Fabelio Blog Logo

Tips Hunian Gaya Nautical yang Memberimu Ketenangan

tips hunian gaya nautical
Share this article to:

Memilih gaya interior untuk hunian bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu memikirkan apakah gaya interior yang akan diterapkan sesuai dengan kepribadian atau karakter kamu. Pasalnya, saat ini gaya interior juga bisa menggambarkan seperti apa kepribadian kamu. Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki karakter tenang dan kalem, gaya interior nautical ini cocok untuk kamu. Mungkin kamu belum sering mendengar gaya nautical, sebenarnya gaya nautical itu apa sih?

Gaya nautical merupakan gaya interior yang menawarkan atmosfer yang mengajak kamu seperti sedang berada di pantai. Kesan yang dihadirkan pada desain ini mampu menciptakan suasana yang menenangkan. Nama lain dari gaya nautical adalah gaya coastal. Awal terciptanya gaya nautical ini terinspirasi dari bangunan interior rumah-rumah yang ada di pesisir pantai. Kamu bisa menerapkan gaya nautical, walaupun rumah kamu berada jauh dari kawasan pantai. Tertarik untuk mengaplikasikan gaya nautical pada hunianmu? Berikut ada 5 tips jika ingin menggunakan gaya nautical. Yuk, simak pembahasannya!

1. Buatlah Pencahayaan yang Baik

Unsur utama yang harus ada pada gaya nautical adalah cahaya. Kamu bisa membuat jendela dengan ukurang yang besar agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Selain dengan menggunakan jendela, penggunaan warna putih pada rumah dengan gaya nautical bisa membuat ruangan terlihat lebih cerah. Warna putih menjadi dasar dari semua warna sebelum kamu mengkombinasikan dengan warna-warna lainnya.

Sumber: oomphhome.com

2. Berikan Dekorasi dan Aksesoris Aksen Pantai

Tips selanjutnya adalah menggunakan aksesoris dengan sentuhan pantai pada ruangan hunian kamu. Gaya nautical memiliki ciri khas yang bisa memberikan suasana seperti sedang berlibur di pantai. Kamu bisa tambahkan kotak penyimpanan yang terbuat dari rotan. Selain itu, tambahkan juga bantal dengan sarung yang bermotif jangkar laut. Untuk hiasan di dinding, tempelkan foto yang berisi lukisan dengan suasana pantai.

Sumber: allmodern.com

3. Gunakan Furnitur Material Kayu

Furnitur yang digunakan pada hunian dengan gaya nautical lebih banyak berbahan dasar kayu solid. Agar terlihat benar-benar mencerminkan suasana pantai yang indah, kamu bisa mengecat furnitur kayu dengan warna putih, biru, atau coklat. Material kayu alami mampu membawa kehangatan dan ketenangan. Letakkan furnitur dengan jarak yang agak berjauhan agar suasana ruangan terlihat luas.

Sumber: completely-coastal.com

4. Gunakan Unsur Warna Laut

Jika kamu tertarik untuk mencoba gaya nautical di rumah, pemilihan warna merupakan hal terpenting. Untuk menciptakan suasana seperti di pantai, kamu bisa menggunakan unsur warna laut, seperti putih, navy, biru muda, hijau, abu-abu, dan krem. Warna ini berlaku untuk furnitur, keramik, ataupun cat tembok. Penggunaan warna inilah yang juga bisa menimbulkan suasana yang menenangkan.

Sumber: decoor.net

5. Gunakan Motif Garis-Garis

Tips terakhir yaitu dengan menggunakan motif garis-garis. Motif ini bisa kamu munculkan pada karpet, seprei kasur, bantal, hingga kursi. Tentunya, pilihlah motif garis-garis yang masih mengandung unsur warna laut. Penggunaan motif garis-garis ini membuat suasana gaya nautical makin terasa di rumahmu.


Sumber: blog.froy.com

Konsep dasar yang dimiliki oleh gaya nautical adalah dengan menghadirkan nuansa pantai dan laut. Sehingga suasana yang diciptakan memberimu ketenangan dan kenyamanan. Semoga 5 tips yang dibahas di atas bisa kamu aplikasikan jika ingin membuat hunian dengan gaya nautical atau coastal. Selamat berkreasi ya!