Fabelio Blog Logo

10 Tingkat Keempukan Kasur, Bisa Buat Tidur Lebih Nyenyak

tingkat keempukan kasur
Share this article to:

Dapat tidur di kasur yang empuk dan nyaman pasti menjadi impian semua orang. Menginvestasikan waktu istirahat dengan tidur di atas kasur yang memiliki tingkat keempukan yang pas juga dapat membuat tubuhmu terasa lebih segar dan siap ketika bangun di pagi hari. 

Tiap orang pasti punya preferensi tingkat keempukan kasur yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan kenyamanan tubuh mereka. Agar lebih jelas dan tidak salah pilih, ini tingkat keempukan kasur dimulai dari yang paling empuk.

Extra Soft (1-2)

Extra soft adalah tingkat keempukan kasur yang ada di level 1-2 yang berarti sangat empuk dan lembut. Kasur yang memiliki tingkat keempukan kasur extra soft bahkan bisa membuat tubuhmu tenggelam meskipun tanpa tekanan yang berat. Mengapa bisa begitu? Ini karena kasur dengan tingkat keempukan kasur extra soft tidak memiliki penopang apapun. Kasur ini tidak baik untuk kesehatan tulang belakangmu, dan cenderung hampir tidak pernah ada kasur dengan tingkat keempukan kasur extra soft yang dijual di pasaran.

Soft (3-4)

Tingkat keempukan kasur dengan kategori soft berada pada level 3-4. Kasur yang berada pada level ini sudah mulai umum digunakan karena dianggap memiliki tingkat keempukan yang pas. Kasur dengan tingkat keempukan kasur soft sudah dapat menopang tubuh dengan baik. Kasur ini bagus untuk kamu yang suka tidur dengan posisi miring/menyamping. Selain empuk dan lembut, kasur ini juga terasa lebih seimbang.

Medium (5-6)

Jika level soft masih terlalu empuk dan lembut, kamu bisa memilih kasur dengan tingkat keempukan kasur medium. Kasur ini berada pada level 5-6 dan merupakan kasur yang paling laris di pasaran. Diperkirakan 80% orang menggunakan tingkat keempukan kasur medium. Kasur ini merupakan kasur ideal yang nyaman digunakan pada saat tidur. Tingkat keempukan kasur medium menjadikan kasur tidak terlalu empuk tapi juga tidak terlalu keras. Selain itu, tingkat keempukan kasur medium juga nyaman digunakan untuk segala posisi tidur.

Hard (7-8)

Tingkat keempukan kasur selanjutnya adalah hard yang berada pada level 7-8. Kasur yang berada pada level ini tentunya lebih keras dibandingkan dengan level medium. Tingkat keempukan kasur hard ini bisa dibilang tergolong kasur yang keras dan tidak akan mengikuti lekuk tubuhmu ketika tidur. Namun, untuk kamu yang senang tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap, kamu mungkin akan menyukai kasur ini karena akan stabil.

Extra Hard (9-10)

Tingkat keempukan kasur yang terakhir adalah kasur extra hard yang berada pada level 9-10. Ini adalah kasur yang paling keras dan kokoh, sangat sedikit orang yang menyukai kasur ini. Jika kamu berbaring di atas kasur dengan tingkat keempukan kasur extra hard ini, tubuhmu tidak akan tenggelam sama sekali.

Itu dia beberapa tingkat keempukan kasur yang penting untuk kamu ketahui. Perlu kamu ingat juga, kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Jadi, pilih kasur yang paling tepat, ya!