Fabelio Blog Logo

Anti Boros, Ini Dia 5 Tips Hemat Belanja Online!

tips hemat belanja online
Share this article to:

Belanja online nampaknya kini sudah menjadi hobi baru bagi beberapa orang. Apa kamu juga termasuk yang memiliki hobi belanja online? Proses yang mudah, cepat, dan dapat dilakukan dimana saja menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang menyukai belanja secara online. 

Via shutterstock.com

Banyak keuntungan bukan berarti membuat belanja online tidak memiliki kekurangan. Karena segalanya serba mudah dan bisa diakses lewat handphone, belanja online kadang membuat beberapa orang kalap. Nah untuk mengatasi kalap dan membuatmu menjadi boros, kamu mesti tahu tips hemat belanja online berikut ini!

1. Pisahkan Antara Kebutuhan & Keinginan

Tips pertama yang harus kamu lakukan sebelum belanja online adalah mengetahui dengan baik, apa yang sedang kamu butuhkan. Banyaknya produk menarik yang dijual toko-toko online di website mereka terkadang membuat kamu lupa diri dan malah membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tapi hanya kamu inginkan. 

Via shutterstock.com

Ada baiknya kamu membuat list barang-barang yang akan kamu beli, kemudian pisahkan mana yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang tidak. Lakukan tips ini sebelum kamu belanja online, jangan sampai kamu menyesal ketika sudah membelinya, ya!

2. Siapkan Biaya Maksimal

Siapa bilang belanja online tak perlu memikirkan biaya? Justru masalah biaya inilah yang paling penting kamu siapkan sebelum belanja online. Ketika kamu sudah tahu barang apa saja yang kamu butuhkan dan harus kamu beli, tetapkanlah biaya maksimal yang bisa kamu keluarkan. Ingat, yang bisa kamu keluarkan ya, bukan yang ingin kamu keluarkan.

Via shutterstock.com

Menetapkan batas maksimal biaya untuk belanja online dapat menjadi rem ketika kamu sudah kalap berbelanja. Meskipun belanja online, tapi kamu harus tetap bijak, ya!

3. Buat List Barang-Barang Kebutuhan

Via shutterstock.com

Jika pada tips pertama kamu sudah membuat list barang kebutuhan dan barang keinginan, di tips belanja online yang kedua ini kamu harus membuat list barang-barang kebutuhan dengan lebih lengkap. Ketika membuat list ini kamu juga bisa sambil melihat harga barang-barang yang akan kamu beli. Bisa jadi ada barang yang bisa kamu eliminasi karena harganya tak sesuai dengan budget yang kamu miliki.

4. Bandingkan Harga di Berbagai Toko Online

Proses ketika belanja online memang mudah dan cepat, tapi proses sebelumnya memang memakan waktu yang cukup lama. Salah satu yang cukup memakan waktu sebelum belanja online adalah membandingkan harga barang yang sama di berbagai toko online. 

Via shutterstock.com

Terkadang barang di toko online satu dengan barang di toko online dua memiliki harga yang berbeda padahal keduanya adalah barang yang sama dengan kualitas yang sama pula. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa lebih menghemat budget.

5. Sabar Sebentar, Tunggu Hingga Musim Promo

Satu hal yang sangat sulit ditahan ketika belanja online adalah, sabar. Terlanjur melihat barang yang menarik dan kebetulan juga barang yang dibutuhkan membuatmu kadang terburu-buru untuk membeli, bahkan tanpa memikirkan harga karena takut kehabisan. Inilah yang perlu kamu tahan. 

Via shutterstock.com

Toko-toko online biasanya akan memberikan berbagai promo menarik di beberapa waktu tertentu, seperti musim liburan, hari-hari besar, hari gajian, atau akhir tahun. Promo yang diberikan juga beragam, mulai dari potongan harga, kode voucher, cashback, beli dapat gratis, atau bahkan giveaway

Belanja online memang menyenangkan, apalagi kalau kamu bisa mendapat harga terbaik ketika sedang musim promo. Menjelang akhir tahun, Fabelio juga punya promo menarik, lho! Cek langsung website Fabelio yuk, dan selamat berbelanja!