Ingin Punya Sofa Velvet Tapi Masih Ragu? Begini Cara Mengenalkannya Pada Ruang Tamu

sofa velvet di ruang tamu
Share this article to:

Lembut dan nampak mewah, mungkin 2 kata inilah yang kurang lebih bisa menggambarkan sifat sofa velvet. Nyatanya, sofa velvet memang bisa mengubah suasana ruangan menjadi seolah naik tingkat dengan teksturnya yang menarik. Desain interior ruangan klasik yang awalnya mungkin nampak kuno, dapat dibuat modern dengan sentuhan sofa berbahan velvet. 

Mengangkat Gaya dan Kenyamanan

Via pinterest.com

Untuk mulai mencoba menerapkan bahan velvet pada ruangan di rumah, mulailah dengan ruang tamu. Kenapa? Karena ruang tamu akan menjadi ruangan yang pertama kali akan dikunjungi tamu, kamu tentunya ingin menghadirkan kesan pertama rumah yang baik, kan, di hadapan para tamu? 

Tempatkan sofa lengan atau armchair berbahan velvet dengan aksen siluet khas Nordic di ruang tamu. Dengan menempatkan sofa armchair velvet, kenyamanan sudah tentu akan kamu dapatkan, ruang tamu pun akan nampak lebih gaya. 

Jangan Berlebihan, Gunakan dengan Bijak

Via pinterest.com

Memang tidak bisa dipungkiri, sofa velvet selalu bisa bikin impulsif. Setiap melihat sofa velvet, pasti kamu akan seketika jatuh cinta dan ingin membeli. Eits, jangan terlalu mudah tergiur, ya!  Satu atau dua furnitur berbahan velvet saja sudah cukup membuat ruang tamu jadi lebih cantik, kok. Terlalu banyak furnitur velvet juga nantinya malah akan membuatmu kerepotan saat membersihkannya. Satu sofa armchair dan ottoman velvet akan nampak pas berpadu di ruang tamu.

Gabungkan dengan Tekstur Lainnya

Via pinterest.com

Menciptakan sesuatu yang kontras melalui tekstur adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan sofa velvet di ruang tamu. Kamu bisa saja meletakkan sofa velvet dan sofa katun secara berdampingan di ruang tamu. Namun agar nampak tetap serasi, pilihlah palet warna yang masih satu turunan. 

Opsi lainnya mengenai tekstur, kamu bisa menambahkan bantal hias berbahan katun sebagai hiasan di atas sofa velvet di ruang tamu.

Pilih Warna dengan Tepat

Via pinterest.com

Bahan velvet memiliki sifat multi-tonal, yang artinya kamu bisa mengombinasikan beberapa warna pada furnitur velvet dalam satu ruangan. Tapi sebelumnya kamu harus bisa memastikan suasana apa yang ingin kamu hadirkan pada ruanganmu. Untuk bisa memastikannya, coba tempatkan beberapa furnitur velvet dengan warna yang berbeda dan lihatlah mereka di bawah cahaya alami dan cahaya buatan atau cahaya lampu.

Contoh kombinasi warna yang bisa kamu terapkan antara lain palet warna pastel jika kamu penggemar tema desain interior feminin. Tapi jika kamu penggemar nuansa bold yang lebih dramatis, kombinasi warna biru dan hijau tua pada sofa velvet akan nampak menarik. Atau kamu penggemar gaya eklektik? Kombinasi warna velvet oranye dan mustard akan pas untuk ruanganmu.