Panduan Pemilihan Pupuk Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Panduan Pemilihan Pupuk Untuk Tanaman Hias Di Rumah
Share this article to:

Masih banyak yang belum menyadari pentingnya pupuk tanaman hias untuk hasil perawatan tanaman yang maksimal. Padahal, kehadiran pupuk untuk tanaman hias termasuk krusial supaya tanaman indoor kesayangan tumbuh sehat dan indah. Pupuk tanaman hias indoor dan outdoor juga berbeda kebutuhannya karena tergantung pada ketersediaan air hujan dan akar yang menjalar.

Yuk langsung pahami dulu panduan pemilihan pupuk untuk tanaman hias di rumahmu!

Memahami Jenis Pupuk Tanaman Hias

Source : The Spruce

Terlepas dari merk pupuk tanaman hias yang tersedia di pasaran, umumnya ada beberapa jenis bentuk pupuk yang bisa digunakan, diantaranya : cairan, batangan, tablet, granul, bubuk, dan pupuk lepas lambat ( slow release).

Dari berbagai bentuk jenis pupuk yang ada, tanaman hias indoor cocok menggunakan jenis cairan dan pupuk lepas lambat. Sedangkan yang berbentuk pupuk batangan dan granula dikhawatirkan distribusi nutrisi tidak bisa menyerap ke tanah dengan baik. Setelah ditaburkan, pupuk tanaman hias bubuk atau granul juga sulit untuk diatur ulang agar merata. Jadi kedua jenis- jenis pupuk tabur lebih cocok untuk tanaman hias jenis outdoor.

Kandungan Pupuk Tanaman Hias Yang Perlu Diketahui

Source : The Spruce

Seluruh pupuk tanaman hias umumnya mengandung nutrisi makro dasar yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, fosfor dan potasium.

Fungsi dari nutrisi makro masing- masing adalah :

  • Nitrogen : Untuk pertumbuhan daun yang sehat dan tidak mudah layu
  • Fosfor : Untuk pertumbuhan kelopak bunga yang mekar dan besar
  • Potassium: Untuk pertumbuhan sistem akar yang kuat dan kokoh

Selain dari tiga komponen nutrisi yang utama tersebut, ada pula kandungan ekstra pada beberapa pupuk tanaman hias yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebut saja pupuk tanaman hias yang juga dilengkapi dengan nutrisi mikro seperti boron, magnesium dan mangan.

Jadi, saat memilih pupuk untuk tanaman hias di rumah, pastikan sudah membaca label kandungan. Konsultasikan juga kandungan pupuk tanaman hias dengan ahlinya atau minimal riset untuk tahu pemberian pupuk sesuai tujuan yang ingin dicapai.

3 Tips Umum Memilih Pupuk Tanaman Hias

Source : Indoor Gardening

Selain memahami jenis dan kandungan, gunakan juga yah tips umum berikut saat memilih pupuk tanaman hias :

    • 1. Prioritaskan Kualitas Terpercaya

Pastikan selalu membeli hanya pupuk berkualitas tinggi dari merek pupuk tanaman hias yang terpercaya. Cari tahu kandungan, izin, petunjuk pemakaian dan informasi lain yang wajib ada di kemasan pupuk tanaman hias yang dibeli.

    • 2. Ketahui Jenis Tanah

Jika kalian memahami kadar pH tanah, maka pemilihan pupuk tanaman hias akan semakin baik hasilnya. Gunakan pH- meter atau alat uji kadar keasaman tanah. Jika angka pH diantara 5.5-7.0, maka pilihlah pupuk jenis lime yang padat kapur. Sedangkan untuk tanah dengan pH diatas 7.0, maka pilihlah pupuk jenis sulfur atau asam.

    • 3. Pahami Problema Tanah

Pemilihan pupuk tanaman hias juga bisa dikondisikan sesuai dengan problem spesifik yang ada. Misalnya, ada pupuk tanaman hias yang efektif membasmi hama selain juga menyuburkan, ada yang didesain untuk menghambat gulma dan ada juga solusi lain yang tertarget pada kendala tertentu. Jadi, lakukan diagnosa dulu terhadap situasi tanah yang dihadapi supaya bisa semakin mendukung pertumbuhan tanaman hias secara maksimal.

Tidak sulit bukan memilih pupuk untuk tanaman hias di rumah? Selain panduan diatas, memang dibutuhkan kesabaran dan pemahaman yang hanya bisa didapat dengan rutin merawat tanaman hias di rumah. Tetapi hasilnya pasti memuaskan kalau dijalani dengan sepenuh hati. Untuk variasi, cari juga dekorasi tanaman hias untuk membuat dinamika di area kebun indoormu. Temukan inspirasi lainnya hanya di blog Fabelio!