Fabelio Blog Logo

Punya Sofa Velvet? Ini Tips Membersihkan Sofa Velvet

tips-membersihkan-sofa-velvet
Share this article to:

Sofa, furnitur yang satu ini kehadirannya menjadi sangat esensial untuk ruang berkumpul seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Tidak hanya pada hunian, sofa juga kerap dijumpai di kantor, hotel, restoran, kafe, dan tempat-tempat lainnya. Sofa memiliki berbagai jenis dan model. Sofa 3 seater, sofa 2 seater, sofa armchair, dan sofa minimalis. Bahan pembuat sofa juga beragam. Sofa linen, sofa fabric, sofa velvet, sofa katun, sofa nylon, dan lain sebagainya.

Source: pinterest.com

Bahan velvet biasa digunakan sebagai bahan pembuat pakaian. Bahan velvet memiliki karakteristik yang lembut dan berbulu halus. Permukaan bahan velvet cenderung terlihat berkilau, sehingga pakaian berbahan velvet sangat menghadirkan kesan mewah. Bahan velvet sering dijadikan bahan pembuat pakaian hangat. Namun saat ini, bahan velvet juga banyak digunakan sebagai bahan pelapis sofa.

Source: 365curtains.com

Sofa velvet kini banyak ditempatkan pada berbagai ruang, baik itu di rumah, kantor, hotel, ataupun restoran. Sofa velvet sangat cocok untuk ruangan bertema klasik atau modern. Sebagai furnitur yang sering dijadikan tempat untuk duduk dan berkumpul, kebersihan sofa tentunya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa jenis bahan sofa memiliki treatment pembersihan tersendiri. Sofa velvet menjadi salah satu jenis sofa yang memerlukan perhatian khusus.

Source: pinterest.com

Ada beberapa tips membersihkan sofa velvet yang bisa kalian terapkan. Pertama, kalian bisa menggunakan mesin penyedot debu atau vacuum cleaner. Vacuum cleaner cukup efektif digunakan jika kalian ingin membersihkan debu-debu halus pada sofa velvet. Caranya, sedot debu pada sova bahan velvet mengikuti serat kainnya. Bersihkan secara menyeluruh hingga ke bagian sekat sofa. Vacuum sofa velvet setidaknya seminggu sekali. Untuk membersihkan debu-debu halus pada sofa velvet, kalian juga bisa melakukan steamed. Teknik steam bisa kalian lakukan untuk membersihkan debu halus atau noda membandel.

Source: pinterest.com

Tips membersihkan sofa velvet yang kedua adalah dengan menggunakan campuran air dan cairan pencuci piring. Namun pastikan cairan pencuci piring yang kalian gunakan untuk membersihkan sofa velvet tidak mengandung bahan kimia keras. Caranya cukup mudah, campurkan air dan cairan pencuci piring secukupnya, tempatkan pada wadah/botol spray. Semprotkan cairan tersebut pada seluruh permukaan sofa velvet, semprotkan secukupnya saja. Setelah itu, lap dengan lembut dan perlahan menggunakan lap/kain kering.

Source: pinterest.com

Untuk membersihkan sofa bahan velvet, jangan menggunakan cairan kimia yang terlalu keras karena dapat merusak tekstur sofa. Bulu-bulu atau serat sofa akan menempel satu sama lain yang menyebabkan sulit untuk dibersihkan. Setelah membersihkan sofa velvet menggunakan cairan, jangan lupa untuk mengeringkannya. Tips membersihkan sofa velvet, biarkan sofa velvet kering dengan sendirinya, atau bisa juga dengan menggunakan bantuan kipas angin. Namun jangan menjemur sofa velvet di bawah sinar matahari langsung, karena dapat merusak bahan dan tekstur.

Source: pinterest.com

Cara selanjutnya yang bisa kalian jadikan tips membersihkan sofa velvet adalah menggunakan cairan cuka. Cuka bisa kalian gunakan untuk membersihkan noda yang tak kunjung hilang pada sofa velvet. Campurkan cairan cuka secukupnya dengan air kemudian letakkan pada mangkuk atau wadah lainnya. Celupkan handuk kering dan bersih pada campuran cairan cuka dan air. Mulailah bersihkan noda pada sofa velvet secara perlahan. Setelah selesai, tunggu hingga sofa mengering.