Mau Tidur Nyaman? Baca Panduan Lengkap Bahan Sprei dan Bed Cover Sebelum Membelinya

Panduan Lengkap Bahan Sprei dan Bed Cover
Share this article to:

Bagi banyak orang, tempat tidur adalah tempat ternyaman di seluruh rumah. Tak heran jika perhatian ekstra diberikan untuk urusan tempat tidur, termasuk mencari bahan sprei yang paling bagus untuk dibeli supaya aktivitas bersantai kian maksimal. Sayangnya, masih banyak orang yang suka terbalik dalam penamaan dua barang ini, jika kamu masih bingung coba saja cari tahu perbedaan sprei dan bed cover. Di antara sekian banyaknya jenis bahan dan harga sprei atau harga bed cover yang ada, harus pilih mana nih? Yuk kenali dulu jenis bahan umum sprei dan bed cover berikut:

5 Jenis Bahan Sprei Populer Dan Pembagiannya

1. Sprei Katun

Sumber : Sheridan Outlet

Sprei katun adalah salah satu yang paling umum yang terdiri dari beberapa jenis katun dan harga sprei yang bervariasi pula.

Dari pilihan sprei katun, berikut jenis- jenisnya:

  • Katun Jepang : Lembut dan nyaman, sprei ini punya daya serap tinggi dan anti panas. Cocok digunakan untuk iklim tropis seperti Indonesia.
  • Katun China : Disebut juga twill, katun China terdiri dari kualitas tinggi dan sedang. Tetapi untuk sprei, lebih sering digunakan twill kualitas sedang yang lebih tipis.
  • Katun CVC : Disebut juga katun korea yang terdiri dari 70% katun dan 30% viscose. Ciri- cirinya yaitu lembut, tidak mudah kusut dan cukup adem.
  • Katun Catra : Merupakan sprei produksi lokal dengan campuran 80% katun dan 20% polyester. Karena tinggi katun, kehalusan dan tingkat ademnya juga cukup maksimal.
  • Katun Panca : Juga merupakan sprei produksi lokal dengan campuran 75% katun dan 25% polyester. Daya serap cukup oke, tidak mudah luntur dan harga sprei lebih rendah.
  • Katun Organik : Terbuat dari 100% katun, sprei yang satu ini tebal namun tetap adem. Berasal dari Eropah, sprei ini cocok buat yang punya kulit sensitif.
  • Katun Teteron atau TC ( Teteron Cotton) : Kombinasi antara katun dan sintetis, harga sprei ini tergolong murah dan banyak peminatnya, walau tidak sebagus kualitas katun lainnya.

2. Sprei Sutra

Dengan karakteristik kain yang lemas, licin, dan dingin, sprei sutra punya banyak peminat di Indonesia. Penampilan sprei sutra juga indah karena memantulkan cahaya dan terasa lembut. Sutra pada dasarnya adalah salah satu bahan sprei yang paling bagus dan tahan pakai. Harga sprei ini bervariasi tergantung dari kualitas sutra yang dipilih.

3. Sprei Jacquard

Sumber : Pinterest

Sprei King Koil, begitulah nama keren dari jenis sprei Jacquard bagi pasaran Indonesia. Kelebihan jenis sprei ini adalah dingin dan lembut dengan ciri khas motif menonjol yang elegan.

Ada 2 jenis sprei Jacquard yang umum yaitu :

  • Jacquard Tencel : Tebal, adem dan terbuat dari 100% bahan katun.
  • Jacquard Sutra : Cantik dan populer, sprei ini terbuat dari full sutra.

4. Sprei Polyester

Polyester adalah bahan campuran dengan harga sprei yang lebih terjangkau dan sering dicampur dengan bahan lain. Selain campuran katun, ada juga sprei polyester dengan campuran sbb:

  • Microfiber : Walau tidak senyaman katun, sprei ini cukup tahan pakai dan anti noda. Cocok untuk penggunaan anak kecil.
  • Nilon : Sprei campuran nilon umumnya tidak direkomendasikan karena tidak tahan pakai. Oleh karena itu, sprei ini jarang dikenal oleh masyarakat umum.
  • Akrilik : Sama halnya dengan bahan nilon.

5. Serat Alami

Pernah mendengar sprei serat bambu? Bahan bambu bisa jadi alternatif bahan sprei yang bagus, tidak kalah dengan katun yang nyaman di kulit. Ciri- ciri serat bambu antara lain sangat lembut, tahan pakai, hampir menyerupai sutra dan adem di kulit. Cukup recommended deh!

3 Jenis Bahan Bed Cover Berikut Isinya

1. Sprei Katun

Sumber : Pinterest

Nah untuk bahan dan harga bed cover juga terdiri dari beberapa pilihan nih. Tidak begitu berbeda dari bahan sprei, simak dulu jenisnya berikut:

1. Polyester

Seperti yang disinggung sebelumnya, polyester adalah bahan buatan yang umum tersedia. Karakteristiknya adalah mudah diatur, tidak mudah kusut dan harga bedcover yang terjangkau. Hanya saja, polyester kurang efektif menyerap keringat.

2. Katun

Dari ragam jenis bahan katun untuk sprei, semuanya juga bisa dipilih untuk bahan bedcover. Jika kalian membeli bedcover jadi ataupun tempah, pilih saja sesuai selera dan harga bedcover paling ideal.

3. Satin

Hampir sama dengan sutra yang sifatnya dingin dan lemas. Untuk bedcover, idealnya memilih bahan yang menghangatkan supaya tidur jadi nyaman.

Untuk isi bedcover, ini bocoran bahan- bahannya:

  • Dakron : Busa ringan dengan ketebalan 3-4 cm dan tidak padat. Sering juga digunakan untuk bantal.
  • Silikon : Busa ini sifatnya bergumpal, halus dan empuk. Cocok untuk isian boneka dan bantal sofa, serta bisa kembali ke bentuk semula.

Nah, itu deh panduan lengkap seputar bahan sprei dan juga bedcover berikut isiannya. Semoga panduan ini bisa membuat kamu membeli sprei dan bed cover yang sesuai ya. Dan jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya seputar home and living di blog Fabelio!