Fabelio Blog Logo

Mattress 101: Kasur Latex, Jaminan Waktu Tidur Lebih Optimal

kasur latex
Share this article to:

Kasur latex kini semakin mendapatkan reputasi yang cukup baik di industri kasur sebagai salah satu kasur yang paling tahan lama dan nyaman digunakan untuk tidur. Hal ini tentu tak mengherankan karena kasur latex memang dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh lebih baik daripada kasur busa dan kasur lainnya, sehingga waktu tidurmu dapat menjadi lebih optimal. 

Via pinterest.com

Jika kamu berencana ingin mengganti kasur lamamu dengan kasur latex, kamu harus kenali lebih dekat si kasur latex, terbuat dari apa, dan alasan lainnya mengapa kamu harus memilih kasur latex.

Apa Itu Kasur Latex?

Kasur latex sebenarnya terbuat dari material latex atau karet alami yang berasal dari getah pohon Hevea brasiliensis, inilah yang membuat kasur latex menjadi sangat elastis dan dapat dengan mudah kembali ke bentuk semula meskipun telah mendapatkan tekanan besar.

Via pinterest.com

Karena terbuat dari latex alami ini pula, kasur latex menjadi sangat nyaman digunakan untuk berbagai posisi tidur. Kasur latex juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang menderita penyakit punggung. Hal ini karena kasur latex dapat menjaga tulang belakangmu pada posisi yang seharusnya dan dapat mengurangi titik-titik tekanan tertentu pada tubuhmu.

Metode Pembuatan Kasur Latex

Kalau boleh bicara hal yang lebih teknis sedikit mengenai proses pembuatan kasur latex, terdapat 2 metode yang biasa digunakan dalam dunia industri kasur latex, yakni proses Dunlop dan proses Talalay. 

Via pinterest.com

Proses Dunlop adalah proses dimana kasur latex dibuat secara tradisional. Selama proses ini, getah yang dipanen dari pohon karet akan dikocok sampai menghasilkan busa dengan konsistensi yang diinginkan. Setelah itu, busa tersebut akan dituangkan ke dalam cetakan khusus untuk kemudian dipanggang. Kasur latex yang dibuat dengan proses Dunlop cenderung akan menjadi lebih padat. Ini karena selama proses pemanggangan, endapan getah yang berjatuhan akan membentuk pondasi yang kuat.

Via pinterest.com

Jika pada proses Dunlop proses pembuatan kasur latex akan berhenti pada proses pemanggangan, pada proses Talalay getah yang telah dimasukkan ke dalam cetakan dan dipanggang akan dibekukan untuk mencegah terjadinya pengendapan. Getah akan dibekukan pada suhu -20 derajat celcius. Setelah itu akan dipanggang kembali dengan suhu 200 derajat celcius. Kasur latex yang dibuat dengan proses Talalay akan lebih ringan dan biasanya lebih lembut dari kasur latex proses Dunlop.

Via shutterstock.com

Baik kasur latex yang dibuat dengan proses Dunlop ataupun yang dibuat dengan proses Talalay, keduanya tetap dapat memberikan kenyamanan maksimal dan tahan lama, tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. 

Keuntungan Menggunakan Kasur Latex

Kamu mungkin heran, kenapa kasur latex banyak disukai banyak orang padahal harganya termasuk mahal? Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan kasur latex, lho! Jadi kamu tak akan menyesal mengeluarkan banyak uang untuk membeli kasur latex. 

Via shutterstock.com

Keuntungan kasur latex yang pertama adalah, tentu saja nyaman. Kenyamanan pasti menjadi hal pertama dan yang paling utama ketika kamu mencari kasur baru. Inilah yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih kasur latex. Meskipun semua jenis kasur pasti menawarkan kenyamanan, tapi kenyamanan yang dimiliki oleh kasur latex berbeda. Kamu bahkan bisa memilih tingkat kenyamanan kasur latex berdasarkan proses pembuatannya.

Via shutterstock.com

Keuntungan menggunakan kasur latex yang kedua yakni berkaitan dengan kemurnian bahan pembuatnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kasur latex terbuat dari getah alami pohon karet berkualitas tinggi. Di pasaran, kamu bahkan bisa menemukan kasur latex yang terbuat dari 95% getah alami. Bila dibandingkan dengan kasur latex yang terbuat dari latex sintetis atau bahkan latex campuran, kasur latex yang terbuat dari getah alami biasanya akan lebih tahan lama dan aman untuk anak-anak karena tidak menggunakan campuran bahan kimia.

Via shutterstock.com

Keuntungan yang ketiga berkaitan dengan masalah sustainabilitas. Pohon karet sebagai sumber material utama kasur latex dapat bertahan selama 30 tahun atau bahkan lebih. Karenanya akan selalu ada sumber getah karet yang bisa digunakan untuk membuat kasur latex. Juga karena tidak ada zat kimia yang digunakan dalam proses pembuatan kasur latex, jadi tidak ada zat berbahaya yang dilepaskan ke udara.

Via fabelio

Itulah beberapa hal mengenai kasur latex yang harus kamu ketahui. Setelah baca artikel ini pasti kamu jadi berminat mengganti kasurmu dengan kasur latex, ya? Fabelio punya kasur latex Cloud Mattress yang super nyaman dengan berbagai ukuran, lho! Karena ⅓ waktumu dihabiskan untuk tidur, jangan biarkan kasur yang tak nyaman membuat tidurmu jadi tidak nyenyak, ya!