Fabelio Blog Logo

Tips Liburan Akhir Tahun Hemat Budget

tips-liburan-akhirtahun
Share this article to:

Akhir tahun sudah semakin dekat, untuk menyambut tahun baru kebanyakan dari kita senang untuk berlibur ke berbagai destinasi baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Bagi kalian pelajar libur akhir tahun memang sangat ditunggu-tunggu. Tetapi bagi kalian para pekerja momen tahun baru mungkin tidak terlalu kalian pikirkan karena bugdet yang besar jika ingin berlibur. Terutama pada akhir tahun harga tiket pesawat serta hotel meningkat secara signifikan. Dengan ini kalian harus memiliki planning untuk kedepannya agar tetap bisa berlibur dengan orang-orang tersayang dan sahabat dekat tanpa harus memikirkan budget yang dikeluarkan. Yuk simak tips agar kalian dapat berlibur tanpa harus memikirkan isi kantong.

Tentukan Destinasi Liburan


Source : medium.com


Agar liburan kalian terschedule dengan baik, hal yang paling penting adalah kalian harus pastikan kemana dan dimana liburan kalian akan tertuju. Destinasi wisata memang terkadang susah untuk ditentukan tapi mengingat budget yang harus dikontrol. Kalian bisa browsing di internet atau menanyakan saran kepada teman atau keluarga dan jangan lupa selalu berfikir rasional. Sebaiknya jika ingin berpergian hingga ke luar negeri kalian bisa mentargetkan pada 2 bulan sebelumnya agar tempat incaran dapat terealisasi dengan baik, tapi jika mendadak kalian bisa memilih untuk berlibur di dalam negeri saja yang tentunya tidak menguras budget. Kalian bisa memilih kota Malang, Bali, dan Yogyakarta untuk opsi liburan minim budget.

Manfaatkan Promosi


Source : nomadisbeautiful.com

Jika kalian sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari pastinya bagi para penggila travelling sudah mencari promosi-promosi tiket yang ada. Terkadang promo tiket yang kalian inginkan bisa dipesan 3 bulan sebelumnya. Harga yang ditawarkan dibandingkan tiket normal benar-benar membuat kantong kalian tidak kering karena potongan bisa mencapai 50% jika kalian beruntung. Dengan ini kalian tidak perlu memikirkan budget berlebih.


Kunjungi Negara Bebas Visa


Source : thoughtco.com


Dengan persiapan dan matang serta tiket promo pastinya kalian tidak mau dong diribetkan dengan pengurusan dokumen lain seperti Visa? Jika kalian tidak mau ribet mengurus visa untuk berkunjung ke negara tertentu dapat menghabisan waktu dan tenaga serta biaya tidak sedikit. Beberapa negara di ASEAN sudah bebas visa jika kalian memang berniat untuk berlibur ke luar negeri.


Pilih Penginapan Murah


Source : souldrifters.com

Menikmati liburan selain destinasi yang fantastis dan Instagramable kalian juga butuh istirahat. Berhubung budget tipis pilihlah hotel kapsul yang selain murah tapi juga nyaman. Walaupun terkadang jarak antara tempat penginapan dengan tujuan wisata jauh justru pengalaman yang tak tergantikan. Kalian dapat bereksplorasi tempat baru dan mengenali situasi pada tempat tersebut.



Transportasi Publik


Source : monicagalvan.co

Liburan dengan budget sedikit selain memikirkan penginapan dan tiket, kalian juga harus memikirkan transportasi apa yang akan dipakai. Usahakan kalian mobilisasi dengan menggunakan transportasi publik, karena transportasi publik lebih murah dari kalian membawa kendaraan pribadi. Tidak perlu repot urusan bensin dan macet, kereta salah satu transportasi publik yang baik bagi kalian yang sedang berpergian.


Makanan


Source : tworedbowls.com

Salah satu kebutuhan primer manusia adalah makan, saat kalian travelling jangan lupa juga untuk makan. Makanan di daerah wisata selain mahal juga akan menguras dompet kalian. Disarankan memilih makanan seperti makanan tradisional atau makanan street yang dapat kalian temui di daerah dimana kalian berlibur. Selain murah dan enak makanan tradisional juga akan membuat kalian lebih tau banyak hal dan kultur dari daerah tersebut.