di dapur jumlahnya banyak.

8. Jika dapur kalian ukurannya mini, desain pintu kabinet atau rak dapat dibuat dengan cara digeser sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Kesan minimalis dan dapur yang unik dapat muncul jika kalian menggunakan penutup kabinet dari tirai yang terbuat dari kain. Jangan lupa untuk serasikan warna tirai dengan kabinet atau warna dinding di sekitar ya. 

Share: