Fabelio Blog Logo

Kamu Pilih Mana, Sofa Kulit atau Sofa Fabric?

perbandingan sofa kulit dan sofa fabric
Share this article to:

Memilih material atau bahan pelapis sofa memang susah-susah gampang, nih. Berbagai hal seperti gaya hidupmu, siapa saja yang tinggal di rumahmu, biaya, sampai hobi, menjadi beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli sofa.

Dua bahan pelapis sofa yang kini seperti menjadi primadona adalah bahan kulit dan bahan fabric. Kedua material sofa minimalis ini tentunya memiliki karakteristik, tingkat kenyamanan, dan cara perawatan yang berbeda. Agar kamu tidak bingung, berikut ini perbandingan sofa kulit dan sofa fabric yang kami rangkum spesial untukmu!

Cara Perawatan Umum

Salah satu hal yang menjadi sangat penting diperhatikan ketika kamu ingin membeli sofa minimalis adalah mempertimbangkan seberapa sulit atau mudahnya cara perawatan sofa tersebut. Sofa kulit dan sofa fabric tentu memiliki cara perawatan yang berbeda. 

via Fabelio.com

Sofa fabric: Bahan pelapis pada sofa fabric cenderung memiliki sifat yang lebih mudah menyerap debu, noda, ataupun tumpahan cairan. Tapi kamu bisa memilih jenis bahan pelapis fabric seperti linen, katun, dan wol. Ketiga bahan ini cenderung lebih mudah bernapas dan dibersihkan. Untuk cara perawatan sofa fabric secara keseluruhan, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk perawatan sehari-hari. 

via Pinterest.com

Sofa kulit: Sofa kulit memang banyak difavoritkan banyak orang karena selain memiliki sifat timeless, sofa kulit juga lebih mudah dibersihkan. Untuk perawatan dari debu kamu bisa menyeka atau membersihkannya dengan lap setengah basah. Tapi kamu juga harus pintar dalam memilih material kulit yang digunakan pada sofa, ya! Terkadang, karena mahalnya harga kulit asli, banyak penjual yang sengaja menggunakan kulit sintetis namun dengan kualitas yang buruk, sehingga bahan akan mudah retak dan mengelupas.

Mengatasi Noda Membandel

via Pinterest.com

Selain debu, masalah lainnya yang menjadi musuh setiap sofa adalah noda membandel seperti tumpahan cairan ataupun tumpahan saus. Pada dasarnya semua sofa memiliki cara penanganan yang sama terhadap masalah noda membandel, yakni membersihkannya menggunakan kain yang lembut. 

Untuk membersihkan noda pada sofa fabric, kamu terlebih dahulu harus melihat instruksi perawatan manufaktur. Hal tersebut harus kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan berlebih pada sofa dan perubahan warna fabric sofa. Sementara untuk sofa kulit, perawatan terhadap noda akan lebih mudah kamu lakukan. Kamu hanya tinggal menggosok bagian yang terkena noda dengan kain lembut. Ingat ya, digosok, bukan dilap saja. Cara membersihkan dengan menggosok ini membuat noda tumpahan cenderung tidak akan meresap ke dalam pori-pori bahan pelapis.

Tingkat Kenyamanan

via Fabelio.com

Perihal yang satu ini mungkin yang paling banyak menentukan keputusanmu pada saat ingin membeli sofa, yakni masalah kenyamanan. Sofa kulit atau sofa fabric pada dasarnya diciptakan sama-sama nyaman untuk digunakan duduk, bersantai, ataupun berbaring. Semakin baik kualitas busa dan bahan pelapis yang digunakan, maka akan semakin nyaman pula sofa tersebut. 

Faktor kenyamanan sebenarnya erat kaitannya dengan desain sofa. Kalau kamu sudah merasa nyaman dengan sebuah sofa minimalis, tapi desainnya tidak kamu sukai, apa kamu tetap akan memilihnya? 

Tingkat Keawetan

via Article.com

Kalau bicara mengenai tingkat keawetan sofa minimalis, baik sofa kulit ataupun sofa fabric, kamu agaknya harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Ketika musim semi tiba, apakah penyakit sinusmu akan kambuh dan menyiksamu? Jika iya, pertimbangkan memilih sofa kulit. Sofa kulit bersifat hipoalergenik atau produk yang secara sengaja diproduksi menggunakan bahan-bahan anti alergi. Hindari memilih sofa fabric karena kain atau fabric dapat menumpuk debu, tungau, dan alergen.

Apakah kamu punya hewan peliharaan? Atau memiliki bayi dan balita? Jika iya, pilihlah sofa kulit, karena lebih berumur panjang. Sofa kulit lebih mudah dibersihkan dari berbagai kekacauan yang diakibatkan oleh hewan peliharaan atau balita.

Itulah beberapa poin perbedaan sofa fabric dan sofa kulit. Kini, setelah tahu, kamu mau pilih yang mana?