Tidak Bingung Lagi. Ini Perbedaan Utama Sprei dan Bed Cover

Perbedaan Utama Sprei dan Bed Cover
Share this article to:

Salah satu pertanyaan yang paling umum seputar kenyamanan tidur adalah apa itu bed cover atau apa itu sprei? Kedua produk yang kerap menghiasi tempat tidur ini memang bisa membingungkan, terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan istilah seputar dunia bedding. Yuk ketahui apa itu bed cover dan seprei dari ulasan berikut.

Apa itu Sprei?

Sumber : Fabelio.com

Sprei adalah kain pelapis matras yang berbentuk persegi panjang seperti ukuran tempat tidur. Bahan sprei bervariasi seperti katun, sutra, linen, satin, rayon, fiber bambu atau campuran polyester. Kualitas sprei sering menggunakan hitungan benang per inci persegi dari kain atau thread count (TC), yang semakin tinggi, semakin mahal dan baik.

Fungsi sprei tak lain adalah untuk melindungi matras karena sifatnya yang diletakkan tepat di atas ranjang. Walaupun memang ada lagi produk pelindung khusus matras yaitu pelapis ekstra ( mattress protector), tetapi tujuan utama dari pemasangan sprei adalah untuk menjaga kondisi dan kebersihan matras, selain juga bisa menjadi dekorasi penuh estetika.

Umumnya, sprei terdiri dari 2 jenis yaitu :

  • Fitted atau sprei yang dilengkapi dengan karet di empat bagian ujung/sudutnya.Saat dipasang, sprei ini akan tertahan pas di matras dan tidak mudah bergeser- geser.
  • Flat atau sprei lepas yang tanpa karet dan sering kita temui di hotel atau rumah sakit.

Rekomendasi Fabelio: Set Sprei Bambu Velvet Travie - Rp199.000

Apa itu Bed Cover?

Sumber : Fabelio.com

Sekilas memang terlihat tidak ada bedanya antara bed cover dengan sprei, toh sama- sama diletakkan diatas kasur bukan? Nah, jangan salah kaprah loh. Bed cover digunakan saat tempat tidur sedang tidak digunakan, artinya bed cover menutupi bagian sprei sekaligus ranjang secara keseluruhan. Saat cuaca dingin, bed cover juga bisa merangkap sebagai selimut untuk menghangatkan tubuh.

Dari bentuknya, bed cover biasanya lebih besar, lebih tebal dan lebih empuk. Memasang bed cover akan memberi kesan ruang tidur yang semakin nyaman dan bikin betah.

Rekomendasi Fabelio: Set Sprei Selimut Archie - Rp412.200

Perbedaan Utama Antara Bed Cover dan Sprei

Sumber : Shopify

Setelah mengetahui gambaran umum antara apa itu sprei dan apa itu bed cover, yuk lihat juga perbedaan utama antara keduanya:

Fungsi:

Sprei melindungi matras sedangkan bed cover bisa melindungi sprei dan juga matras. Dengan adanya sprei, kulit terasa lebih nyaman saat berbaring tetapi sprei tidak bisa berfungsi menjadi selimut seperti halnya bed cover.

Bentuk:

Kedua sprei dan bed cover mengikuti bentuk dan ukuran ranjang, dengan beberapa fitur dekorasi yang berbeda- beda. Tetapi prinsipnya bentuk kedua benda ini tetaplah persegi panjang dengan aksen rumbai atau renda yang bisa jatuh ke bagian samping tempat tidur.

Bahan:

Sprei terbuat dari selembar bahan kain sedangkan bed cover lebih tebal karena terdiri dari 2 lembar kain yang mengapit bahan ekstra di dalamnya, misalnya dakron atau silikon. Karena bahan yang berbeda ini, pencucian bed cover akan lebih rumit dibandingkan sprei. Jika sprei bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci, maka bed cover lebih ideal dibersihkan dengan bantuan mesin cuci ataupun jasa khusus seperti laundry/ dry cleaning.

Jika harus memilih, mungkin banyak yang akan setuju kalau sprei lebih bersifat esensial dibandingkan bed cover. Hal ini demi mendukung aktivitas tidur yang lebih nyaman. Tidak lazim bukan jika harus tidur tanpa lapisan ekstra antara tubuh dengan kasur? Tetapi bed cover juga mulai menjadi salah satu hal penting karena bisa memperpanjang usia sprei dan matras, sekaligus melindungi tubuh sebagai selimut plus mempercantik ruangan kamar tidur.

Daripada bingung, pilih saja sesuai kebutuhan, atau jika memungkinkan, miliki saja keduanya untuk istirahat di ruang tidur yang makin maksimal. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan dari sprei dan bed cover itu apa, bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang bahan yang bagus untuk sprei dan bedcover, langsung saja baca di sini atau cek blog Fabelio untuk artikel mengenai kamar tidur lainnya.