Panduan Tata Letak & Cara Pasang Bingkai Foto Di Dinding Rumah

Tata Letak & Cara Pasang Bingkai Foto Di Dinding Rumah
Share this article to:

Mengatur tata letak dan pemasangan bingkai foto di dinding rumah mungkin terkesan sebagai pekerjaan yang cukup sulit. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan supaya hasil aransemen tampil apik. Dari aspek jarak, warna, ukuran bingkai sampai wujud akhirnya, semua harus punya proporsi sempurna supaya rumah terlihat kian indah dan personal. Yuk cek bareng tata letak dan cara pasang bingkai foto biar punya pinterest vibe instan!

1. Rencana & Visualisasi

Sumber: Pinterest

Mau hasil pemasangan bingkai foto sempurna? Pastikan sudah rencana dengan matang. Ambil secarik kertas sebagai panduan bidang dinding yang akan dipasang dengan frame foto. Lalu mulai gambar sesuai jumlah dan ukuran bingkai foto yang kalian miliki. Tidak harus sangat akurat, rencana ini akan membantu tata letak yang lebih rapi. 

Selain dengan menggambar di kertas, kalian juga boleh meletakkan bingkai foto yang ada di atas lantai dulu agar direncanakan dengan matang. Setelah yakin, baru deh dipajang di dinding. 

2. Cari Titik Fokal

Bagian tengah atau utama dari sebuah ruangan bisa jadi lokasi yang paling ideal untuk meletakkan bingkai foto. Ini adalah area pertama yang langsung menarik perhatian saat pertama kali seseorang masuk ke ruangan, contohnya dinding dengan permukaan paling besar atau di atas sofa utama. Biasanya di titik inilah, lukisan atau karya seni sering dipajang untuk menarik perhatian - termasuk koleksi bingkai foto atau pigura cantik milikmu. 

3. Koleksi Sebagai Kesatuan

Untuk koleksi bingkai foto yang ingin ditata secara bersamaan alias lebih dari 1 buah, caranya gampang. Susun hingga membentuk satu bingkai besar yang terdiri dari beberapa bingkai kecil. Dengan demikian maka bentuknya selalu persegi simetris dari ujung ke ujung. 

Sumber: Pinterest

Untuk koleksi bingkai foto yang tidak bisa membentuk satu kesatuan, kalian bisa menata seluruh bingkai agar serapi mungkin. Usahakan tetap unsur simetris, tema, warna atau benag merah yang saling tidak terpisahkan antara bingkai. 

4. Selalu Proporsional & Seimbang 

Pastikan ukuran bingkai foto berbanding pas dengan area dinding yang tersedia. Jika dinding terbatas, misalnya di sekitar dinding tangga, maka bingkai foto diusahakan agar tidak terlalu besar. Jarak antar bingkai foto juga boleh dipersempit.

Sebaliknya, dinding yang besar bisa digantung dengan pigura raksasa ataupun beberapa bingkai foto sekaligus yang membentuk kesatuan penuh. Jarak antar bingkai foto bisa lebih leluasa. 


Sumber: Pinterest

Kesatuan bingkai foto yang digantung juga idealnya tidak lebih besar daripada furnitur utama yang di dekatnya, yaitu sekitar 50-75% dari lebar perabot. 

5. Ketinggian Yang Pas

Aturan dalam menggantung bingkai foto adalah sejajar dengan jarak pandang. Ini berlaku baik untuk bingkai foto ataupun karya seni. Jika sulit menentukan ketinggian dari jarak pandang individual, aturan umumnya adalah sekitar 1.5 meter dari lantai ke tengah foto. Ini adalah posisi ketinggian rata- rata yang sering digunakan pada galeri foto. 

6. Cara Menggantung Bingkai Foto

Ada banyak cara untuk menggantung bingkai foto ke dinding rumah. Salah satu yang paling umum adalah dengan paku dan martil. Tetapi jika kalian tidak ingin merusak dinding, maka bisa juga menggunakan perekat khusus yang sudah banyak tersedia di pasaran. Yang paling penting, pastikan daya rekat bisa menahan beban pigura nantinya. Jika frame foto besar dan berat, tidak ada salahnya juga menggunakan jasa profesional untuk hasil terbaik. 

Selamat mencoba! Nantikan juga terus update menarik seputar desain interior, furnitur, dekorasi dan banyak lagi dari Fabelio.