Intip 5 Macam Pot Bunga Sesuai Bahan Untuk Hasil Maksimal

Macam Pot Bunga Sesuai Bahan Untuk Hasil Maksimal
Share this article to:

Sedang bingung memilih jenis pot bunga yang akan digunakan untuk tanaman hias kesayanganmu? Jangan sampai salah pilih loh, karena bahan pot bunga memang akan punya efek berbeda pada tanaman yang akan dirawat. Langsung yuk cek macam- macam pot bunga sesuai bahan yang digunakan supaya hasil tanaman favorit semakin maksimal. Ini dia 5 macam pot bunga sesuai bahan berikut tips penggunaannya:

1. Pot Bahan Liat atau Keramik

Sumber : The Spurce Craft

Salah satu bahan pot bunga yang paling populer, pot keramik atau dari bahan tanah liat punya warna bata yang khas dengan tekstur agak halus. Pot bunga keramik termasuk jenis yang tradisional dengan kepadatan tinggi dan tidak berpori sesuai karakter bahan alaminya.

Keunggulan dari pot bunga keramik tidak terlepas dari penampilannya yang klasik dan hangat, sehingga semakin mempercantik penampilan tanaman indoor ataupun outdoor. Ukuran yang tersedia juga cukup luas serta mudah didapat alias murah. Hanya saja, pot bunga keramik ini agak berat sehingga tidak begitu ideal sebagai pot gantung dan rentan retak jika lama digunakan.

Tips: Berikan pelapis ekstra sebelum meletakkan tanah dan beri lubang pada bagian dasar untuk menambah kelembaban dan memperpanjang usia pot.

2. Pot Bunga Dari Kayu

Sumber : Custom Made

Pot bunga bahan kayu selalu terlihat stylish dan natural, tanpa harus membayar mahal pula. Dengan bahan kayu pilihan, usia pot bunga kayu juga bisa bertahan lama. Keunggulan lainnya juga bisa dibentuk ala DIY sehingga tampilan pot bunga unik dan personal. Hanya saja, pot bunga dari kayu butuh perawatan agar tidak mudah lembab, membusuk dan rusak.

Tips: Berikan pelapis berupa plastik kualitas tinggi untuk menjaga usia pot bunga dari kayu. Selain itu, pot bunga kayu bisa juga dicat sekaligus merangkap sealant agar lebih waterproof. Lakukan pembersihan secara rutin.

3. Pot Bunga Besi/ Metal

Sumber : Amazon.com

Jangan langsung buat pot atau panci bekas karena pot bunga dari bahan besi atau metal yang didaur ulang bisa terlihat ekstra stylish! Pot bunga unik dari besi juga termasuk tahan cuaca dan bisa diolah sesuai selera, hanya saja cuaca panas bisa berpotensi merusak tanaman serta mengeringkan tanah.

Tips: Gunakan pot bunga besi/ metal untuk tanaman yang tidak butuh sinar matahari langsung. Lubangi juga bagian bawah pot bunga besi untuk irigasi lancar. Semakin banyak lubangnya, semakin baik.

4. Pot Bunga Plastik

Sumber : I YTIMG

Banyak sekali variasi pot bunga plastik yang beredar untuk pilihan penggemar tanaman hias. Mulai dari yang murah hingga premium, tradisional hingga modern, memang pot bunga plastik unggul menang dari segi desain. Bahan plastik juga ringan dan tidak mudah rusak.

Hanya saja, cuaca panas tetap menjadi ancaman yang bisa merusak kualitas pot bunga plastik. Untuk segi penampilan, pot bunga plastik juga sering terkesan murahan, terutama jika kalian memilih yang memang bukan kualitas bagus.

Tips: Pot bunga plastik yang pudar bisa dicat ulang atau digunakan sebagai pot bunga dalam sebelum dikombinasi dengan pot bunga bahan lain yang lebih indah.

5. Pot Bunga Fiberglass

Sumber : I PINIMG

Hampir mirip dengan pot bunga plastik, pot bunga fiberglass punya karakteristik yang ringan. Hanya saja, bahan sintetis fiberglass bukan terbuat dari plastik melainkan ada campuran resin sehingga lebih kokoh dan menawan.

Boleh dibilang, pot bunga fiberglass lebih punya kesan elegan dan cocok untuk mempercantik kebun. Jenis ini juga tidak berat dan cukup tangguh di cuaca luar. Hanya saja, biaya pot bunga fiberglass juga lumayan tinggi dan tetap bisa pudar seiring waktu.

Tips: Perawatan adalah kunci supaya pot bunga fiberglass bisa terlihat cantik sepanjang masa. Beri kaki atau dudukan supaya drainase yang keluar tidak merusak bagian bawah pot bunga.

Dari jenis pot bunga yang ada diatas, mana yang favorit kalian nih? Ingat untuk selalu merawat pot bunga sewaktu merawat tanaman. Sekali jalan untuk hasil yang terbaik, hasil berkebun pun semakin maksimal. Oh iya, dan jangan lupakan pupuk tanaman hias ya, karena itu juga termasuk hal penting. Temukan inspirasi tentang tanaman hias, seperti macam-macam tanaman yang mudah untuk dirawat oleh pemula atau artikel lainnya di blog Fabelio!