Fabelio Blog Logo

Ini 5 Masalah Kesehatan yang Dapat Terjadi Akibat Salah Pilih Matras

penyakit karena salah pilih matras
Share this article to:

Salah pilih matras untuk tidur? Aduh, jangan sampai! Siapapun pasti tidak akan bisa tidur nyenyak dan nyaman kalau matras yang digunakan ternyata berkualitas buruk atau tidak sesuai tipe yang dibutuhkan. Bahkan, salah pilih matras bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, lho!

Lalu, apa saja efek berbahaya dari salah pilih matras untuk kesehatan?

1. Sakit Punggung

Via shutterstock.com

Pernah nggak, ketika kamu bangun di pagi hari, tiba-tiba punggungmu sakit? Sakit punggung memang bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena salah memilih matras. Matras yang memiliki kualitas buruk, terlalu keras, atau bahkan terlalu empuk bisa menjadi penyebab sakit punggung.

Ada baiknya kamu memilih matras yang dapat dengan suportif mendukung berbagai gaya tidur, contohnya seperti Fabelio Hybrid Mattress. Matras bermaterial latex juga sangat direkomendasikan untuk para penderita sakit punggung.

2. Obesitas

Via shutterstock.com

Siapa sangka, ternyata salah pilih matras juga bisa mengakibatkan obesitas, lho! Matras dengan kualitas yang buruk dapat mempengaruhi kualitas tidur pada malam hari, sehingga tidur tidak akan terasa nyaman dan nyenyak. Alhasil, kamu akan bangun dengan energi yang terkuras pada pagi harinya dan cenderung membuatmu makan berlebihan untuk mendapatkan energi. 

Pun ketika kamu selesai beraktivitas dan ingin beristirahat namun matras yang kamu gunakan tidak nyaman, kamu pasti akan mencari cara dan memaksa diri untuk tidur dengan cepat. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan atau minum kopi. Terlalu banyak makan dan minum kopi dapat meningkatkan kadar gula pada tubuh, dan akhirnya menyebabkan obesitas.

3. Gangguan Jantung

Via shutterstock.com

Jika matras yang kamu miliki berkualitas buruk maka kamu tak akan bisa mendapatkan waktu tidur 8 jam seperti yang seharusnya. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan jantungmu. Menurut penelitian, mereka yang tidur dalam waktu singkat memiliki kemungkinan lebih besar yakni sekitar 48% untuk mengalami masalah jantung. Selain itu, tidur yang pendek juga meningkatkan resiko terserang stroke dan hipertensi.

Untuk menghindari kemungkinan terserang penyakit-penyakit ini ada baiknya kamu mengganti matras dengan yang lebih nyaman. Kasur busa atau foam dapat kamu jadikan pilihan karena terbuat dari material yang dapat menyokong tubuh dengan sempurna.

4. Infeksi Tenggorokan dan Paru-Paru

Via shutterstock.com

Semakin tua matras yang kamu miliki akan semakin besar kemungkinan matras tersebut menyimpan banyak debu dan kotoran lainnya. Apabila debu dan kotoran tersebut terhisap secara tidak sengaja ketika kamu sedang tidur bukan tidak mungkin hal tersebut akan mengganggu pernapasanmu. Beberapa penyakit lainnya seperti asma, infeksi tenggorokan, dan gangguan paru-paru juga mungkin terjadi akibat matras yang kotor. Inilah yang menjadi alasan kuat bagi kamu untuk rutin membersihkan matras atau membeli matras baru.

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Via shutterstock.com

Kurang tidur dan buruknya kualitas tidur, keduanya dapat berakibat pada sistem kekebalan tubuhmu. Menghabiskan malam dengan tidak nyaman karena salah pilih matras akan membuatmu menghabiskan banyak energi dan bangun dengan tidak segar, sehingga membuatmu mudah jatuh sakit. Kamu membutuhkan matras baru yang lebih solid, & siapa tahu kasur fabelio terbaru dapat membantu untuk mengurangi masalah di atas.